DetikTravel









8 Langkah Selamatkan Diri dari Kecelakaan Pesawat

Faela Shafa - detikTravel - Jumat, 20/07/2012 10:08 WIB
Jakarta - Semua orang ingin travelingnya berjalan lancar dan aman. Tapi, ada hal-hal tak terduga yang bisa saja terjadi. Berikut 8 langkah menyelamatkan diri jika Anda terjebak dalam kecelakaan pesawat.

Ditengok dari All Women Stalk, Jumat (20/7/2012) berikut 8 langkah yang bisa dilakukan untuk selamatkan diri dari kecelakaan pesawat:

1. Duduklah di dekat pintu

Sebisa mungkin, pilihlah tempat duduk yang dekat pintu keluar atau pintu darurat. Hal ini untuk memudahkan Anda berlari ke luar saat sesuatu menimpa pesawat yang sedang Anda tumpangi. Usahakan juga untuk mencari kursi yang berada di tepi lorong agar lebih cepat keluar dari badan pesawat.

2. Pilih tempat duduk di bagian belakang

Menurut sebuah studi, persentase selamat lebih besar 40 persen pada penumpang yang duduk di deretan bangku belakang. Meski tidak tahu apa yang akan terjadi, namun memilih duduk di belakang bisa jadi salah satu tindakan preventif yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk memilih bangku yang dekat jendela atau sebelah lorong pesawat.

3. Ingat dimana letak tempat duduk Anda

Kebanyakan orang tak selamat saat kecelakaan pesawat karena terlambat keluar dari pesawat. Maka dari itu, ingat baik-baik letak Anda duduk. Berapa jauh dari pintu darurat atau pintu keluar. Hitung berapa baris kursi yang harus dilalui jika ingin ke luar lewat pintu tersebut. Hal ini berguna jika pesawat sangat gelap atau badan pesawat dipenuhi asap. Dengan cara menghitung baris kursi, Anda bisa meraba kursi untuk menuju pintu keluar.

4. Tetap fokus

Jangan langsung teriak dan lari membabi buta saat tahu pesawat terkena masalah. Bergeraklah dengan tepat dan tenang. Pakai pelampung atau masker oksigen jika diperlukan dan kalau harus keluar dari badan pesawat, keluarlah dengan pasti dan tetap fokus.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Pakaian juga berpengaruh terhadap nasib Anda saat terjadi kecelakaan di pesawat. Pilihlah pakaian yang berbahan nyaman, tidak repot, tidak terlalu berat dan kaku. Hal ini akan memudahkan Anda saat harus bergerak cepat atau saat harus berenang di laut.

6. Dengarkan petunjuk keselamatan

Sesaat sebelum lepas landas, akan ada seorang pramugari yang menjelaskan langkah-langkah keselamatan selama berada di pesawat. Jangan anggap sepele informasi seperti ini karena bisa saja ketidaktahuan Anda malah jadi petaka. Kebanyakan orang tidak tahu bahwa mereka hanya memiliki waktu 30-60 detik untuk memakai masker sebelum pesawat terjun hingga 35.000 kaki. Maka dari itu, Anda diwajibkan memakai oksigen terlebih dahulu sebelum memakaikan ke orang lain.

7. Buka sabuk pengaman dengan benar

Sebuah fakta mengagetkan bahwa banyak orang yang tak tertolong karena terlalu lama membuka sabuk pengaman. Kebanyakan mereka menghabiskan waktu untuk menarik-narik sabuk pengaman. Untuk menghemat waktu agar bisa lebih cepat keluar pesawat, ketahuilah dengan benar bagaimana membuka sabuk pengaman. Membuka dan menutup sabuk beberapa kali bisa memudahkan Anda saat akan membukannya dengan terburu-buru.

8. Posisi berlindung

Saat pesawat sedang bergoncang kencang dan Anda tak bisa ke mana-mana, segeralah mengambil posisi berlindung. Taruhlah tangan Anda di depan kursi dan menunduklah di bawah tangan Anda selama mungkin. Posisi ini mampu mengurangi kemungkinan terluka saat pesawat mengalami masalah.


(shf/sst)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com