DetikTravel









Ini Dia 6 Tempat Bermain Wajib Bersama Anak

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Senin, 23/07/2012 11:01 WIB
Senin ini bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional. Walau sedang berpuasa, tidak ada salahnya mengajak anak bermain di 6 tempat ini sambil menunggu waktu berbuka.

Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional. Yuk, kita ajak sang buah hati bermain di 6 tempat wisata wajib untuk anak, yang telah disusun detikTravel, Senin (23/7/2012). Dijamin bikin anak lupa daratan:

1. Dunia Fantasi, Jakarta

Tempat bermain pertama yang wajib Anda kunjungi bersama anak adalah Dunia Fantasi (Dufan). Dufan adalah taman hiburan yang masih berada dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Hampir setiap waktu liburan tiba, taman bermain ini dipadati ratusan bahkan ribuan pengunjung yang ingin menjajal wahananya.

Sejak dibuka pada tahun 1986, Dufan merupakan pusat hiburan yang mengajak anak-anak berfantasi keliling dunia. Kawasan taman hiburan ini terbagi menjadi 8 tema, yaitu Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Kalila, Hikayat, dan Istana.

Ajak anak Anda bermain di berbagai wahana seru Dufan, mulai dari Turangga Rangga (komidi putar), sampai yang bikin jantung dag dig dug seperti Hysteria, Tornado, dan roller coaster ada di sini. Tidak hanya wahana permainan, kawasan seluas 9,5 hektar ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Nah, wahana wajib Dufan yang tidak boleh dilewatkan oleh anak Anda adalah Istana Boneka. Seperti namanya, wahana ini berisi beragam boneka dengan pakaian lucu dari berbagai negara di dunia. Dengan gemulai boneka ini menari mengikuti irama musik yang diputar.

2. Kampoeng Maen, Cibubur

Ini dia tempat bermain untuk si buah hati yang hobi bermain di ruang terbuka, Kampoeng Maen. Bertempat di arena Bumi Perkemahan Cibubur, Kampoeng Maen punya tujuh lokasi untuk tujuh petualangan yang berbeda. Ada Kampoeng Permaenan, Kampoeng Keluarga, Kampoeng Tradisional, Kampoeng Rasa, Kampoeng Karya, Kampoeng Petualang, juga Kampoeng Pengetahuan.

Biarkan sang buah hati memilih sendiri kesukaan mereka. Di Kampoeng Tradisional, anak Anda akan diperkenalkan dengan beragam kerajinan tradisional Indonesia. Misalnya membatik, menganyam piring lidi, membuat kreasi janur dan jumputan, dll.

Di Kampoeng Petualang, anak Anda akan diuji keberaniannya dengan beragam fasilitas outbound. Memanjat tangga dan jaring, berjalan melewati beragam rintangan, juga meluncur dari atas ketinggian. Beberapa fasilitas outbound seperti Low Rope Course, Burma Bridge, Elvis Walk, juga flying Fox yang akan membuat si buah hati bagaikan petualang sejati!

Kampoeng Maen memang lengkap untuk anak-anak Anda dengan berbagai hobi. Untuk anak perempuan, biarkan mereka bebas menciptakan masakan kesukaannya di Kampoeng Rasa. Nantinya, sang buah hati akan diajak membuat beragam masakan sekaligus mencicipi hasil karya mereka sendiri. Ada putu, mie, serabi, milkshake, hingga martabak yang bisa dikreasikan sesuai selera buah hati. Yummy!

3. Agrifun, Bogor

Tidak jauh berbeda dengan Kampoeng Maen, Agrifun juga menawarkan wisata outdoor untuk anak-anak. Hanya saja wisata agro lebih ingin mengenalkan anak dengan alam. Agrifun yang terletak di Komplek Agripark, Jl Taman Kencana No 3, Bogor, menyajikan beragam wahana untuk bermain dan belajar tentang pertanian.

Aktivitas favorit di tempat ini pastilah Fun Farming, yaitu bercocok tanam padi di sawah. Bebaskan anak Anda untuk menanam padi sendiri, serta merasakan serunya bermain tanah berlumpur. Puas bermain di sawah, temani buah hati untuk menyambangi klinik hewan. Anak Anda bisa belajar memeriksa kesehatan hewan seperti kambing, dan memberi susu kepada kambing-kambing itu.

Dari klinik hewan, lanjutkan perjalanan ke Mini Lab. Di sini, anak-anak bisa belajar tentang hewan-hewan mungil yang hanya bisa dilihat lewat mikroskop. Jangan lupa menyambangi Rumah Yoghurt, tempat si kecil belajar cara membuat susu fermentasi itu. Agrifun buka setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB.

4. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Kalau Agrifun menawarkan tempat bermain alam, kini saatnya ajak anak Anda langsung wisata ke alam, tepatnya di Pantai Ujung Genteng. Pantai Ujung Genteng berada di Sukabumi, Jawa Barat. Letaknya sekitar 230 km atau 7 jam perjalanan dari Kota Jakarta. Walaupun perjalanan akan terasa melelahkan, tapi keindahan alamnya akan membayar itu semua.

Pantai Ujung Genteng memiliki pasir pantai yang sangat bersih dan landai. Ombaknya juga tergolong tenang. Di pantai ini sudah terdapat banyak fasilitas untuk pengunjung, seperti lapangan parkir, rumah makan, serta toilet.

Selama berada di Pantai Ujung Genteng, pengunjung tidak akan hanya mendapatkan pemandangan yang indah dan sensasi bermain airnya saja, seperti pantai-pantai lainnya. Di sini juga terdapat tempat penangkaran penyu. Bila beruntung, Anda dan buah hati bisa berkesempatan melepas ratusan anak penyu atau yang dikenal dengan tukik ke laut. Anak-anak, pasti suka.

5. Waterboom, Jakarta

Sebagian dari warga Jakarta pasti sudah tahu water park yang berada di kawasan Pantai Indah Kapuk. Ya, Waterboom! Tempat ini adalah lokasi bermain air yang asyik bersama anak. Anak-anak pasti suka bermain air di sana.

Waterboom bukanlah sekadar tempat bermain air biasa. Di sini, anak-anak bisa menjajal aneka model papan luncur yang, dan mendarat mulus di kolam besar. Dijamin seru!

Waterboom memiliki 6 model papan luncur yang seru dan berbagai wahana air lainnya. Ajak buah hati untuk bermain di area Bomblazter, yaitu kolam yang berisi permainan anak. Tembak-menembak dengan pistol air atau menanti ember raksasa yang tumpah adalah kegiatan yang paling seru di sini.

6. Batu Night Spectacular, Jawa Timur

Jika ingin mengajak anak bermain di tempat yang agak jauh, coba saja ajak ke Malang, Jawa Timur. Di sana ada Batu Night Spectacular (BNS), taman hiburan di Malang yang bisa membuat anak-anak Anda lupa diri.

Berbeda dengan taman hiburan lainnya yang buka pagi hari, taman hiburan yang berada di Desa Oro-oro Ombo ini, justru buka pada pukul 15.00 WIB sampai 02.00 WIB. Di sini, wisatawan akan diajak bertualang dan memacu adrenalin pada malam hari.

Kerlap-kerlip lampu terlihat menghiasi setiap wahana yang ada di BNS. Puluhan wahana di tempat ini bisa dinikmati seluruh keluarga Anda. Agar lebih menikmati dinginnya malam Kota Malang, Anda bisa mencoba Galeri Hantu, Slalom Tes, sepeda udara tertinggi, Lampion Garden, dan Trampoline bersama anak-anak Anda.

Di BNS, tempat wajib yang harus dikunjungi anak adalah Kids Zone. Kids Zone menawarkan sekitar 25 wahana seru dan menyenangkan. Di mana saat anak-anak lain tertidur pulas di rumah, anak-anak di BNS justru masih tertawa riang hingga larut malam. Petualangan malam bersama keluarga di BNS ini bisa Anda tutup dengan meihat air mancur menari dan Outer Journey (mengelilingi luar angkasa) dengan menyaksikan pertunjukkan laser di layar angkasa.

(ptr/shf)
Dufan (Suchi Mentari Rachardja/d'Traveler)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com