DetikTravel









Ngabuburit Asyik di 5 Taman Kota di Jakarta

Dicky Ardian - detikTravel - Selasa, 31/07/2012 16:34 WIB
Jakarta - Menunggu jam buka puasa adalah kegiatan yang paling seru di bulan Ramadan. Jika bingung memilih tempat ngabuburit, Anda bisa datang ke 5 taman kota ini sekaligus jalan-jalan.

Jakarta memiliki beberapa taman kota yang asyik untuk dijadikan tempat ngabuburit. Disusun oleh detikTravel, Selasa (31/7/2012), ini dia 5 taman kota di Jakarta yang asyik dijadikan tempat untuk menunggu berbuka puasa:

1. Taman Menteng, Jakarta Pusat

Menikmati sore menjelang malam di Taman Menteng adalah kegiatan yang seru. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan hijau di Taman Menteng. Tenang saja, Anda tidak akan kesepian di sini, sebab biasanya ada banyak sekali orang yang melakukan kegiatan yang sama.

Jika ingin berolahraga, Taman Menteng adalah lokasi yang tepat. Di sini tersedia lapangan bola basket, lapangan futsal, dan trek untuk bersepeda atau berjalan kaki. Saat azan berkumandang, pastikan Anda sudah berburu kuliner di bagian belakang taman. Ada banyak pilihan makanan yang bisa Anda pilih dan nikmati di sini.

2. Situ Lembang, Jakarta Pusat

Sebagai pusat kota, Jakarta Pusat memiliki tidak hanya satu taman kota saja. Ada lagi Situ Lembang yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk ngabuburit. Ini adalah salah satu taman kota di kawasan elit, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Lembang. Taman kota yang satu ini sangat teduh dan asri, membuat lelah yang ada di sisa hari menjelang berbuka pasti hilang.

Situ Lembang sangat dirawat keberadaannya. Anda bisa duduk santai menikmati sejuknya udara sore di banyak bangku yang tersedia. Jalan di jalur refleksi yang telah disediakan juga bisa membuat rileks otot setelah seharian bekerja. Pada saat bulan puasa seperti saat ini, ada banyak pilihan kuliner yang bisa Anda jadikan untuk menu berbuka puasa.

3. Taman Suropati, Jakarta Pusat

Taman kota yang berada di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat ini memang rutin dijadikan lokasi ngabuburit yang asyik. Taman Suropati adalah taman kota dengan pohon-pohon rindang dan suasana tenang di sekitarnya.

Biasanya banyak pengunjung taman yang merupakan komunitas-komunitas seni unjuk kebolehan di sini. Hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai tontonan seru saat menunggu waktu berbuka puasa.

Sambil ngabuburit, Anda juga bisa menyehatkan tubuh. Di taman kota ini terdapat jogging track yang terbuat dari batu alam. Cocok untuk refleksi tubuh.

4. Taman Kota Tomang, Jakarta Barat

Di kawasan Jakarta Barat, Anda juga bisa menemukan taman kota yang asyik untuk tempat ngabuburit. Tepatnya di Taman Kota Tomang, Grogol, Jakarta Barat. Taman ini memang terasa cukup asing di telinga, namun taman kota ini akan menawarkan suasana sejuk dan tenang.

Taman yang memiliki medan berundak yang diselimuti rumput hijau ini memiliki beberapa danau buatan yang tenang. Ada bangku dari semen yang bisa Anda jadikan tempat bersantai. Atau, jika ingin lebih dekat dengan alam, Anda bisa duduk di bawah pohon yang ada di tepi danau. Menikmati semilir angin yang menggoda pepohonan hijau sungguh membuat perasaan lebih rileks dan tentunya membuat lapar saat puasa tidak akan terasa.

5. Taman Fatahillah, Jakarta Barat

Kawasan kota tua memang tak pernah sepi pengunjung. Tiap sore di bulan Ramadan, keramaian akan terasa konstan dari siang. Berbagai komunitas berkumpul dan saling bercengkrama. Komunitas motor unik akan menjejerkan motor-motornya, sedangkan komunitas sepeda biasanya adu kemampuan di sekeliling taman.

Ada banyak penjaja makanan berderet atau jalan-jalan di sekitar sini yang bisa Anda jadikan menu berbuka puasa. Sambil menunggu azan tiba, Anda bisa berburu pernak-pernik yang banyak dijajakan di sini. Asyik kan?

(aff/aff)
Taman Situ Lembang yang hijau di kawasan Menteng (Fitraya/detikTravel)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com