DetikTravel









Taif, Tempat Paling Dingin di Arab Saudi

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Kamis, 02/08/2012 14:48 WIB
Taif - Siapa bilang semua kawasan di Arab Saudi bersuhu panas? Negara Timur Tengah ini ternyata memiliki dataran tinggi yang bersuhu dingin, mirip seperti Puncak Pass di Jawa Barat.

Taif, itulah nama dataran tinggi di Arab Saudi yang terkenal sebagai kawasan dingin. Taif berada di pegunungan Arab Saudi, tepatnya di daerah Hijaz, sekitar 2 jam dari Jeddah.

Karena berada di ketinggian 6.000 kaki atau sekitar 1.828 meter, Taif memiliki hawa yang jauh lebih sejuk dibandingkan dengan daerah lain di Arab Saudi, seperti yang ditulis situs Al Hada, Kamis (2/8/2012). Saat musim panas saja, suhu di Taif bisa dibilang cenderung sejuk, yaitu sekitar 26-32 derajat Celcius. Suhu ini jauh lebih sejuk dibandingkan kawasan Arab Saudi lain yang bisa mencapai 45 derajat Celcius.

Pada musim dingin, suhu Taif semakin dingin dan berangin, yaitu mencapai 4 derajat Celcius. Wisatawan yang datang pun diharapkan mengenakan pakaian tebal agar tidak sakit dan kedinginan.

Biasanya Taif selalu ramai dikunjungi penduduk Arab Saudi yang akan berjalan-jalan menghabiskan akhir pekan. Waktu paling ramai adalah saat musim panas tiba. Mereka akan datang bersama keluarga atau kerabat untuk bersantai-santai dan menikmati udara sejuk.

Untuk mencapai Taif, wisatawan bisa membawa kendaraan pribadi yang disewakan. Hanya saja harus berhati-hati karena jalanan menuju dataran tinggi ini cukup berliku dan sedikit curam, terutama pada malam hari.

Turis harus melalui sekitar 93 tikungan yang cukup tajam. Meski trek yang dilalui cukup sulit, turis bisa menikmati perjalanan sambil memandang ke arah perkebunan yang banyak terhampar di Taif.

Ya, Taif tidak hanya dijadikan lokasi liburan, tetapi juga tempat untuk berkebun dan bertani. Ada banyak lahan pertanian di kawasan sejuk ini. Toko-toko yang menjual aneka sayuran dan buah-buahan, seperti buah delima dan anggur.

Tidak hanya itu, tempat wisata di Arab Saudi ini juga memiliki aneka toko menarik yang sayang jika tidak dikunjungi para wisatawan. Beberapa toko yang ramai dikunjungi adalah toko elektronik, toko emas, dan karpet. Untuk harga cukup relatif, jika ingin mendapat harga yang murah, keluarkan seluruh kemampuan menawar Anda.

Liburan di Taif, turis tidak hanya disuguhkan sebuah pemandangan indah dari atas pegunungan. Pelancong juga bisa jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di sana, seperti Taman Al Rudaf, Al Shafa dan Cagar Alam.

Taman Al Rudaf berada di selatan Taif. Ini adalah taman alam yang dipenuhi dengan banyak batu granit. Tidak hanya itu, Taman Al Rudaf juga memiliki kebun binatang mini. Cocok untuk dikunjungi bersama anak.

Tempat wisata kedua yang ada di Taif adalah Desa Al Shafa. Di sinilah tempat para turis yang ingin melihat berbagai produk pertanian Arab Saudi. Ada banyak lahan perkebunan dan pertanian di Al Shafa. Bahkan, Anda juga bisa mencicipi asyiknya menunggang unta.

Ada lagi tempat asyik di Taif yang cocok untuk turis pecinta alam, yaitu Cagar Alam. Pepohonan rimbun memenuhi tempat ini yang menciptakan hawa sejuk. Cagar Alam juga menjadi tempat terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di Taif.

(ptr/fay)
Kebun bunga di Taif (americanbedu.com)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com