DetikTravel









Ini Dia Masjid Paling Besar dan Megah di Turki

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Senin, 06/08/2012 08:39 WIB
Kalau Indonesia punya Masjid Istiqlal yang terkenal dengan kemegahannya, Turki punya Masjid Kocatepe. Inilah masjid paling besar dan megah yang ada di Turki. Tak boleh dilewatkan saat Anda traveling ke Turki!

Bagi para turis Muslim, salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat traveling ke suatu tempat, adalah singgah di masjid terbesar dan termegahnya. Di Turki, ada sebuah masjid yang besar, megah dan indah yang selalu ramai dikunjungi pelancong, Masjid Kocatepe namanya, seperti yang ditulisa situs Ankara, Senin (5/8/2012).

Masjid ini berada di tengah Kota Ankara, ibukota Turki. Karena posisinya yang strategis inilah, yang membuat Masjid Kocatepe begitu ramai dikunjungi turis Muslim saat liburan ke Turki.

Dibangung pada mulai tahun 1967-1987, Masjid Kocatepe menjelma menjadi landmark Turki yang paling terkenal. Masuk ke dalam masjid, Anda langsung dihadapkan ke ruang salat yang begitu luas dan besar.

Ada banyak ukir-ukiran cantik dan indah di dindingnya. Hawa sejuk dari angin yang bebas masuk dari pintu besar masjid, langsung menghantam tubuh Anda. Tak ketinggalan sebuah lampu kristal mewah menghiasi langit-langit masjid.

Menengok ke kaca jendela masjid, kaligrafi berlafazkan kalimat-kalimat Al Quran terukir indah di sana. Semakin terlihat sempurna dengan adanya kombinasi aneka warna jendela, seperti merah, biru, kuning, hijau dan kuning.

Uniknya, masjid terbesar di Turki ini memiliki mimbar imam yang tak biasa, yaitu di atas sebuah tangga. Saat ingin berkhotbah, imam diharuskan menaiki tangga marmer untuk mencapai mimbar. Jadi, seluruh jamaah bisa melihat imam saat berkhotbah.

Masjid Kocatepe memang pantas disebut sebagai masjid paling megah dan besar di Turki. Betapa tidak, dengan panjang 67 meter dan lebar 64 meter, masjid ini mampu menampung 24.000 orang jamaah di dalamnya.

Masjid ini semakin menarik untuk dikunjungi turis karena di bagian basement terdapat pusat perbelanjaan yang cukup besar. Anda bisa membeli aneka barang menarik di pusat perbelanjaan bawah masjid ini.

(ptr/fay)
Bagian dalam masjid (blog.worldonbike.com)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com