DetikTravel









Travel Highlight

Museum-museum yang Menyeramkan di Dunia

Desi Puspasari - detikTravel - Kamis, 09/08/2012 16:29 WIB
Jakarta - Museum sejatinya menjadi destinasi yang menceritakan dan menyimpan sebuah sejarah. Namun, beberapa museum di dunia justru terkenal karena koleksinya yang menyeramkan bahkan terkesan angker dan menakutkan. Waduh!

Mulai boneka tua, alat-alat peraga medis, patung lilin yang dicetak dari potongan tubuh manusia, jasad-jasad yang diawetkan, sampai peraga yang memperlihatkan proses kematian, ada di museum-museum ini. Dengan koleksinya yang menyeramkan, museum-museum ini pun bisa membuat pelancong bergidik dan merasakan hal mistis.

Aura dingin, misterius, dan gelap terasa ketika kaki Anda melangkah masuk ke dalam museum-museum ini. Berbagai koleksi yang aneh dan menyeramkan menjadi pertunjukan yang membuat Anda melangkah lebih cepat.

1. Museum Madame Tussaud, London, Inggris

Museum Madame Tussaud tidak hanya membuat patung lilin para aktris, aktor, atau selebriti terkenal lainnya. Siapa sangka museum yang berada di London, Inggris ini juga membuat patung lilin dari korban revolusi Prancis.

Sekilas memang tidak ada yang mengerikan. Namun, patung lilin para korban tersebut dicetak menggunakan bagian tubuh aslinya, hii! Museum Madame Tussaud pun memajang patung lilin potongan tubuh, seperti kepala, tangan, kaki, dan lain-lainnya ini dalam satu ruang. Ruangan ini pun menjadi yang paling menyeramkan.

2. New Haven Ventriloquist Museum, Kentucky, AS

Tidak hanya itu, di Kentucky, Amerika Serikat terdapat museum boneka bernama
New Haven Ventriloquist. Ribuan boneka tua terpajang rapih di setiap ruang dalam museum ini.

Seperti yang detikTravel lansir dalam situs Listverse, Kamis (9/7/2012), konon boneka ini bisa hidup sendiri. Oleh sebab itu, wisatawan akan merasa selalu diikuti oleh pandangan misterius dari boneka-boneka yang berada di dalam New Haven Ventriloquist Museum ini.

3. Glore Psychiatric Museum, Missouri, AS

Museum terseram berikutnya adalah Glore Psychiatric Museum di 3406 Frederick Ave, Missouri, AS. Museum yang didirikan oleh George Glore ini, memperlihatkan metode pengobatan pada abad ke-16, 17, dan 18. Pelancong yang tertarik dengan dunia kesehatan akan melihat metode penyembuhan dengan sistem kejut listrik dan berbagai cara lainnya yang lebih terlihat seperti penyiksaan.

Nuansa dingin dan menyeramkan semakin terasa ketika memasuki ruang pengobatan kuno. Pada bagian ini terdapat diorama yang memperlihatkan proses sebuah operasi pada seorang pasien. Belum selesai di situ, traveler juga bisa melihat ekspresi pesakitan dari seorang pasien yang mengalami pendarahan dahsyat.

4. House on the Rock, Wisconsin, AS

Pembuatan museum-museum ini memang dirancang sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang memiliki sejarah dan filosofi. Namun, apa jadinya bila seluruh barang-barang di dalam museum tersebut dibiarkan berdebu dalam ruagan gelap dan dingin?

Ya, itulah yang terjadi pada museum House on the Rock yang berada di Wisconsin, AS. Melansir situs Road Side America, museum ini dibuka pada tahun 1959. Di dalam Museum House on the Rock terdapat berbagai replika kota di Amerika.

Namun, semua barang di tempat ini dibiarkan berdebu dalam gelapnya ruangan. Ketika berada di dalam museum ini Anda akan mendengar dentingan simfoni yang lebih mirip dengan lagu kematian!

5. The Museum of the Death, Hollywood, AS

Bicara tentang kematian, beberapa kota di dunia juga membuat museum kematian atau The Museum of the Death di Hollywood, AS. Sesuai dengan namanya museum ini memperlihatkan kenyataan adanya kematian kepada wisatawan.

Pembunuhan yang kejam atau sakit juga menjadi faktor kematian yang paling menyeramkan. Dalam The Museum of the Death, pelancong bisa melihat berbagai cerita tragedi pembunuhan dan melihat foto-foto pembunuhan sadis. Bila memiliki nyali lebih, Anda bisa menyaksikan pemutaran video kematian manusia yang mengalami proses sakaratul maut, berani?

6. Catacombe Dei Cappuccini, Palermo, Italia

Kematian menjadi hal yang paling menyeramkan bagi manusia yang mengingingkan kehidupan. Catacombe Dei Cappucini yang berada di Palermo, Italia ini, memperlihatkan secara gamblang bagaimana tubuh manusia setelah meninggal.

Museum yang terletak dalam sebuah biara ini sengaja memajang ratusan jenazah, mulai dari biksu hingga rakyat biasa di setiap dinding museum. Jasad-jasad ini pun lebih terlihat seperti sedang tertidur dan bisa bangun kapan saja untuk menyapa pengunjung yang datang.

7. The Purgatory Museum, Roma, Italia

Lain Catacombe lain pula The Purgatory Museum. Museum yang dibangun dengan kepercayaan Katolik ini, memberikan gambaran tentang pencucian jiwa dengan api suci. Mereka percaya pencucian jiwa ini terjadi sebelum arwah yang meninggal terbang ke surga, hal ini pun dijelaskan dalam situs Catholicism.

Museum ini benar-benar menjadi destinasi yang menakutkan dengan menampilkan dokumentasi jiwa-jiwa yang sudah meninggal kembali ke bumi. Sebagai buktinya, museum ini memameran sebuah buku yang terdapat cetakan bentuk telapak tangan yang hangus pada salah satu halamannya. Mereka yang datang ke Purgatory pun meyakini bahwa itu merupakan tangan seseorang yang terbakar dalam pencucian jiwa.

8. Museum of Anatomy, London, Inggris

Jasad dari manusia ataupun hewan yang sudah meninggal pun mampu menarik perhatian wisatawan. Museum of Anatomy menyimpan jasad-jasad hewan dan manusia yang sudah diawetkan.

Akan tetapi, di Museum of Anatomy jasad-jasad tersebut sudah dikuliti terlebih dahulu, oleh profesor anatomi, Honoreu Fragonard yang juga menjadi pengoleksi jasad-jasad tersebut.

9. Lombrop's Museum of Criminal, Italia

Sama seperti dengan Museum of Anatomy di London, Lombrop's Museum of Criminal juga menyimpan jasad manusia maupun hewan yang sudah diawetkan. Di Lombrop's, Anda bisa melihat foto-foto kejahatan, senjata yang digunakan untuk mengeksekusi manusia, bahkan kepala Lambroso, selaku pendiri museum juga diawetkan secara sempurna dalam botol formalin.

Tertarik untuk melihat semua koleksi-koleksi yang menyeramkan ini? Pastikan Anda memiliki nyali dan keberanian lebih. Untuk berkeliling di museum-museum paling menyeramkan ini, sebaiknya jangan datang seorang diri karena bisa saja Anda tenggelam dalam mimpi buruk yang menakutkan!

(ptr/fay)
Glore Psychiatric Museum, Missouri, AS (itthing.com)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com