DetikTravel









Pantai Ngandong, Si Cantik yang Tersembunyi di Gunungkidul

Afif Farhan - detikTravel - Senin, 03/09/2012 11:11 WIB
Ingin merasakan suasana pantai yang bersih, indah, dan masih alami? Datanglah ke Pantai Ngandong di Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai berpasir putih ini letaknya tersembunyi dan belum ramai oleh wisatawan.

Gunungkidul di DIY seolah menjadi surganya para pecinta pantai. Ada banyak pantai-pantai dengan pasir putih dan pemandangan sunset memesona yang akan membuat siapa saja terkesima. Selain Pantai Krakal, Indrayati, dan Sundak, ada satu pantai lagi yang wajib Anda datangi, yaitu Pantai Ngandong.

Pantai ini memang tidak terkenal seperti Pantai Siung atau Indrayanti, namun pesona dari pantai ini dapat Anda buktikan sendiri. Pantai Ngandong terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, atau di sebelah barat dari Pantai Sundak. Perjalanan dari Kota Yogyakarta memakan waktu sekitar 3 jam untuk tiba di sana.

Jalan menuju pantai ini tidaklah mudah. Anda harus melewati jalanan berbatu dan juga pohon-pohon besar di kiri-kanan. Akan tetapi, rasa lelah tersebut akan hilang seketika saat Anda menginjakan kaki di Pantai Ngandong.

Pantai landai dengan butiran pasir putih akan menyambut kedatangan Anda di sana. Di depan mata, ada lautan biru dengan ombak yang relatif tenang. Dijamin, Anda tak akan sabar untuk bermain air di pinggiran pantainya.

Eits, jangan simpan kamera Anda saat berada di pinggiran pantai. Layangkan pandangan ke kiri dan kanan, ada perbukitan batu kars yang sangat indah. Warna hijau di bukitnya seolah menjadi pemandangan cantik saat berpadu dengan pasir putih dan lautan biru. Selain itu, ada juga batu-batu karang yang terletak di lepas lautan. Tempat yang istimewa bagi para fotografer!

Meski tidak luas, Pantai Ngandong akan sangat memanjakan Anda. Pantai ini relatif sepi dari wisatawan, sehingga Anda bisa bersantai dengan puas sambil ditemani alunan deru ombak.

Pantai Ngandong juga menjadi tempat tinggal oleh nelayan-nelayan setempat. Anda akan menemukan beberapa warung dan penginapan yang terletak di dekat pantainya. Jangan lupa, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar di sekitar pantainya.

Pantai ini langsung menghadap ke Samudera Hindia. Oleh sebab itu, sunset yang cantik akan menyempurnakan hari Anda di sana. Saat matahari tenggelam, langit berubah warna menjadi kuning dan jingga. Cahaya senjanya juga menyinari pasir-pasir putih di pantainya. Sungguh, pemandangan yang menawan. Inilah si cantik yang tersembunyi di Gunungkidul.

(aff/fay)
Nikmatnya berenang di pinggiran pantai (Desi Dwistratanti Sumadio/dTraveler)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com