detiktravel

Asyiknya Belajar Sejarah di Monas

Afif Farhan - detikTravel - Sabtu, 08/09/2012 13:35 WIB
Jakarta - Tidak hanya untuk berfoto-foto, Monas dapat menjadi tempat belajar yang mengasyikan. Ada diorama perjuangan kemerdekaan bangsa, rekaman proklamasi, dan masih banyak lagi. Jadi tambah pintar di Monas!

Siapa yang tidak kenal Monas? Ikon Jakarta ini menjadi tempat wisata yang tak pernah sepi, apalagi saat akhir pekan. Anda bisa berolahraga di sekitar tamannya atau berfoto-foto di sana. Tak hanya itu, Anda juga bisa belajar sejarah di Monas.

detiktravel berkunjung ke Monas beberapa waktu lalu. Objek wisata ini terletak di pusat Jakarta. Ada banyak cara untuk menuju ke sana, mulai dari naik kereta lalu turun di Gambir atau menggunakan TransJ dan turun di Halte Monas.

Untuk tiket masuk ke dalam Monas, seharga Rp 2.500 saja. Setelah membayar tiket, Anda akan menuju ke ruangan yang besar. Inilah ruangan diorama sejarah panjang bangsa ini dalam mencapai kemerdekaan.

Diorama tersebut sangat menarik. Bentuknya pun persis seperti apa yang ada dalam sejarah. Seperti, diorama Candi Borobudur, kerajaan-kerajaan Indonesia di masa lalu, hingga perjuangan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan, seperti sumpah pemuda dan lain-lain.

Ruangan diorama ini sangat luas. Tentu, anda dapat mengetahui sejarah perkembangan bangsa ini mulai dari masa kerajaan hingga kemerdekaan seperti sekarang ini. Ada juga papan-papan penjelasnya. Lengkap!

Beranjak menuju bagian puncak Monas, ada satu ruangan yang tak boleh Anda lewatkan. Ruangan tersebut adalah Ruang Kemerdekaan. Di sana terdapat pembacaan teks proklamasi oleh presiden pertama, Soekarno. Pembacaan proklamasi tersebut berlangsung setiap jam, mulai dari pukul 09.00-17.00 WIB selama tak lebih dari lima menit. Rasanya, Soekarno ada di depan Anda!Next

Promo tiket ke Bandar Lampung mulai dari Rp. 354.626

Ruang Kemerdekaan (Afif/detikTravel)
Halaman 12

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Batam Rp. 570.765 PILIH
Jakarta Pontianak Rp. 457.000 PILIH

Powered by
Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com