DetikTravel









Travel Highlight

Aneka Wahana di Water Park yang Anda Perlu Tahu

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Kamis, 13/09/2012 08:02 WIB
Ada banyak alasan water park menjadi tempat liburan favorit keluarga. Yang paling menonjol adalah adanya beragam wahana air yang tak mungkin Anda temukan di kolam renang biasa. Mau tahu ada wahana apa saja?

Water park identik dengan permainan dan keceriaan. Betapa tidak, ini bukanlah "park" alias taman biasa. Beragam permainan dan wahana air akan menjadikan agenda berenang Anda dan keluarga makin sempurna.

Nah, wahana-wahana yang ada di water park tentu berbeda dengan taman rekreasi lain. Beberapa sudah menjadi ciri khas sebuah water park. Dihimpun detikTravel, Kamis (13/9/2012), berikut beragam wahana air yang perlu Anda tahu. Masing-masing menyuguhkan keseruan yang berbeda, untuk setiap usia!

1. Kolam Arus

Wahana satu ini adalah favorit para pengunjung. Kolam dibentuk seperti sungai, meliuk dan mengelilingi area water park. Pengunjung bisa berenang menghanyutkan diri mengikuti arus yang kecil. Selain itu, kegiatan favorit di Kolam Arus adalah menaiki ban (single atau double) dan tinggal mengikuti arus air.

Kolam Arus bisa Anda temukan di setiap water park di Jabodetabek, namun pantauan detikTravel yang berkunjung ke beberapa water park, Atlantis di Ancol punya kolam arus yang paling seru. Kolamnya cukup lebar, dan Anda akan diguyur oleh air terjun buatan di beberapa tempat!

2. Water Slide

Ini dia wahana khusus untuk Anda yang suka menguji adrenalin, seluncuran! Water Slide adalah seluncuran yang meliuk dari atas menara. Bentuk dan ketinggiannya beragam. Ada Water Slide yang luncurannya lurus ke bawah, langsung menuju kolam di bawahnya. Namun ada pula yang luncurannya berbentuk spiral. Sebelum menabrak permukaan kolam, Anda akan dibawa berputar-putar!

Pantauan detikTravel, Water Slide yang paling asyik ada di Ocean Park BSD. Didesain oleh ahli dari Kanada, Anda akan meluncur di dalam spiral sebelum akhirnya luncuran lurus sampai ujungnya. Selain itu, Snowbay di TMII punya wahana bernama Tube Coaster. Tak seperti water slide lain yang berbentuk spiral, wahana ini berbentuk kerucut. Tak hanya itu, Snowbay juga punya slide berbentuk mangkuk. Seru!

3. Kolam Ombak

Inilah tempat Anda merasakan sensasi digulung ombak, sama seperti di lautan! Kolam Ombak bisa Anda temukan hampir di tiap water park, termasuk juga The Jungle di Bogor dan Atlantis di Ancol. Masing-masing water park punya kedalaman maksimal yang berbeda untuk Kolam Ombak. Atlantis misalnya, ujung kolamnya punya kedalaman 3 meter.

Kolam ombak ini tak selalu ada tiap waktu. Ada jam-jam tertentu saat ombak dinyalakan, dan permukaan kolam pun langsung bergoyang! Saat detikTravel berkunjung ke Atlantis sekitar pukul 15.00 WIB, Kolam Ombak sedang dinyalakan. Pengunjung ada yang menikmati arus ombak dari pinggiran kolam, ada juga yang berenang melawan arus. Ada pula yang duduk di atas ban sambil asyik digoyang ombak!

4. Water Playground

Dari seluruh wahana yang ada di water park, inilah yang jadi surga bagi anak-anak. Water Playground dipenuhi beragam mainan seperti seluncuran, rumah atau kastil buatan, air terjun, air mancur, futsal air, dan beragam permainan lainnya. Air di area Water Playground ini sengaja dibuat dangkal agar aman bagi anak-anak.

Tiap water park punya Water Playground yang seru untuk anak-anak. Ocean Park BSD misalnya, punya aneka permainan air mulai dari Jelly Fish, Splash Town, Flying Rope, Giant Mushroom, Steamboat, Atlantis Castle, Shell Slide, juga Fish Place. Dijamin, buah hati tercinta akan betah berlama-lama di sini.

5. Baby Pool

Kalau Water Playground dibuat khusus untuk anak-anak, beda lagi dengan Baby Pool. Sesuai namanya, area ini dibuat seaman mungkin untuk bayi. El Dorado di Cibubur misalnya, punya Baby Pool dengan kedalaman 20 cm sehingga aman bagi bayi.

"Beda dengan kolam anak yang kedalamannya 60 cm," tutur Therresia, El Dorado Water Park & Morrocan Sport Club Section Head, saat ditemui detikTravel pada Minggu (9/9) lalu.

Baby Pool ini bukannya kosong melompong, lho. Ada beberapa permainan seperti slide yang tak terlalu tinggi, sehingga Anda bisa menuntun sang bayi untuk merasakan asyiknya berseluncur.

6. Kolam Pantai

Kolam, tapi pantai? Ini dia lokasi yang jadi favorit pengunjung untuk bersantai. Beberapa water park punya pantai buatan, lengkap dengan pasir pantainya! Kolam pantai ini biasanya menyatu dengan Kolam Ombak, dengan permukaan kolam yang semakin dalam. Membuatnya seperti pantai sungguhan!

Selain Mauritius Sandy Beach di Ocean Park BSD, Kolam Pantai juga bisa Anda temukan di Snowbay, TMII. Kolam Pantai di Snowbay adalah yang terbesar se-Indonesia, dan punya 7 variasi ombak yang berbeda!

7. Ember Tumpah

Wahana Ember Tumpah tak lain adalah ember raksasa yang diisi oleh air. Saat penuh, ember itu akan memuntahkan isinya ke permukaan kolam. Bayangkan saja rasanya diguyur air dalam jumlah banyak sekaligus!

Ember Tumpah seringkali terdapat di area Water Playground. Tapi, ada juga Ember Tumpah yang punya area sendiri seperti di Snowbay, TMII. Ini adalah Ember Tumpah paling besar di Indonesia! Saat menumpahkan isinya, Anda akan diguyur oleh 2 ton air sekaligus. Wow!

(sst/sst)
Ember tumpah di Snowbay (Putri/ detikTravel)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com