Ini Dia Tempat Piknik Asyik di Kaki Gunung Gede

Desi Puspasari - detikTravel - Kamis, 13/09/2012 13:49 WIB
Kontur tanah yang bergelombang, membuat panorama di kebun ini berbukit-bukit. Berada pada ketinggian 1.275 mdpl maka tidak heran bila suhu udara di taman wisata ini berkisar antara 17 sampai 27 derajat Celcius.

Tuut, tuut, tuut! Tiba-tiba saya dikejutkan dengan bunyi klakson kereta. Benar saja, ternyata ada mobil wisata yang mau lewat. Mobil ini memiliki berwarna hijau dengan tiga gerbong di belakangnya. Setiap gerbong diisi dengan empat baris bangku.

Untuk menaiki mobil wisata ini, saya dan pengunjung lain harus membeli tiket lagi seharga Rp 5.000 per orang. Mobil wisata ini akan mengajak Anda mengelilingi Kebun Raya Cibodas. Jadi, mobil wisata ini bisa jadi alternatif bila Anda ingin melihat seluruh isi Kebun Raya Cibodas, tanpa harus capek-capek berjalan kaki.

Kebun Raya yang didirikan pada tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann ini mempunyai banyak koleksi tanaman jensi basah tropika. Selain itu, tidak cuma lapangan hijau yang luas, kebun seluas 125 hektar ini juga menawarkan keindahan beragam jenis taman yang eksotis, air terjun, dan masih banyak yang lainnya.

Taman-taman cantik yang menghiasi Cibodas, antara lain Rhododendron Garden, Sakura Garden, Taxus Garden dan koleksi tanaman eksotik lainnya. Dari sejumlah koleksi tersebut, 114 di antaranya berasal dari Jawa Barat dan di antaranya merupakan tanaman langka.

Tidak hanya itu, di kebun ini saya juga melihat adanya air terjun. Namun, ntuk sampai ke air terjun itu, saya harus kembali berjalan kaki melewati jalan setapak yang menurun.

Puas berkeliling dengan mobil wisata, saya dan rombongan beristirahat sambil menikmati santap siang di bawah pohon. Banyak juga wisatawan lain yang sekadar menggelar tikar untuk meluruskan kaki dan makan siang di tanah lapang yang hijau dan teduh.

Terlihat anak-anak asyik bermain bola dan berlarian di tengah lapang. Sesekali ada orang tua yang datang dan menyuapi makan salah satu dari mereka. Semakin saing, lapangan hijau ini semakin ramai oleh wisatawan.

Piknik Anda akan semakin menyenangkan dengan banyak fasilitas yang diberikan Kebun Raya Cibodas. Selain naik mobil wisata dan berjalan kaki, Anda juga bisa mengelilingi Kebun Cibodas dengan menyewa kuda. Cukup dengan membayar seharga Rp 20.000 saya sudah bisa menikmati sensasi menunggang kuda di pelataran kebun kaki Gunung Gede Pangrango.
Pintu gerbang depan Kebun Raya Cibodas (Desi Puspasari/detikTravel)
Halaman 12
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com