DetikTravel









Satu Lagi Masjid Keren di Kawasan Puncak Selain Atta'awun!

Desi Puspasari - detikTravel - Jumat, 14/09/2012 12:34 WIB
Bogor - Tidak cuma Masjid Atta'awun yang memukau dari kawasan wisata Puncak, Jawa Barat. Sebenarnya masih ada satu lagi masjid unik yang melengkapi kecantikan Puncak.

Beberapa waktu lalu, detikTravel melakukan perjalanan menuju Bandung. Karena menggunakan motor, saya dan seorang teman memilih Puncak, Bogor sebagai rute perjalanan. Awal perjalanan tidak ada macet yang menghadang. Namun sayang, sesampainya di Gadog, antrean kendaraan macet mulai terjadi.

Jam di tangan sudah menunjukkan sekitar pukul 14.00 WIB. Karena belum salat Zuhur, kami teman memutuskan untuk singgah terlebih dahulu di sebuah masjid.

Awalnya, Masjid Atta'awun menjadi pilihan kami untuk singgah dan beristirahat sejenak. Tidak terburu-buru, kami tetap menikmati secuil udara sejuk di tengah kemacetan Jalan Raya Gadog. Maklum saja, ini belum sampai Puncak Pass jadi wajar kalau udaranya agak panas.

Setelah sampai di depan jalur menuju Taman Safari, Cisarua, barulah kami terlepas dari kemacetan. Beban yang cukup berat dalam tas ransel, membuat pinggang dan kaki terasa pegal.

Nah, tidak jauh dari jalur ini ada sebuah masjid putih dengan desain yang tidak biasa. Ya, masjid tersebut memiliki bentuk yang terbuka dan terlihat menggunakan tenda putih nan kokoh sebagai atapnya. Tanpa pikir panjang, motor kami rapatkan ke parkiran masjid.

Wuussh! Semilir angin nan sejuk menyapa kedatangan kami. Masjid Al Muqsith, begitulah yang tertulis di pilar depan masjid. Tidak hanya itu, dingin yang menusuk cukup membuat saya terkejut ketika menginjakan kaki di lantai masjid.

Beberapa ibu-ibu yang sedang mengantar anak-anaknya mengaji, menoleh melihat saya menggigil. Sedikit mempercepat langkah, saya langsung duduk di karpet masjid. Rasanya malas untuk bersentuhan dengan air di masjid ini. Akhirnya, kami pun bergantian salat karena harus ada yang menjaga barang-barang.

Selama menunggu giliran saya memperhatikan bentuk masjid yang berada di Jalan Raya Puncak KM 83, Bogor. Kalau dari arah Jakarta Anda bisa melihat masjid ini di sebelah kiri jalan.

Pada dinding di sebelah bedug terdapat sebuah prasasti peresmian yang melekat pada dinding masjid.

"2 April 2009 Masjid Al Muqsith diresmikan oleh Ketua Umum PBNU KH A Hasyim Muzadi" begitu sedikit keterangan yang tertulis.

Ternyata masjid ini baru 'berumur' sekitar tiga tahun. Pantas saja, desain arsitekturnya sangat modern, minimalis, dan unik. Kenyataannya masjid yang dibuat oleh Yayasan Adnyadna Jawa Dwipa ini punya tiga lantai. Lantai pertama yang berada di kolong masjid berfungsi sebagai tempat wudhu pria dan wanita, sedangkan lantai dua dan tiga untuk ruang salat pria dan wanita.

Kalau umumnya masjid memiliki kubah di bagian atasnya, Al Muqsith justru memasang tenda yang mirip seperti payung sebagai atapnya. Nuansa hitam dan putih pada dinding masjid semakin menimbulkan kesan minimalis.

Saat menaiki lantai dua masjid, ternyata ada anak-anak kecil yang sedang belajar mengaji. Mendengar penjelasan dari seorang ibu yang menunggu anaknya, Ikah, ternyata, pukul 14.30 sampai sore masjid juga digunakan sebagai Taman Pendidikan Al Quran (TPA) anak-anak usia 4-8 tahun.

"Setiap sore, memang selalu ada pengajian. Di sini juga kalau siang selalu ramai sama yang mau ke Puncak," ucapnya.

Suasana semakin syahdu ketika lantunan surat Al Fatihah menyatu dengan belaian lembut angin yang berhembus. Dari atas masjid, saya juga bisa melihat panorama cantik pegunungan. Ya, saya bisa leluasa melihat keindahan alam sekitar dari dalam Al Muqsith.

Berbeda dengan Atta'awun yang bisa membuat wisatawan tercengang karena biaya parkirnya, di Al Muqsith pelancong bebas parkir dan hanya dikenakan biaya parkir seikhlasnya. Apalagi di sekitar masjid ini banyak terdapat pedagang cemilan, seperti gorengan, es buah, bakso, dan lain-lain.

Punya rencana berakhir pekan ke daerah Puncak, Jawa Barat? Jangan lupa sempatkan singgah untuk salat atau sekadar meluruskan kaki di masjid 'tenda' Al Muqsith.


(aff/shf)
Pilar nama Masjid Al Muqsith yang berada di bagian depan (Desi Puspasari/detikTravel)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com