DetikTravel









'Terbang' Bersama Kupu-kupu di 4 Tempat Ini

Desi Puspasari - detikTravel - Selasa, 18/09/2012 11:09 WIB
Kupu-kupu selalu memukau manusia dengan kecantikannya. Corak, warna, dan bentuk sayapnya adalah wujud kecantikan serangga yang satu ini. Di 4 tempat ini, para traveler bisa 'terbang' bersama kupu-kupu nan cantik!

Berjalan di tengah taman atau kebun yang dipenuhi kupu-kupu pasti jadi pengalaman yang menyenangkan. Melihat berbagai macam kupu-kupu aneka warna beterbangan terlihat sangat luar biasa. Tidak hanya itu, di 4 tempat ini Anda bisa masuk dalam kerajaan kupu-kupu dan ikut 'terbang' bersama keindahannya.

Berikut 4 tempat bermain dengan kupu-kupu yang detikTravel kumpulkan, Selasa (18/9/2012):

1. Taman Kupu-kupu, Bandung Barat

Tidak perlu jauh-jauh dari Jakarta untuk bisa bermain dan 'terbang' bersama kupu-kupu yang lucu. Di Bandung Barat tepatnya Jalan Cihanjuang, pelancong akan menemukan Taman Kupu-kupu.

Saat tiba di destinasi ini, pelancong akan disambut dengan kecantikan taman hijau bergaya Bali dan sebuah gedung dengan patung kupu-kupu yang sangat besar. Dengan membayar tiket seharga Rp 20.000 traveler akan dibekali sebuah pin berbentuk kupu-kupu yang menjadi tiket masuk dan boleh dibawa pulang.

Taman kupu-kupu ini memiliki area seluas 5.000 m2 dengan taman yang tertata sangat rapi. Warna-warni kupu-kupu terlihat memsona siapa saja yang melihatnya. Di dalam taman ini juga ada rumah kepompong dengan puluhan kepompong yang siap 'melahirkan' calon kupu-kupu cantik.

Belibur di Taman Kupu-kupu bisa jadi petualangan seru bersama keluarga. Tidak hanya kupu-kupu, di taman ini juga terdapat taman kelinci yang berada di bagian belakang.

2. Butterfly Farm Penang, Malaysia

Pemadangan alami kehidupan kupu-kupu juga bisa Anda rasakan saat berlibur ke Penang, Malaysia. Butterfly Farm Penang, taman kupu-kupu seluas 8 hektar ini memiliki sekitar 3.000 spesies koleksi kupu-kupu dan serangga.

Selama berlibur di taman ini, pelancong akan diajak melihat metamorfosis kupu-kupu dalam rumah kaca. Serunya, wisatawan juga bisa merasakan menjadi 'ratu kupu-kupu' yang dihinggapi serangga cantik ini. Anda bisa mengoleskan madu dari kelopak bunga di tangan dan mendekatkannya pada kumpulan kupu-kupu. Dengan begitu, kupu-kupu senantiasa menempel di tangan Anda.

Tidak hanya melihat kupu-kupu hidup, di Butterfly Farm Penang wisatawan bisa masuk ke museum yang menjelaskan tentang kupu-kupu. Sebagai oleh-oleh, Anda bisa membeli kupu-kupu mati yang sudah diawetkan dan diberi sertifikat resmi.

3. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (The Kingdom of Butterflies), Sulawesi Selatan

Semenjak ilmuwan asal Inggris, Alfred Russell Wallace menemukan ribuan kupu-kupu di Sulawesi Selatan, kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung pun juga dikenal dengan The Kingdom of Butterflies.

Destinasi yang berada di wilayah Maros, Sulawesi Selatan ini memiliki 200 jenis kupu-kupu yang teridentifikasi. Beberapa di antaranya adalah ndemik Sulawesi seperti Papilio blumei, P. polites, P. sataspes, Troides haliphron, T. helena, T. hypolitus, dan Graphium androcles. Kupu-kupu raksasa yang langka, Papillo androcoles, juga hidup di Taman Nasional ini, jelas situs resmi TN Bantimurung Bulusaraung, Selasa (18/9/2012).

Selain melihat ratusan jenis kupu-kupu terbang bebas, wisatawan juga bisa melihat ribuan kupu-kupu yang diawetkan di museum. Ribuan kupu-kupu ini pernah mendiami TN Bantimurung Bulusaraung. Beberapa jenis tergolong unik dan langka, pun masih berkeliaran di alam bebas.

4. Victoria Butterfly Gardens, Kanada

Victoria Butterfly Gardens merupakan salah satu destinasi paling populer di daerah Victoria, Brentwood Bay, Kanada. Lokasi ini terkenal karena memiliki berbagai jenis kupu-kupu yang sangat cantik.

Setiap harinya banyak wisatawan baik dari dalam ataupun luar negeri yang datang dan penasaran dengan keindahan ruangan yang sudah disulap menjadi kebun nan indah ini. Semua yang ada di sini dibuat sangat mirip dengan habitat asli kupu-kupu yang bernuansa tropis.

Mengulik dari situs resmi Victoria Butterfly Gardens, Selasa (18/9/2012) di dalam kebun ini terdapat 75 jenis kupu-kupu yang berasal dari seluruh dunia. Kini jumlah seluruhnya hampir mencapai 3.000 kupu-kupu. Serangga cantik yang satu ini dibiarkan terbang bebas di dalam kebun.

Untuk mempertahankan efek habitat aslinya, suhu, cahaya, kabut, pendingin ruangan, dan kelembaban ruangannya dikendalikan melalui sistem komputer. Namun, walaupun kupu-kupu di kebun ini dibiarkan terbang bebas, pengunjung tetap tidak boleh menyentuhnya. Jadi, bila kupu-kupu tersebut hinggap di tubuh pengunjung, harus dibiarkan sampai dia terbang sendirinya!


(ptr/sst)
Pemandu yang sedang menjelaskan tentang Kupu-kupu di Butterfly Farm, Penang Malaysia (Avi/detikBandung)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com