DetikTravel









Travel Highlight

5 Tempat Liburan Ranah Minang Favorit Anda

Dicky Ardian - detikTravel - Kamis, 27/09/2012 09:31 WIB
Mau liburan kemana di Sumatera Barat? Setiap orang memiliki destinasi favoritnya di Ranah Minang. Berikut 5 tempat liburan Ranah Minang favorit d'Traveler yang bisa jadi inspirasi Anda.

Pemandangan yang elok dari berbagai tempat sudah lama menjadi milik Sumatera Barat. Selain itu, provinsi ini juga dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata.

Sejak Senin-Rabu, 24-26 September 2012 kemarin, detikTravel menggelar survei kepada para d'Traveler. Oleh karena Sumbar yang memang memiliki beragam destinasi, responnya pun beragam. Dari sekian banyak pilihan yang masuk, pada Kamis (27/9/2012), detikTravel menjaring 5 destinasi yang menjadi favorit d'Traveler:

1. Kota Bukittinggi (35 persen)

Banyak wisatawan yang tergila-gila dengan Bukittinggi. Buktinya, kebanyakan atau sekitar 35 persen d'Traveler memilih kota ini sebagai destinasi favoritnya saat ke Sumbar. Jelas saja, kota ini sangat nyaman dan bersahabat bagi para wisatawan.

Tentu tak akan jadi yang nomor satu jika Bukittinggi hanya punya sedikit tempat wisata. Yang pertama ada Ngarai Sianok, lembah cantik yang berada di Desa Sianok. Letaknya tidak jauh dari Jam Gadang di dekat pusat Kota Bukittinggi. Anda bisa naik angkutan umum atau menaiki bendi, kendaraan tradisional setempat yang ditarik dengan kuda seperti andong di Yogyakarta.

Anda bisa melihat pemandangan Ngarai Sianok yang sempurna dari Taman Panorama. Cukup membayar Rp 5.000 saja, di dalam taman ini juga terdapat Lubang Jepang yang terkenal. Tamannya sangat asri dan luas, udara yang sejuk khas Bukittinggi pun akan membuat suasana menjadi nikmat.

Ke Bukittinggi tanpa mampir ke Jam Gadang pasti terasa kurang. Jam yang megah ini menjulang setinggi 26 meter di pusat Kota Bukittinggi. Jam Gadang dibangun pada tahun 1826 sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Sekretaris Kota Bukittinggi saat itu, Rook Maker. Uniknya, jika dulu atapnya menggunakan patung ayam jantan, kini atapnya runcing menjulang khas atap rumah orang Minang.

Tidak hanya itu, Kota Bukittinggi masih punya banyak destinasi menarik lainnya. Seperti Pasar Lereng dengan barang-barang sekennya, rumah kelahiran sang proklamator yang saat ini menjadi Museum Bung Hatta, Jembatan Limpapeh dengan lanskap Kota Bukittinggi yang indah, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Danau Maninjau (15 persen)

"Jangan datang ke Ranah Minang, kalau tak mampir ke Maninjau." Itulah kata yang pernah diucapkan oleh Presiden Soekarno. Jelas saja, saat ini Maninjau adalah salah satu destinasi andalan Sumatera Barat. Sampai-sampai sebanyak 15 persen d'Traveler memilih Maninjau sebagai destinasi favoritnya.

Menyebut kata Maninjau, sudah pasti yang terpikirkan adalah danaunya yang indah. Danau ini terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Dari Kota Bukittinggi, perjalanan memakan waktu satu jam dengan mobil dan melalui jalan berkelok-kelok.

Danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang memiliki luas 99,5 km. Danau ini berada pada ketinggian 500 mdpl dengan kedalaman danau mencapai 459 meter. Tempatnya cukup sejuk, karena danau ini dikelilingi bukit rimbun. Untuk melihat langsung dan masuk ke kawasan Danau Maninjau, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk.

Walaupun gratis, tapi tak jarang wisatawan ingin menyaksikan keindahan danau dari Kelok 44. Menempuh perjalanan dari Bukittinggi, Anda pasti akan melewati jalan berliku satu ini. Konturnya naik dan turun serta memiliki beberapa tikungan tajam. Namun, beberapa d'Traveler memilih kawasan ini sebagai tempat untuk menikmati Danau Maninjau dan pemandangan alam lainnya.

3. Pulau Sikuai (7,8 persen)

Keindahan Alam di Pulau Sikuai, Sumatera Barat, tidak perlu diragukan lagi. Pantai pasir putih, lautan biru, kecantikan bawah laut, dan kehidupan masyarakatnya akan membuat Anda jatuh cinta. Maka tak heran jika 7,8 persen d'Traveler memilih Pulau Sikuai sebagai tempat liburan favorit.

Pulau Sikuai terkletak tidak jauh dari Kepulauan Mentawai. Perjalanan ke pulau tersebut dapat ditempuh dengan boat selama 40 menit dari Padang melalui dermaga Batang Arau. Lautan biru yang menawan akan menemani Anda sepanjang perjalanan.

Hamparan pasir putih, deretan pohon kelapa, udara yang sejuk, serta pemandangan laut yang biru dan tenang akan menyambut Anda setibanya di Pulau Sikuai. Pulau seluas 40 hektar ini sungguh nyaman dan bersih. Terbukti, tidak hanya wisatawan dalam negeri, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau ini.

4. Sate Padang Mak Syukur (4 persen)

Puas berkeliling Sumatera Barat, perut pasti terasa lapar. Mumpung sedang berada tidak jauh dari Padang, tak ada salahnya untuk mampir ke Sate Padang Mak Syukur. Wisata kuliner yang satu ini dipilih d'Traveler sebanyak 4 persen.

Sebenarnya banyak sekali toko sate Padang yang tak kalah nikmatnya di Sumatera Barat, tapi Sate Padang Mak Syukur adalah yang paling terkenal dan melekat di hati d'Traveler. Konon, Sate Padang Mak Syukur sudah ada sejak tahu 1947, adalah Sutan Raja Enda sang pendiri usaha ini. Namun sejak tahun 1984 sampai sekarang, sate Padang ini dikelola oleh putra bungsunya, Syafril Syukur.

Pemilihan daging sate yang lezat berkolaborasi dengan bumbunya yang kaya akan rempah-rempah membuat panganan ini menjadi idola banyak orang. Suasana rumah makannya pun terasa nyaman. Sayangnya, saat libur atau akhir pekan tiba, Sate Padang Mak Syukur akan kebanjiran pengunjung yang mungkin saja membuat Anda terpaksa antre.

5. Lembah Harau (4 persen)

Jika belum bisa ke Grand Canyon di Amerika Serikat, maka Anda cukup datang ke Lembah Harau. Ya, banyak yang mengatakan bahwa tempat ini sebagai Grand Canyon dari Indonesia. Pemandangan tebing-tebing tingginya mampu memikat banyak wisatawan. Sebanyak 4 persen d'Traveler juga memilih Lembah Harau sebagai tempat liburan favorit mereka.

Sumatera Barat dianugerahi kecantikan alam yang luar biasa. Setelah Ngarai Sianok, masih ada Lembah Harau di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Cukup 2 jam dari Kota Padang, Anda akan diam terpana oleh keindahanya.

Lembah Harau merupakan tempat yang sejuk dan hijau. Keistimewaan tempat ini ada pada tebing-tebing tinggi yang bagaikan tembok raksasa. Tebing-tebing tersebut pun memiliki tinggi yang hampir sama dengan gedung-gedung pencakar langit di Jakarta.

Selain 5 tempat tadi, ada juga beberapa tempat liburan favorit para d'Traveler di Sumatera Barat. Di antaranya adalah Pulau Cubadak (3,5 persen), Pantai Air Manis (2,8 persen), Lembah Anai (2,8 persen), Danau Kembar (2,8 persen), Danau Singkarak (2,8 persen), dan Pantai Painan (2 persen). Begitu banyaknya destinasi wisata di Sumatera Barat, yang mana pilihan Anda?

(ptr/fay)
Ngarai Sianok, pesona yang menggagumkan (Afif/detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com