detiktravel

Toboali, Wisata Lengkap dari Kepulauan Bangka Belitung

Zulaikha - d'Traveler - Senin, 05/11/2012 13:20:00 WIB
detikTravel Community -  

Kota Toboali adalah Ibukota Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung yang kaya akan sejarah, panorama alam, dan kulinernya yang lezat. Wisatawan bisa mendapat wisata lengkap, mulai dari bangunan tua, pantai, dan kuliner.

Sejarah tak bisa menghapus jejaknya dari Kota Toboali. Tidak hanya terasi dan nanasnya yang tercium sebagai khas tanah Junjung Besaoh, tapi bangunan tua peninggalan sejarah serta eksotika pantai di ujung selatan Pulau Bangka ini adalah salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

Dari ujung Kota Toboali, terdapat bom pendek yang pada masa lalu dipergunakan sebagai pelabuhan yang sampai dengan saat ini pun masih digunakan oleh para nelayan setempat. Masyarakat setempat sering berolahraga pagi hari sambil menikmati aroma laut dan pemandangan aktivitas nelayan pada pagi hari. 

Jika beruntung Anda akan terlihat bola emas, sang matahari yang muncul di ufuk timur langit Bangka Selatan. Tak jauh dari lokasi ini juga ada kawasan Benteng Toboali peninggalan sejarah kependudukan Belanda dengan pemandangan Pantai Nek Aji yang ada di bawahnya.

Menurut sejarah benteng pertahanan ini didirikan pada tahun 1825. Saking tuanya, tempat ini juga menjadi spot foto yang digemari pengunjung kerena ada beberapa bangunan sampai dililiti akar-akar pohon besar yang tumbuh bebas di sekelilingnya.

Tahukah Anda dari mana, terasi yang paling enak dan terkenal di Bangka Belitung? Jawabannya dari Toboali. Ingin melihat proses pembuatannya, daerah Pantai Batu Perahu adalah salah satu desa yang memproduksi terasi atau belacan yang enak.

Pantai yang berpasir putih dan halus ini, dilengkapi dengan susunan batu-batu granit berukuran besar dan dilengkapi dermaga kecil tempat perahu nelayan bersandar. Selain itu, destinasi ini juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati sunset.

Jangan hanya ke tempat wisatanya, traveler wajib rasanya menikmati kuliner khas Toboali. Ada empek-empek cai yang terkenal akan kuah cukanya, juga mi kuah ikan Toboali yang tak kalah sedap, dan di sekitar Kampung Seberang jalan menuju Pantai Batu Perahu bisa kita temukan Warung Mang Kucai yang menjual makanan tradisional nan lezat ini atau ada juga beberapa warung di tengah kota.

Wisatawan bisa bertanya pada penduduk setempat, mereka sangat ramah dan bersahabat. Sehari di Toboali rasanya belum cukup, masih ada beberapa destinasi menarik lainnya yang harus dituju.

Pantai Tanjung Kerasak dan Pantai Tanjung Kemirai juga menjadi destinasi favorit tapi agak jauh dari pusat Kota Toboali. Akses ke kota ini sangatlah mudah. Selalu ada bus Jurusan Toboali-Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sebaliknya setiap 2 jam sekali. Cukup merogoh kocek sekitar Rp 25.000 per orang. Untuk akses dalam kotanya sendiri, walau tidak ada angkutan umum roda empat tapi banyak ojek yang bisa mengantar kita berkeliling.

 

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com