Ada Hermes Gratis di Jakarta!

Faela Shafa - detikTravel - Rabu, 10/10/2012 12:00 WIB
Jakarta - Hermes lebih banyak dikenal orang sebagai barang fashion. Padahal aslinya, Hermes adalah nama dewa Yunani yang patungnya bisa kita jumpai di Jakarta. Bedanya dengan tas Hermes, Hermes yang asli bisa kita nikmati gratis.

Jembatan Harmoni yang ada di Jakarta Barat menjadi rumah bagi sebuah patung dewa termuda di Olympus. Adalah Hermes, dewa dengan sayap di kaki yang terkenal sebagai pelari yang sangat cepat, menjadi penyelamat bagi banyak orang, dan bisa ke luar-masuk antar dunia. Di dunia fashion, Hermes terkenal sebagai merk tas ternama yang mewah. Ternyata, tak cuma pelaku fashion yang jatuh cinta dengan Hermes, tapi juga orang Belanda yang ada pada masa penjajahan di Indonesia.

Patung Hermes dibuat pada masa penjajahan Belanda, tepatnya pada abad ke-18. Mereka membuat patung ini sebagai lambang dari keberuntungan. Dari pantauan detikTravel yang sempat menengok sendiri patung tersebut, kini Patung Hermes sudah tidak seterkenal waktu itu.

Patung perunggu seberat 70 kg ini berdiri anggun di Jembatan Harmoni, namun tak banyak orang yang benar-benar memerhatikan patung ini. Kebanyakan orang yang lalu-lalang sudah terlalu sibuk dengan kegiatan masing-masing. Padahal, Belanda begitu mengagung-agungkan patung ini dengan meletakkannya di sentral Batavia.

Patung yang sama juga ada di Museum Fatahillah yang berada di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Bedanya, Anda harus membayar terlebih dahulu untuk bisa melihat patung ini. Patung Hermes yang bergaya klasik ini melengkapi taman belakang dari Museum Fatahillah. Letaknya tepat di sebelah tangga belakang, di depan meriam. Untuk bisa bertemu Hermes, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 dan untuk siswa, harga tiket lebih murah yaitu Rp 1.000.

Penasaran dengan patung ini? Anda bisa mengunjungi kedua tempat tersebut. Patung Hermes di Jembatan Harmoni jadi pilihan yang tepat jika Anda ingin bertemu Hermes tanpa membayar. Sedangkan Anda bisa sekalian menengok kembaran patung ini di kawasan Kota Tua, saat sedang liburan.

Promo tiket ke Bali mulai dari Rp. 712.201

Patung ini berdiri anggun di tengah jalan, namun jarang yang memerhatikan (Rengga Sancaya/detikFoto)

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Kuala Lumpur Rp. 325.001 PILIH
Jakarta Malang Rp. 709.905 PILIH

Powered by
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com