DetikTravel









Wah! Ada Kereta Super Mewah dari Singapura ke Thailand

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Jumat, 12/10/2012 16:31 WIB
Singapura - Tahukah kalau Anda bisa menyusuri Singapura sampai Thailand naik kereta Eastern & Oriental Express? Ongkosnya Rp 23 juta per orang. Namun, Anda akan dilayani dengan mewah seperti raja.

Agatha Christie pernah menulis di salah satu novelnya, "Trains are wonderful... To travel by train is to see nature and human beings, towns.. And rivers. In fact, to see life."

Novelis itu agaknya benar. Perjalanan menggunakan kereta membuat traveler lebih mengenal lanskap alam dan budaya daerah yang dipijaknya. Eits, Eropa bukan satu-satunya benua yang cocok dinikmati dari atas kereta. Benua Asia, khususnya bagian Tenggara, punya kereta mewah yang menyuguhkan pengalaman berbeda untuk wisatawan. Namanya Eastern & Oriental Express, salah satu kereta milik Orient Express yang terkenal.

Eastern & Oriental Express akan mengajak para traveler melintasi Singapura sampai Thailand, atau sebaliknya. Melewati ibukota Malaysia yakni Kuala Lumpur, mencicipi aneka kuliner Melayu di Penang, juga lanskap alam cantik seperti Cameron Highlands dan Khao Yai National Park.

Dari situs resmi Eastern & Oriental Express yang dikunjungi detikTravel, Jumat (12/10/2012), perjalanan Singapura-Thailand memakan waktu 3 hari 2 malam. Anda akan berangkat dari Woodlands Train Checkpoint, Singapura, pukul 12.15 waktu setempat.

Hari pertama, Anda akan melintasi Selat Johor menuju Malaysia. Makan siang bisa dinikmati di gerbong restoran yang mewah. Malam hari akan diwarnai dengan gemerlapnya Kota Kuala Lumpur. Melihat bangunan-bangunan modern dan gemerlap cahaya dari Menara Petronas.

Hari kedua, wisatawan akan tiba di kota tua Georgetown. Turunlah dari kereta, dan ikuti tur bangunan-bangunan bersejarah. Pemandu akan mengantar Anda ke masjid-masjid, kuil, serta gereja-gereja tua yang masih terjaga baik. Saat hari berganti malam, duduklah di pinggir jendela untuk menikmati panorama yang silih berganti. Kereta akan terus melaju ke Thailand.

Hari terakhir, Anda akan tiba di River Kwai Bridge Station. Pemandu akan menuntun Anda naik ke atas perahu untuk menyusuri Sungai Kwai Yai yang eksotis. Selama berperahu, Anda akan menyaksikan aneka peninggalan sejarah seperti jembatan dan rel kereta Thailand-Burma. Anda juga akan dibawa menuju North Temple dan Chinese Cemetery, juga Thailand-Burma Railway Centre. Perjalanan akan berakhir di Stasiun Hua Lamphong di Bangkok, pukul 16.45 waktu setempat.

Nah, kalau Anda memilih rute sebaliknya yakni Thailand-Singapura, perjalanan akan dimulai di Stasiun Hua Lamphong. Berangkat pukul 17.50 waktu setempat, wisatawan akan melakukan perjalanan selama 4 hari 3 malam. Anda akan melewati lanskap alam dan singgah di tempat yang sama dengan rute Singapura-Thailand.

Untuk menikmati perjalanan ini, Anda perlu merogoh kocek US$ 2.440 (sekitar Rp 23 juta) per orang. Harga tersebut berlaku untuk kedua rute Eastern & Oriental Express. Mahal memang, tapi harga itu sepadan dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan.

Kereta mewah ini mengangkut 125 penumpang. Ada kelas Presidential, State, dan Superior. Ada 2 gerbong restoran, juga 1 gerbong khusus untuk bar. Kereta ini juga dilengkapi beragam hiburan serta butik mewah. Dengan harga tersebut, semua akomodasi sudah ditanggung. Makan, tur dengan pemandu, juga tiket masuk ke beragam destinasi wisata.

Selain kedua rute tersebut, Anda juga bisa memilih 3 paket yang ditawarkan Eastern & Oriental Express. Ada Epic Thailand (7 hari 6 malam), Fables of the Hills (7 hari 6 malam), dan Tales of Laos (4 hari 3 malam). Harganya mulai US$ 4.000 (sekitar Rp 38 juta) per orang.

Atas kemewahan, servis, dan pengalaman menakjubkan yang ditawarkannya, Eastern & Oriental Express pernah menyandang World's Top 25 Trains dari The Society of International Railway Travelers. Inilah cara untuk menikmati keindahan Asia Tenggara dari sudut berbeda.


(sst/sst)
Bagian dalam kabin (dok. Eastern & Orient Express)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com