DetikTravel









Travel Highlight Bangkok

Rp 3,5 Juta Bisa Liburan 3 Hari 2 Malam di Bangkok

Afif Farhan - detikTravel - Kamis, 18/10/2012 10:39 WIB
Jakarta - Bangkok menjadi primadona di kawasan Asia Tenggara. Cukup dengan 3 hari dan Rp 3,5 juta saja, Anda bisa menjelajahi beragam destinasi menarik di sana. Tidur nyaman dan wisata belanja pun tidak ketinggalan. Yuk, dicatat!

Traveler dari berbagai dunia berbondong-bondong datang ke Bangkok. Mereka ingin melihat patung Buddha tidur, melihat kuil-kuil, mencoba aneka kuliner khas Thailand, dan masih banyak lagi. Anda pun bisa berkunjung ke Bangkok, dengan biaya Rp 3.500.000 dengan asumsi 1 Baht setara Rp 315.

Disusun detikTravel, Kamis (18/10/2012), berikut contoh itinerary dan biaya yang Anda keluarkan selama 3 hari 2 malam di Bangkok. Itinerary ini disusun dengan asumsi keberangkatan dilakukan pada Jumat sampai Minggu. Biaya ini belum termasuk belanja oleh-oleh dan menonton pertunjukan kabaret:

Hari 1, Jumat:

Ada baiknya Anda melakukan keberangkatan di pagi hari. Hal tersebut dapat memberikan Anda waktu untuk lebih lama jalan-jalan di Bangkok saat tiba nanti. Keberangkatan ke Bangkok dapat menggunakan maskapai penerbangan misalnya saja AirAsia dengan biaya sekitar Rp 1.293.000, atau maskapai murah lain pilihan Anda. Untuk AirAsia, maskapai ini berangkat pada pukul 07.20 pagi hari dan tiba pada pukul 10.45 waktu setempat.

Pesawat ke Bangkok bisa mendarat di Suvarnabhumi atau Don Mueang. Jika Anda mendarat di Bandara Suvarnabhumi, Anda bisa akan melanjutkan perjalanan dengan Airport Rail Link City Line ke Phaya Thai Station, biayanya sekitar 45 Baht. Setelah itu, Anda melanjutkan perjalanan dengan naik bis 59 atau 79 untuk menuju Rachadamnoen Klang Road, biayanya sekitar 120 Baht. Lalu Anda akan berjalan kaki ke kawasan Khao San, yang memiliki banyak penginapan murah.

Tak hanya itu, di sini juga terdapat banyak rumah makan, toko-toko, dan masih banyak lagi. Tak heran, Khao San menjadi tempat favoritnya para backpacker. Salah satu penginapan murah di sini adalah Sawasdee Welcome Inn. Harganya cukup murah, sekitar 500 Baht per malam. Dengan catatan, tidak mendapatkan sarapan. Fasilitas listrik, kasur yang nyaman, dan kamar yang bersih akan Anda temukan di sini.

Setelah check in, kini saatnya mengisi perut. Banyak sajian makanan di kedai-kedai makanan dikawasan ini. Ada Tom Yum, Pad Thai, dan masih banyak lagi aneka menunya. Untuk bujet makan, 50 Baht sudah cukup untuk membuat perut kenyang selama Anda di Bangkok untuk satu kali makan.

Perjalanan kemudian dilanjutkan menuju Wat Pho. Dengan jalan kaki selama 15 menit, Anda akan tiba di kuil yang mempunyai patung Buddha tidur. Patung ini sungguh besar, dilapisi emas, dan sangat terkenal di kalangan traveler. Dengan tiket masuk sekitar 20 Baht, Anda bisa berfoto bersama patung Buddha tidur tersebut. Ingat, pakaian Anda harus sopan saat berkunjung ke sini.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju Wat Arun. Dari Wat Pho, naik ferry penyeberangan ke kuil tersebut. Ongkosnya sekitar 7 Baht saja. Wat Arun memiliki pagoda dan arsitektur yang indah. Saat malam tiba, kuil ini terlihat bercahaya dan sangat cantik. Dijamin, Anda akan diam terpesona! Tiket masuk ke dalam tempat ini sekitar 50 Baht.

Setelah itu, ada satu lagi tempat wisata yang spesial untuk menutup malam Anda. Tempat tersebut adalah Asiatique yang terletak di kawasan Chanroenkrung. Anda dapat naik boat dari Tha Tien Pier menuju Sathon Pier, dengan biaya sekitar 15 Baht. Lalu naik shuttle boat yang disediakan untuk tiba di Asiatique.

Asiatique adalah tempat nongkrong favorit di Bangkok. Di sini terdapat beragam kedai makanan, mulai dari Asia hingga Eropa, toko pakaian, dan juga toko-toko suvenir. Selain itu, terdapat juga pertunjukan kabaret yang ditampilkan oleh para ladyboy alias waria khas Thailand yang berjudul Calypso Bangkok. Untuk menontonnya, Anda harus merogoh kocek sekitar 1.200 Baht. Terserah Anda, kalau mau hemat tidak usah menonton.

Setelah itu, kini saatnya kembali ke hotel. Perjalanan pulang ke dermaga Phra Arthit dengan biaya yang sama, akan dilanjutkan dengan naik tuktuk seharga 40 Baht.

Hari 2, Sabtu:

Setelah sarapan, kini saatnya melanjutkan perjalanan kembali. Grand Palace adalah tempat selanjutnya yang wajib didatangi saat di Bangkok. Dari penginapan di Khao San, cukup berjalan kaki untuk tiba di istana kerajaan tersebut. Bangunan-bangunan di dalam Grand Palace, seperti Wat Phra Kaew, Royal Reception Halls, dan masih banyak bangunan lainnya akan membuat Anda takjub.

Tiket masuk ke dalam tempat ini sekitar 500 Baht. Biasanya tiket tersebut merupakan tiket terusan untuk berkunjung ke Vimanmek Mansion. Oleh sebab itu, jangan membuang potongan karcis Anda. Grand Palace merupakan tempat yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Objek wisata ini juga menjadi incaran para fotografer. Selain itu, ada juga aneka kuliner di sekitar Grand Palace untuk mengisi perut Anda.

Kini saatnya menuju Vimanmek Mansion. Dari dermaga The Chang, Anda cukup merogoh kocek sekitar 15 Baht menuju dermaga Tha Thewet dan berjalan selama 15 menit ke Vimanmek Mansion. Tempat ini adalah salah satu bangunan dari kayu jati yang terbesar di dunia. Wow!

Ukiran kayu jati dan arsitekturnya yang bergaya Eropa akan menyihir Anda. Tak hanya itu, koleksi-koleksi dari Raja Rama V di dalamnya akan membuat Anda takjub. Koleksi tersebut umurnya sudah mencapai ratusan tahun, ada nielloware, sutra Thai dengan berbagai desain unik, dan aneka perhiasan.

Setelah menjelajahi Vimanmek Mansion, kini saatnya melanjutkan perjalanan ke National Museum. Dengan menyewa tuk-tuk sekitar 40 Baht, Anda akan tiba di museum ini. National Museum memamerkan berbagai benda-benda bersejarah yang bernilai dan mengandung nilai historis tinggi. Museum ini juga mengenalkan sejarah perkembangan kerajaan Thailand.

Di dalamnya, pengunjung bisa menemukan koleksi senjata, emas, boneka, keramik, tekstil, hingga batu-batu langka peninggalam masa terdahulu. Dengan biaya 40 Baht, Anda akan ditemani pemandu yang bisa berbahasa Inggris untuk menjelaskan isi dan koleksi museum kepada Anda. Seru!

Setelah itu, kini saatnya wisata belanja. Dari kawasan Khao San, ada bis no 4 yang akan mengantar Anda ke Chatuchak Weekend Market. Harganya cukup 17 Baht saja. Siapkan uang Anda untuk berbelanja dan jangan lupa menyimpan barang-barang berharga setibanya di sana.

Chatuchak adalah pasar akhir pekan yang terkenal di Bangkok. Inilah surga belanja para wisatawan. Anda dapat menemukan banyak aneka oleh-oleh di sana, mulai dari kaos, jaket, tas, hingga suvenir yang lengkap. Harganya pun sangat miring, mulai dari 20 hingga ratusan Baht. Ada baiknya Anda membuat daftar barang-barang yang dibeli. Sebabnya, barang-barang di sini sungguh menggoda!

Setelah wisata belanja, kini saatnya kembali ke hotel. Anda dapat menyewa tuk-tuk sekitar 100 Baht untuk kembali ke penginapan. Malamnya, kawasan Khao San menjadi tempat kumpulnya backpacker. Habiskan malam Anda di sini dan bertemulah dengan berbagai macam backpacker dari belahan dunia.

Hari 3, Minggu:

Kini, saatnya untuk pulang. Biasanya, pesawat yang Anda tumpangi untuk pulang memiliki jam keberangkatan yang sama saat berangkat. Anda harus bangun lebih pagi, karena pesawat akan take off pukul 11.25 waktu setempat. Pagi harinya, Anda bisa berjalan-jalan menikmati Khao San dan berpamitan dengan teman-teman backpacker Anda. Untuk mengejar waktu, Anda bisa menyewa taksi sekitar 400 Baht untuk tiba di bandara. Selamat tinggal Bangkok!

Itulah itinerary dan biaya yang akan Anda habiskan selama 3 hari 2 malam di Bangkok. Sebaiknya, Anda rajin-rajin mencari tiket pesawat yang murah melalui promo dari beberapa maskapai. Hal ini akan sangat menekan biaya pengeluaran. Selamat berlibur di Bangkok!


(aff/fay)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com