DetikTravel









Wow! Aneka Keris Keren Dikumpulkan di Museum Nasional

Desi Puspasari - detikTravel - Kamis, 25/10/2012 09:01 WIB
Untuk kali pertama, Festival Keris Kamardikan diadakan. Aneka keris spesial dari seluruh pelosok Indonesia ini, dipamerkan di Museum Nasional, Jakarta Pusat. Acara ini bisa jadi alternatif akhir pekan bersama keluarga.

"Tentu saya merasa bangga dengan beragam budaya, ciri khas, dan tradisi unik Indonesia. Dengan adanya pameran serta festival keris seperti ini, sangat diharapkan bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri pada generasi muda," tutur Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, dalam pembukaan Festival Keris Kamardikan di Museum Nasional, Jl Merdeka Barat, No 12, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2012) malam.

Ini adalah kali pertama Festival Keris Kamardikan digelar. Festival ini pun akan berlangsung sejak tanggal 24 sampai 31 Oktober 2012.

Keris Kamardikan merupakan keris yang dibuat setelah era kemerdekaan Indonesia. Selain untuk senjata, keris juga menjadi barang pusaka. Senjata khas Indonesia ini memang bukan sekadar sebilah pisau. Terdapat sebuat kekuatan yang menyatu dalam jiwa dan raga selama proses pembuatannya.

Sejak tahun 2008 keris sudah masuk dalam warisan budaya tak benda UNESCO. Mengikuti perkembangan zaman, keris juga mulai mengalami perkembangan dan perlu diketahui oleh khalayak umum di dunia. Hal ini pun dilakukan, agar warisan budaya ini tidak mengalami kepunahan di makan zaman.

"Keris bisa terus berkembang melalu festival dan pameran seperti ini. Tidak hanya satu kali, acara seperti ini tentu sangat memungkinkan untuk dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya," kata Wiendu dalam kesempatan yang sama.

Dalam festival yang mengusung tema Kebangkitan Kembali Kejayaan Keris Indonesia, menampilkan berbagai macam jenis keris dari seluruh Indonesia, lomba keris, seminar, bursa keris, serta tata cara pembuatan keris. Festival ini pun terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.

Di festival ini, wisatawan bisa melihat foto-foto pembuatan keris dan keris dari masa ke masa, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan keris, beragam koleksi keris yang berasal dari seluruh Indonesia, 200 bilah keris Kamardikan serta juara 1, 2, 3, dan 10 besar keris yang mendapatkan Anugerah Hadiwidjojo Prayogo, hingga cara penyelesaian keris juga bisa wisatawan lihat secara langsung.

Tidak hanya pecinta ataupun penggemar keris dari Indonesia yang berpartispasi mengikuti festival ini. Beberapa negara sahabat, seperti Malaysia dan Belanda juga turut andil dalam meramaikan acara ini.

Alunan gamelan khas Jawa siap menyambut dan mengantarkan pengunjung selama berada di area pameran. Di sebelah kiri sebelum ruang pameran utama, Anda bisa mampir ke stand Padepokan Keris Brojobuwono.

Di stand ini, wisatawan disuguhkan puluhan jenis keris koleksi padepokan, pertunjukan langsung proses pembuatan warangka (sarung keris), hulu, dan mewarangi (penghalusan keris), dan pemutaran film tentang keris Indonesia. Jika tertarik untuk mempelajari dan melihat lebih banyak jenis keris, bisa langsung datang ke Museum Nasional, mulai pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB.

(ptr/fay)
Keris yang mendapat Penghargaan Hadiwidjojo Prayogo 2 (Desi/detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com