DetikTravel









Travel Highlight

Malang Punya Masjid Paling Nyentrik di Indonesia

Dicky Ardian - detikTravel - Kamis, 25/10/2012 17:28 WIB
Siapa sangka kalau masjid paling nyentrik se-Indonesia ada di Malang. Percampuran gaya India Mughal dan Timur Tengah, membuat masjid milik pesantren Salafiah, Malang, Jatim ini terlihat unik dan berbeda.

Membuat masjid dengan gaya dan arsitektur terbaik, sudah menjadi peraturan tak tertulis bagi umat muslim. Hal ini pun dilakukan sebagai rasa syukur kepada Allah SWT, atas berkah dan rezeki yang diberikan.

Seperti halnya masjid milik Pondok Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah di Malang, Jawa Timur. Rumah ibadah umat Islam ini dibuat dengan gaya arsitektur yang berbeda dari masjid umumnya. Bentuknya yang megah serta desain arsitektur yang terlihat rumit, tak jarang membuat traveler yang datang terkagum-kagum.

Nyentrik dan unik, begitulah pelancong mendeskripsikan Masjid Pondok Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah. Mereka yang datang juga sepakat kalau arsitektur masjid ini tidaklah mudah.

Dalam situs resmi Pondok Pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang detikTravel kunjungi, Kamis (25/10/2012), secara keseluruhan bentuk bangunan pesantren ini bergaya India sampai Timur Tengah. Ponpes 10 lantai ini berada di Jalan KH Wahid Hasyim Gang Anggur No 10, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur.

Saat memasuki lokasi pesantren, pelancong harus melewati gerbang raksasa bergaya India. Selanjutnya, Anda akan melewati sebuah serambi yang berbentuk seperti gua. Seluruh dinding di ruangan ini pun dilengkapi dengan stalaktit.

Masuk ke dalam ruang salat, kembali wisatawan dikejutkan dengan desain interior yang tak biasa. Hampir seluruh bagian ini dihiasi dengan ukiran dan kaligrafi nan cantik.

Sebuah mimbar untuk khatib dengan desain yang mewah terpampang di salah satu sisi ruangan ini. Layaknya kursi seorang raja, kursi imam di masjid ini juga menjadi salah satu yang paling keren dan mengagugumkan.

Jangan salah! Kemegahan serta keindahan arsitektur masjid dan pesantren ini bukan tercipta dari ide seorang arsitek, lho. Seluruh ide, gaya, bentuk, dan arsitektur Masjid Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah tercipta berkat salat istikharah sang pemilik pesantren, KH Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al Mahbub Rahmat Alam.

Ingin melihat bentuk yang bervariatif lagi? Wisatawan bisa masuk ke dalam pesantren. Setiap lorong di bangunan ini punya desain yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, hampir seluruh bangunan masjid ini dibuat dengan keramik warna-warni. Warna yang paling terlihat mencolok, seperti warna hijau, biru tua, dan lain-lain.

Mulai dari bentuk gua sampai detil gaya klasik masjid ini, semuanya bisa wisatawan lihat. Tak heran, setelah masuk ke salah satu bagian pesantren, pelancong yang keluar dan dipenuhi ekspresi takjub.

Kerennya lagi, semua konsep yang diterapkan di bangunan pesantren 10 lantai ini tidak mengikuti konsep bangunan manapun. Oleh karena itu, semua desain ruangan di Pesantren Salafiyah, Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah tidaklah sama antara satu dengan lainnya.

Kini wisatawan dan masyarakat umum bisa menikmati secara langsung keindahan, keunikan, serta kemegahan masjid dan pesantren ini. Semua orang bisa masuk ke tempat ini. Tapi, jangan lupa jaga sopan santun ya!

(ptr/fay)
Gerbang yang megah di depan Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri 'Asali Fadlaailir Rahmah (ponpesbibaafadlrah.or.id)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com