detiktravel

Di Bangkok, Ada Patung Buddha Tidur dengan 336 Lapis Emas

Sari Suwito - d'Traveler - Rabu, 13/02/2013 08:54:00 WIB
detikTravel Community -  

Wat Pho dan Wat Arun di Bangkok, wajib masuk dalam daftar perjalanan di Thailand. Patung Buddha tidur dengan 336 lapis emas 18 karat di Wat Pho, menjadi daya tarik yang sangat mengagumkan.

Beberapa bulan lalu, saya berkesempatan jalan-jalan ke Bangkok, Thailand. Hal yang terpendam di benak saya sejak berangkat dari Jakarta adalah kuilnya yang banyak, Sungai Chao Phraya dan shopping mall. Tak sabar rasanya, untuk sampai di Bangkok dan langsung berkeliling.

Tak mau rugi dengan keterbatasan waktu, maka saya maksimalkan satu hari penuh berkeliling Bangkok. Pagi itu, saya memulai perjalanan dengan naik express boat di Sungai Chao Praya. Express Boat berangkat dari belakang Hotel Royal Orchid Sheraton.

Tak berapa lama, sampailah kami di pemberhentian nomor 8, yaitu Tha Tien. Turun dari kapal, kami harus sedikit berjinjit karena air sungai menggenangi jembatan penghubung ketepian sungai. Tak jauh dari pemberhentian kapal ini pun terdapat komplek Wat Pho.

Saya begitu takjub, ketika memasuki area Wat Pho ini. Pagoda-pagodanya begitu indah. Lebih takjubnya lagi adalah ketika melihat bangungan di dalamnya. Terdapat Reclining Buddha atau Patung Buddha tidur.  

Perlu diketahui, untuk masuk ke dalam kuil yang ada patung Buddha tidurnya, wisatawan wajib melepas alas kaki dan berpakaian sopan. Jangan khawatir alas kaki Anda hilang, karena petugas akan membagikan kantong kain untuk menyimpannya. Ada juga yang meminjamkan jubah untuk traveler yang memakai celana pendek.

Setelah masuk, traveler akan disambut dengan bagian kepala Buddha yang menjulang tinggi. Buddha tidur ini, panjangnya sekitar 46 meter dan tinggi 15 meter. Patung ini pun terlihat sangat memesona dengan kilauan emasnya. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 336 lapisan emas 18 karat menyelimuti seluruh patung ini.

Karena sempitnya ruangan, maka agak sulit bagi turis untuk mengambil gambar patung Buddha keseluruhan. Jadi, Anda harus pandai-pandai mencari sudut untuk mengambil gambar. Sehingga Anda bisa berfoto dengan latar seluruh patung Buddha tidur ini.

Selain kilauan emasnya, perhatikanlah bagian kaki patung Buddha Tidur ini. Di telapak kakinya yang memiliki panjang 3 m, terdapat 108 simbol karakteristik Buddha yang juga dikenal dengan 'laksanas'. Tak jarang, tampak beberapa turis mencoba memegang bagian jari kaki Patung Buddha. Entah untuk tujuan apa, mungkin semacam kepercayaan supaya mendapat keberuntungan kali ya?

Di bagian belakang patung ini pun terdapat beberapa tabung kecil. Letaknya berderet di tepi dinding. Fungsi tabung-tabung ini untuk meletakkan sumbangan berupa uang-uang koin.

Setelah keluar dari kuil yang berisi patung Buddha ini, Anda dapat melihat bagian lain dari kuil ini. Pada bagian tersebut berisi puluhan patung Buddha dengan berbagai posisi tangan.

Wat Pho berlokasi di Maharat Road, atau tepian sungai Sungai Chao Phraya. kuil ini buka pukul 08.00-17.00 waktu setempat setiap harinya. Dengan tiket masuk sebesar 100 Baht atau sekitar Rp 32 ribu per orang.

Tak jauh dari Wat Pho, terdapat Wat Arun yang tampak tinggi menjulang. Untuk menuju Wat Arun yang terletak di seberang sungai, Anda bisa naik kapal ferry dengan membayar 4 Baht (Rp 1.300). Untuk masuk ke area Wat Arun, pelancong dikenakan biaya tiket sebesar 50 Baht (Rp 16.000).

Wat Arun atau yang juga dikenal dengan Temple of Dawn adalah salah satu bangunan yang menjadi ikon Kota Bangkok. Ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Kuil ini terletak di tepi barat sungai Chao Phraya di Thon Buri.

Kuil ini dikelilingi oleh menara-menara kecil yang disebut Phra Prang. Pengunjung juga bisa naik ke atas kuil dengan mendaki anak tangga yang cukup curam.

Keliling Kota Bangkok di Thailad memang melelahkan. Tapi, perjalanan itu sangat seru. Terlebih keindahan Wat Pho dan Wat Arun yang mengagumkan. Adapun destinasi lain yang bisa didatangi, yakni China Town dan The Platinum Fashion Mall.

Karena terbatasnya waktu, saya tak sempat mengelilingi Wat Pho dan Wat Arun secara keseluruhan. Semoga suatu saat bisa kembali lagi dan berkunjung ke tempat ini.

Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com