detiktravel

Berburu Ala Suku Halmahera Barat

Jejak Petualang TRANS7 - d'Traveler - Rabu, 31/10/2012 16:15:00 WIB
detikTravel Community -  

Dalam perjalanan ke Halmahera Barat, Vika fitriyana melihat perburuan sogili ala Suku Tabaru. Rimbunnya hutan Halmahera Barat membuat kuskus maluku masih bisa ditemui di sini, hewan khas Maluku Utara.

Inilah serunya berpetualang ala Suku Tabaru, dapat mempelajari keahlian-keahlian yang dimiliki oleh beragam suku di Indonesia. Kali ini Vika Fitriyana akan mengikuti perburuan suku Tabaru di pedalaman Halmahera Barat.

Suku Tabaru tinggal di lereng Gunung Ibu, membuat petualangan kali ini penuh dengan tantangan. Apa lagi Gunung Ibu ini merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga kini.

Bersama dengan Suku Tabaru, Vika melihat keseharian mereka mencari asupan protein yang bersumber dari belut marmer. Warga setempat menyebutnya dengan sebutan sogili. Warga Tabaru biasa menangkapnya dengan menggunakan perangkap bubu.

Rimbunnya hutan Halmahera Barat memberikan kesempatan berharga lainnya, yaitu dapat melihat kuskus liar di alamnya. kuskus Maluku termasuk binatang endemik Indonesia. Penyebarannya meliputi Maluku Utara, termasuk Pulau Halmahera, Bacan, dan Morotai. Kuskus sering terlihat di ketinggian 100 meter dari permukaan laut.

Puas melihat satwa di darat, saatnya sedikit berbasah-basahan untuk melihat satwa di laut. Apa lagi kalau bukan melihat satwa populer, clown fish! Ikuti petualangan Vika Fitriyana di Halmahera Barat dalam Jejak Petualang episode 'Berburu Ala Suku Tabaru'.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com