Pantai Rahasia dari Kebumen

Ken Zuhri - d'Traveler - Rabu, 14/11/2012 09:08:00 WIB
detikTravel Community -  

Indonesia tak pernah kehabisan pantai cantik yang tersembunyi. Pantai Menganti di Kab Kebumen, Jawa Tengah punya pasir putih dan panorama dahsyat dari balik bukit. Pantai ini menjadi rahasia kecantikan alam Kebumen.

Kebumen merupakan salah satu kabupaten yang berada di sebelah selatan Jawa Tengah. Kabupaten yang berbatasan dengan Cilacap dan Purworejo ini mungkin masih asing di telinga treveler.

Padahal, di sini banyak potensi alam dan keindahan alam yang wajib dikunjungi, dilihat, serta dinikmati oleh para treveler. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pantai Menganti.

Pantai Menganti berada di Kecamatan Ayah, Kab Kebumen, Jateng. Lebih tepatnya lagi, pantai ini berada di barat daya Kecamatan Gombong atau sekitar 30 sampai 50 menit perjalanan bila menggunakan sepeda motor.

Pantai berpasir putih yang terletak di balik bukit ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Pantai ini berbentuk teluk, dihiasi dengan kombinasi pasir putih, batuan karang, serta ombak yang tak terlalu besar seperti pantai di selatan Jawa pada umumnya.

Dengan tiket masuk seharga Rp 2.500, Anda sudah dapat menikmati keindahan pantai ini. Di pantai itu juga ada tempat pelelangan ikan. Bila Anda ingin membeli ikan, bisa membeli di situ, langsung dari nelayan dengan harga yang sangat terjangkau. Serunya lagi, bila naik bukit di sebelah timur pantai itu, Anda dapat melihat pantai di sebelahnya yang masih belum tersentuh.

Akses menuju Pantai Menganti masih terbilang cukup susah. Bukan hanya disebabkan oleh medan yang terjal dan berliku, tak ada kendaraan umum yang mengarah ke sana. Jadi bila Anda ingin berkunjung ke pantai itu, bisa memanfaatkan jasa tukang ojek. Namun, bila Anda menggunakan mobil pribadi disarankan untuk berhati-hati karena lebar jalannya hanya sekitar 4 sampai 5 meter saja.

Poin pertama untuk menuju Pantai Menganti, bila belum mengetahui daerah Kebumen, Anda harus menuju ke Gombong terlebih dahulu. Tapi, bila menggunakan kereta Anda bisa turun di Stasiun Gombong.

Bagi traveler yang menggunakan bus, bisa turun di dekat pos polisi dekat Pasar Gombong, ini untuk memudahkan Anda mendapatkan ojek. Saya sarankan Anda bisa sampai di Gombong sore atau malam hari dan menuju Pantai Menganti pada pagi harinya.

Sebagai referensi untuk penginapan, ada beberapa hotel di daerah Gombong yang bisa traveler jadikan tempat menginap. Berikut beberapa di antaranya ada di Jl Yos Sudarso Barat No 565, Jl Yos Sudarso Barat 559, Jl Pemuda 13, dan Jl Yos Sudarso, Wero-Gombong.

Selanjutnya, poin kedua yang perlu diperhatikan adalah 3 jalur yang bisa digunakan. Pertama, melewati Pantai Karangbolong, kedua melewati pertigaan Polsek Buayan ke arah Jatijajar, dan ketiga melewati pertigaan Rowokele arah terowongan Ijo dan Pantai Logending.

Ketika berangkat, saya menyarankan untuk menggunakan jalur ke dua. Ya, karena Anda bisa melihat pemandangan berupa bukit-bukit dengan pepohonan dan tambang kapur tradisional di kanan dan kiri jalan itu. Saat menuju ke barat dari Pasar Gombong, setelah melihat pertigaan ke selatan (kiri) menuju Pantai Karangbolong Anda ambil kiri terus sampai Polsek Buayan di kanan jalan ada pertigaan dan Anda bisa ambil kanan.

Anda akan melewati bukit bukit kapur di daerah Buayan. Setelah turun dari bukit itu dan menjumpai pertigaan, silakan ambil kiri ke arah Pantai Logending. Selanjutnya, teruskan perjalanan sampai Anda menjumpai pertigaan Pasar Logending kemudian kembali ambil kiri.

Teruskan perjalanan dan lihat ke kanan, Anda akan melihat Pantai Logending. Setelah melewati Pantai Logending Anda akan disambut lagi oleh tanjakan dan tikungan. Saya sarankan, Anda untuk melihat ke arah kanan dan kiri untuk menikmati pemandangan.

Kurang lebih 2 sampai 5 menit dari tanjakan pertama, Anda akan melihat Pantai Logending dari atas bukit. Teruskan perjalanan Anda, setelah pertigaan kedua Anda bisa mengambil arah ke kanan. 

Ingat! Anda harus jeli, terkadang jalan ini suka terlewat. Setelah itu, Anda akan memasuki pos tiket masuk Pantai Menganti. Belum selesai perjuangan, Anda harus melewati turun terjal agar bisa sampai ke pantai itu. Tapi Anda pasti akan terbayar oleh keindahan Pantai Menganti.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Menganti, wisatawan bisa pulang menggunakan jalur yang berbeda. Dari pertigaan tadi, Anda bisa lurus terus dan ikuti jalan sampai ke Karangbolong dan lanjut ke arah Gombong.

Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com