detiktravel

Ini Dia Harta Karun Paling Heboh di Indonesia

Faela Shafa - detikTravel - Selasa, 13/11/2012 07:20 WIB
Jakarta - Pada 2010, pemerintah Indonesia bersengketa dengan pemburu harta karun Michael Hatcher, soal harta dari kapal karam Tek Sing yang bernilai triliunan rupiah. Harta karun paling heboh itu kini bersemayam di Museum Nasional.

1822 Adalah tahun naas bagi Kapal Tek Sing dari China. Kapal megah ini tenggelam bersama muatannya yang berharga di perairan Bangka Belitung. 177 Tahun kemudian, seorang pemburu harta karun asal Australia pun menjadi pemburu harta karun kapal tersebut.

Berdasarkan data dari Museum Nasional, Tek Sing adalah kapal China berbobot 1.000 ton dengan ukuran 50x10 meter. Sebuah majalah Jerman, Der Spiegel pun menyebut kapal ini sebagai "Titanic abad ke-19". Besarnya kapal ini diikuti dengan banyaknya barang yang diangkutnya.

Namun Dewi Fortuna sedang tidak berpihak pada kapal ini. Sehingga pada perjalanannya di Laut China Selatan, kapal Tek Sing tenggelam. Kapal ini menabrak sebuah karang di Selat Gelasa, Bangka Belitung. Seratus tahun kemudian, kisah kapal karam ini terdengar hingga telinga seorang Australia yang berkebangsaan Inggris bernama Michael Hatcher.

Tahun 1999, Hatcher menyewa beberapa arkeologi mancanegara untuk mempelajari arsip-arsip VOC. Berbekal informasi tersebut, mereka pun menyelam di perairan Bangka Belitung dan menemukan harta karun yang nilainya ditaksir hingga 30 juta dolar AS.

Dalam perburuan harta karun tersebut, Hatcher menemukan sekitar 1 juta potong keramik dari abad ke-18 dan 19. Ia juga menemukan meriam, barang-barang kuningan dan perunggu, jam saku, wadah tinta, dudukan lilin, pisau lipat, uang dan lain-lain. Seluruh harta karun ini kemudian dilelang di Balai Lelang Nagel di Stuttgart, Jerman.

Pelelangan yang berlangsung tahun 2000 itu mendapat atensi masyarakat dunia karena dianggap sebagai penemuan besar. Dalam pelelangan tersebut, dibuatlah replika Kapal Tek Sing yang dipasang di tengah Stasiun Stuttgart. Kemeriahan ini sayangnya tidak berhembus hingga ke Indonesia. Next

Promo tiket ke Bali mulai dari Rp. 542.500

Ini juga harta karun Tek Sing (Shafa/detikTravel)
Halaman 12

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Sydney Rp. 2.460.161 PILIH
Jakarta Makassar Rp. 725.601 PILIH

Powered by
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com