detiktravel

Dream Destination Papua

Di Papua, Gak Gaul Kalau Belum Ngunyah Buah Pinang!

Anisa Mardiani - d'Traveler - Rabu, 28/11/2012 15:33:00 WIB
detikTravel Community -  

 

Hampir semua warga Papua tergila-gila dengan buah ini. Dari orang tua sampai anak muda, semua sangat suka mengunyah buah pinang. Pokoknya, gak gaul kalau belum ngunyah pinang di Papua.

Buah pinang digandrungi masyarakat Papua dari semua generasi. Tak hanya generasi tua, tapi anak mudanya juga suka mengonsumsi pinang. Bentuk buahnya kecil, sebesar ibu jari, dan berwarna hijau.

Mely, salah satu warga Papua berkata, sebenarnya makan buah ini adalah kebiasaan asli warga Jayapura. Kemudian menjadi kebiasaan sebagian besar orang Papua, sampai sekarang.

"Pinang itu makanan gaulnya orang Papua," kata Roberth Sarwom Salah, warga asli Papua yang bekerja di bagian Superintendent Reclamation Research Development PT Freeport Indonesia.

Cara menikmati buah yang pohonnya mirip kelapa ini cukup sederhana. Tinggal dikunyah, bahkan bisa langsung dikonsumsi berbarengan dengan kapur sirih. Buah pinang juga bermanfaat menguatkan gigi dan rahang. Efek lain yaitu lidah, gigi sampai air liur akan berwarna merah setelah mengunyah buah ini.

Buah pinang sangat mudah di dapatkan di Papua. Di setiap pasar pasti ada pedagang yang menjual buah pinang. Harganya pun cukup murah, hanya Rp 5.000 saja untuk beberapa buah pinang dan sirihnya.

Dream Destination Papua adalah program yang diselenggarakan oleh detikTravel, myTrans dan PT Freeport Indonesia. Selama 12 hari, 3 pemenang yaitu Keken, Anisa dan Husni akan menjelajah Papua dari Timika, Jayapura, sampai Merauke. Simak terus perjalanan mereka di situs perjalanan kesayangan Anda, detikTravel.

 

Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com