detiktravel

Dream Destination Papua

Tuan Tanah, Penjaga Gaib Pohon-Pohon di Papua

Anisa Mardiani - d'Traveler - Jum'at, 30/11/2012 18:30:00 WIB
detikTravel Community -  

Keasrian tanah Papua dijaga oleh Tuan Tanah, makhluk gaib penjaga pohon. Siapa berani merusak dan menebang pohon, akan terkena ganjarannya. Hati-hati!

Tuan tanah adalah sebutan bagi orang Papua untuk makhluk gaib atau hantu yang menjaga pohon. Pohon yang biasa ditempati tuan tanah adalah pohon beringin. Setiap orang harus menghormati setiap pohon yang ada.

"Tidak boleh kencing sembarangan di pohon, tidak boleh sembarangan menebang pohon, kalau sembarangan nanti bisa kena musibah dari tuan tanah," ucap Mama Leony salah satu wanita dari suku Kamoro, dengan logat Papuanya yang kental.

Jika ada salah seorang yang tidak bekelakuan baik pada suatu pohon, kemungkinan besar tuan tanah akan marah dan akan memberikan musibah pada orang tersebut. Bahkan bisa membuat orang itu meninggal dunia. Orang yang terkena musibah biasanya sering sakit sakitan, bahkan bisa saja kerasukan oleh tuan tanah itu sendiri.

Salah satu cara mencegah supaya tidak terkena musibah, yang harus dilakukan adalah memberi makan pada tuan tanah. Juga tidak meperlakukan pohon dengan seenaknya, seperti kencing sembarangan pada pohon dan tidak mengucap kata-kata kotor pada pohon tersebut. Jika tuan tanah tidak segera diberi makan ketika seseorang itu terkena musibah, kemungkinan orang tersebut bisa sakit-sakitan terus menerus yang berujung dengan meninggal dunia.

Makanan yang biasa diberikan pada tuan tanah adalah uang logam, pinang, rokok, tembakau atau lempeng sebutan bagi orang Papua. Makanan itu diletakan di bawah pohon, dan uang logam tersebut harus dimasukan di dalam tanah.

Sudah ada beberapa orang yang sakit-sakitan, bahkan sampai meninggal setelah menebang pohon sembarangan tanpa memberi makan tuan tanah. Wujud dari tuan tanah memang tidak dapat terlihat. Warga suku pedalaman menganggap bahwa tuan tanah merupakan roh leluhur mereka yang sudah lama meninggal sebelumnya dan bersemayam pada pohon-pohon yang ada.

Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com