DetikTravel









Laporan dari Thailand

Mancing Ikan Sebesar Anjing!

Fitraya Ramadhanny - detikTravel - Selasa, 27/11/2012 08:36 WIB
Apa saja yang dikasih embel-embel 'Bangkok' ukurannya lebih jumbo dari biasanya. Bagaimana dengan pemancingan ikan 'bangkok' di Bangkok, Thailand? Siap-siap saja dapat ikan air tawar sebesar anjing.

Kota Bangkok punya objek wisata pemancingan bernama Bungsamran. Sangat ngetop untuk orang Bangkok, namun belum banyak terdengar oleh wisatawan asing.

Bungsamran beralamat di Soi Nawanin 42 Yaek 27, Desa Suwanniwet, Khlong Kum, Bangkok. Ini sudah agak ke pinggir kota Bangkok dan hanya sekitar 2 km dari Saphan Sung, daerah persembunyian Nunun Nurbaetie yang saat itu diburu KPK.

detikTravel datang ke Bungsamran pada Minggu (25/11/2012) lalu. Bungsamran konsepnya sama saja seperti tempat sejenis di Indonesia. Ada rumah makan, dengan kolam pemancingan. Tamu makan lesehan di saung-saung sambil menikmati pemandangan kolam dan orang memancing.

Tempat seperti ini banyak bertebaran di Jabotabek. Namun kalau mau dibilang, keunggulan Bungsamran adalah ukuran ikan air tawarnya, yang menyamai ukuran ikan air laut. Tempat yang dibuka 9 April 1984 ini punya 2 ikan air tawar terbesar yaitu Giant Mekong Delta Catfish dan Araipama!

Suasana di Bungsamran ramai tapi tidak penuh juga. Jejeran panjang kolam dipenuhi para pemancing. Mereka yang tidak memancing, biasanya keluarga, makan di saung lesehan. Ada juga beberapa bungalow di tepi kolam yang disewakan. Dinding rumah makan penuh dengan foto pemancing memeluk ikan sebesar anjing.

Beruntung saat saya datang, ada pemancing yang berhasil mendapatkan Catfish raksasa dari Sungai Mekong tersebut. Sebelumnya selama 15 menit, sang pemancing berusaha menaklukan si ikan. Hup! Ikan raksasa itu diangkat ke pinggir kolam. Ya ampun! Ukurannya sebesar anjing yang sedang berbaring.

Karena ini memancing untuk hobi, jadi setelah memancing ikan pun dilepas kembali. Lagipula, dapat ikan sebesar itu mau dimakan seperti apa, bingung juga kan?

Nah, selain catfish yang jumbo, Bungsamran masih punya ikan-ikan lain yang ukurannya tidak terlalu besar. Ada ikan mas, gurame, barramundi, ikan aligator dan ikan nila.

Kelemahan tempat ini adalah lokasinya yang bukan di tengah kota Bangkok. Kalau Anda ikut tur, mungkin bisa meminta supaya diantar ke sini. Yang repot adalah mereka yang traveling mandiri, tentu harus mencari kendaraan umum apa yang menuju ke tempat itu. Atau bisa juga menyewa taksi.

Untuk memancing di sini, pengunjung dikenai biaya 1.000 Baht atau sekitar Rp 313.000. Sewa pancing ongkosnya 500 Baht (Rp 156.500) atau gratis kalau Anda membawa alat pancing sendiri.

Nikmatilah suasana pemancingan di Bungsamran yang berbeda dengan ikan 'bangkok'nya. Dijamin seru apalagi jika Anda seorang mancing mania!

(sst/sst)
Suasana di pintu masuk Bungsamran (Fitraya/detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com