DetikTravel









Puncak Gunung Tercuram & 7 Destinasi Terekstrem di Dunia

Desi Puspasari - detikTravel - Jumat, 30/11/2012 08:01 WIB
Jakarta - Bosan dengan perjalanan dan petualangan yang itu-itu saja. Coba saja wisata ekstrem yang bisa buat petualangan semakin mendebarkan. Berikut 8 destinasi terekstrem di dunia!

Mulai dari destinasi terdingin, terpanas, terkering, terbasah, dan semua tempat dengan situasi paling ekstrem di bumih ini bisa Anda temukan. Diintip dari Reader's Digest Canada, Kamis (29/11/2012) berikut 8 destinasi paling ekstrem di dunia:

1. Gunung Thor di Kanada

Berada pada ketinggian 1.675 meter, puncak Gunung Thor tentunya bukanlah yang tertinggi di dunia. Tapi, gunung yang berada di Nunavut, Kanada ini punya puncak tercuram di dunia. Puncak-puncak Gunung Thor terdiri atas batuan granit.

Puncak gunung ini jalur penurunan sepanjang 1.250 meter dengan sudut rata-rata 105 derajat. Terlepas dari itu semua, gunung ini jadi tujuan populer bagi para pendaki.

2. Oymyakon, Rusia

Sebagai tempat terdingin di dunia, suhu di Oymyakon tercatat sekitar -71,2 derajat Celcius pada tahun 1924. Kota kecil di Russia ini menjadi destinasi untuk Anda yang ingin melakukan pejalanan ekstrem mencari beruang grylls. Kurang lebih dari 500 jiwa ini pernah menjadi tempat pembuangan tahanan politik.

Pada musim dingin suhu rata-rata di kota ini sekitar -50 derajat Celcius. Tanah di sini pun membeku secara permanen sepanjang tahunnya. Kota ini juga hanya mempunyai satu hotel. Saat berlibur di sini, olahraga ski, hoki es, dan memancing di es jadi kegiatan favorit. Beberapa selebriti Hollywood, seperti Frankie Avalon, Burt Reynolds dan Paris Hilton pernah berlibur di tempat ini.

3. Gurun Atacama di Chili

Menurut NASA dan National Geographic, Gurun Atacama di Chili dianggap menjadi tempat yang paling kering di dunia. Bahkan dikatakan tanahnya sama dengan di Planet Mars. Sejak Oktober 1903 sampai Januari 1918, Gurun Atacama sama sekali tidak terkena tetesan hujan. Kondisi ini pun tercatat sebagai periode tanpa hujan terpanjang di dunia sepanjang sejarah.

Gurun Atacama punya beberapa hotel untuk wisatawan pilih saat menjelajah gurun tersebut. Satu yang harus Anda pastikan saat gurun ini adalah banyak membawa air dan Anda sebaiknya memilih tur yang sudah terorganisasi agar tidak tersesat di daerah yang beriklim kering ini.

4. Gurun Lut, Iran

Naiknya suhu setinggi 70 derajat Celcius, secara langsung Dasht-e-Lut atau yang dikenal dengan Gurun Lut ini sebagai daratan terpanas di dunia. Dalam bahasa Persia, Dash-e-Lut berarti gandum panggang.

Konon, nama ini berasal karena ledakan di ladang gandum. Setelah ledakan itu daerah yang sekarang menjadi padang pasir ini, sengaja ditinggalkan. Meskipun begitu masih ada kunjungan wisata ke daerah ini. Tur ini pun dilakukan oleh mereka yang berani mengambil tantangan menjadlani hidup didataran super panas dan kering seperti Gurun Lut ini.

5. Antartika

Diperkirakan dalam satu daerah di Antartika ditempati sekitar 1.000 sampai 4.000 orang. Benua terbesar kelima dan terdingin di dunia ini pun jadi tujuan wisatawan yang ingin mencari petualangan dan sensasi.

Turis bisa sampai di tempat ini bila menggunakan kapal yang bisa menerobos es. Meskipun tersohor karena panoramanya yang indah, melakukan perjalanan ke destinasi ini perlu persiapan yang baik. Terlebih lagi bila perjalanan Anda didukung oleh operator perjalanan mengetahui kondisi Antartika dengan baik.

6. Mawsynram di India

Dijuluki sebagai tempat terbasah di dunia, kota di dunia ini rata-rata menerima 11.872 mm curah hujan setiap tahunnya. Pada tahun 1985, Guinnes Book of World Records menyebutnya sebagai "Wettest Place on Earth" setelah 26.000 mm curah hujan selama satu tahun. Mawsynram adalah tempat yang sulit untuk didiami, tapi punya trek yang menarik untuk wisatawan.

7. Air terjun Angel Falls di Venezuela

Meskipun air terjun Angel Falls berada di dalam sebuah hutan yang terisolasi, destinasi ini tetap menjadi salahs satu destinasi utama di Venezuela. Air terjun setinggi 979 m, dengan 400 m bagian air terjun yang miring dan 30 m yang lurus ke bawah.

8. Gansbaai di Afrika Selatan

Sejak tahun 1995, menyelam dengan kerangka besi di perairan yang memiliki Hiu Putih ini menjadi daya tarik wisatawan berlibur ke Gansbaai, Afrika Selatan. Ini juga terkenal sebagai salah sat daerah dengan populasi hiu terbanyak di dunia.

Gansbaai menjadi tujuan utama para pecinta alam bawah air. Untuk memandang lebih dekat mahluk yang mematikan ini, traveler harus menggunakan kandang besi saat menyelam. Sangat dianjurkan Anda menggunakan operatur tur yang profesional.

(ptr/ptr)
Patung telapak tangan ini setinggi 11 meter (tripadvisor.co.uk)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com