DetikTravel









Travel Highlight Liburan Akhir Tahun

5 Tempat Sempurna Untuk Menyepi di Akhir Tahun

Desi Puspasari - detikTravel - Kamis, 06/12/2012 14:49 WIB
Jakarta - Akhir tahun tak selamanya disambut dengan pesta pora. Ada kalanya saat itu dijadikan sebagai waktu untuk instrospeksi diri. Tempat sepi yang tenang adalah pilihan yang pas. Inilah 5 tempat sempurna untuk menyepi!

Tak ada salahnya memilih tempat sepi untuk liburan akhir tahun. Jauh dari hiruk pikuk kesibukan ibukota adalah pilihan yang tepat. Selain bisa istirahat dan menenangkan diri, di tempat sepi ini Anda akan mempunyai waktu yang lebih intim bersama keluarga dan orang-orang spesial. Disusun detikTravel, Kamis (6/12/2012) 5 tempat sepi ini jadi destinasi paling sempurna untuk liburan akhir tahun:

1. Pulau Pari, Kepulauan Seribu

Tidak usah jauh ke luar kota, Jakarta juga punya pulau yang masih sepi dan cantik. Kepulauan Seribu merupakan satu-satunya kabupaten di DKI Jakarta dengan pulau-pulau yang asyik dijadikan tempat berlibur, salah satunya Pulau Pari.

Sejauh mata memandang, wisatawan bisa meihat pantai dengan laut yang masih bersih. Tak seperti kota metropolitan, di sini tidak ada gedung bertingkat, macet, ataupun bunyi klakson dan asap kendaraan. Saat akhir tahun, Anda bisa mengajak keluarga atau teman-teman spesial Anda berlibur ke pulau ini.

Pulau Pari punya pasir yang sangat putih. Banyak yang bisa Anda lakukan di pulau ini, mulai dari bersepeda keliling pulau, berjemur sampai berkemah di tepi pantai bebas Anda pilih, termasuk saat melakukan perayaan akhir tahun. Anda bisa merayakan pergantian tahun dengan membawa terompet, kembang api, dan alat musik yang dibawa dari rumah bernyanyi bersama dan saling bertukar cerita.

2. Pulau Samalona, Sulawesi Selatan

Bicara tempat sepi, Makassar di Sulawesi Selatan punya Pulau Samalona. Pulau seluas 2 hektar ini punya panorama cantik berupa laut yang biru dan pasir yang putih. Tak salah kalau Anda memilih pulau ini sebagai tempat introspeksi diri menjelang pergantian tahun.

Angin sejuk dan deburan ombak nan merdu menjadi suguhan alam dari Samalona yang memberikan ketenangan batin. Saat senja, matahari terbenam tampak begitu rupawan.

Saat jarum jam menunjukkan pukul 00.00 Wita dan menyongsong bulan Januari, pejamkan mata Anda dan ucapkan dalam hati harapan Anda untuk tahun mendatang. Setelah itu, ucapkan selamat tinggal untuk tahun 2012. Biarkan semua hal yag terjadi di tahun 2012 pergi bersama hembusan angin laut dan hanyut bersama air laut.

Tidak hanya daratannya, pulau ini juga punya 'kerajaan' bawah laut yang menunggu untuk Anda singgahi. Koral warna-warni dan ikan-ikan penghuni laut Samalona akan menceriakan hati Anda saat melakukan diving atau snorkeling.

3. Pulau Moyo, NTB

Ingin melarikan diri ke tempat yang lebih sepi dan pribadi? Datanglah ke Pulau Moyo di Sumbawa Besar, NTB. Pulau sepi ini hanya mempunyai satu resor bintang lima yakni Amanwana.

Resor ini bisa jadi tempat menginap Anda saat akhir tahun. Tapi bersiaplah karena Anda harus merogoh koceng yang lebih dalam juga. Dari situs resmi Amanwana, ada dua jenis penginapan yang ditawarkan, yakni Jungle Tent dan Ocean Tent. Untuk Junge Tent dihargai US$ 800 (Rp 7,6 juta) per malam dan Ocean Tent seharga US$950(Rp 9,1 juta) per malam.

Anda bisa menikmati libur akhir tahun Anda di tengah hutan Pulau Moyo dan tentunya dengan hiburan yang disajikan oleh resor. Selain itu, ada pula destinasi yang bisa membawa Anda lebih dekat dengan alam. Di ujung selatan pulau ada Tanjung Pasir yang punya panorama pantai nan indah.

Satu lagi ada juga Pantai Poto Jarum yang jarang terjamah manusia. Berlokasi di kawasan hutan lindung Pulau Moyo, pantai ini punya panorama yang sangat indah. Pasir pantai yang putih bersih menyatu dengan birunya air di lautan. Anda bisa menyewa kapal motor dari Tanjung Pasir selama 1 jam perjalanan.

4. Pantai Amed, Bali

Pantai selalu jadi destinasi favorit traveler, tidak terkecuali untuk liburan akhir tahun. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara berbondong-bondong datang ke Pulau Dewata saat akhir tahun.

Kalau banyak traveler yang mencari kelab-kelab untuk berpesta, suasana yang lebih tenang bisa Anda temukan di pantai-pantai Bali yang masih sepi. Hindari pantai-pantai yang ramai turis saat siang hari dan penuh pesta saat malam hari. Nah, Pantai Amed yang berada di timur Bali bisa Anda pilih. Pantai sepi ini punya panorama indah nan romantis. Hati dijamin tenang saat berada di tepi pantai ini.

Di sekitar pantai ini juga ada bukit yang akan membawa pandangan mata Anda ke arah lepas pantainya yang sangat biru. Dari atas bukit ini Anda bisa melihat gradasi laut, serta pegunungan cantik di sebelah kirinya. Sejauh mata memandang, bisa pula Anda kembali menyusun target-target yang harus dicapai di tahun depan.

5. Desa Tradisional di Lombok

Mau menutup tahun dengan suasana yang berbeda? Jelajahi saja desa adat yang ada di Lombok Tengah, NTB. Ada dua desa yang terbuka untuk wisatawan, yaitu Desa Sade dan Desa Segenter. Meski banyak penduduk sekitar, setidaknya Anda bisa menghilang sejenak dari padatnya rutinitas ibukota.

Desa Sade berada di Kampung Rambitan, Kecamatan Pujut. Desa Sade menjadi pusat pelestarian kehidupan Suku Sasak di Lombok Tengah. Selain melihat arsitektur rumah adat suku Sasak, pelancong juga akan diajak melihat proses pembuatan kain tenun khas Lombok dan belanja aksesoris yang dibuat oleh penduduk Desa Sade.

Selain Desa Sade, Lombok Tengah juga mempunyai Desa Segenter yang berada di kaki Gunung Rinjani, Lombok Utara. Meskipun terpisah jarak sekitar 100 km, suku Sasak di Desa Segenter juga masih memegang tradisi, sama seperti Desa Sade. Siapa tahu Anda bisa melewati malam pergantian tahun dengan suasana khas suku Sasak di kedua desa tersebut.

(shf/shf)
Indahnya Pantai Samalona (Slamet Prayitno/d'Traveler)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com