Pulau Pisang, Surga Bawah Laut di Lampung

Chesya Sera Dc - d'Traveler - Senin, 14/01/2013 10:10:00 WIB
detikTravel Community -  

Melihat keindahan alam bawah laut, tak melulu harus pergi ke timur Indonesia. Buktinya, Lampung Barat punya Pulau Pisang nan cantik dengan panorama bawah laut yang mengagumkan.

Saat menerima ajakan salah satu senior dari UKSA387 UNDIP (Unit Kegiatan Selam) untuk mendata kerapatan terumbu karang di Lampung Barat, saya terlalu menganggap enteng dunia bawah air Lampung. Saat sampai di sana, hanya bisa berkata "Wow!"

Lampung, provinsi yang berada di ujung Pulau Sumatera ini meski terlihat kecil, punya banyak pesona. Tidak saya sangka, provinsi Indonesia bagian barat pun memiliki pesona dunia bawah air yang tak kalah hebat dari Indonesia bagian timur. Salah satunya, yaitu Pulau pPsang di Lampung Barat.

Sungguh tidak disangka keindahan bawah air yang ada di sana. Hamparan pasir putih, birunya lautan, dan terumbu karang yang hidup di sana sangat beragam. Walau gelombang air laut yang cukup besar, tetap saja Pulau Pisang benar-benar membuat saya kagum.

Perjalanan menuju Pulau Pisang memang cukup jauh dan melelahkan. Dari ibukota Provinsi Lampung yaitu Bandar Lampung, Anda harus menempuh waktu 6 jam untuk sampai di daerah Lampung Barat. Perjalanan ini ditempuj melalui jalur darat.

Belum selesai perjalanan, saya harus menyeberang dari dermaga Lampung Barat menuju Pulau Pisang selama 2 jam. Penyeberangan menggunakan kapal nelayan setempat.

Sayangnya, gelombang laut di daerah sekitar memang cukup besar, mencapai 1 sampai 2 meter. Inilah yang membuat perjalanan terasa cukup melelahkan.

Sesampainya di sana, satu kata yang terucap, "Subhanallah."

Saya sempat tidak percaya, di Indonesia bagian barat ada pulau seindah ini. Sungguh tidak kalah dengan di Indonesia timur.

Sungguh luar biasa negara ini. Saya sangat bangga menjadi bagian kecil dari negara maritim ini. Karena untuk menikmati keindahan bawah air, Indonesia sangat lengkap dan memiliki apa yang ingin kita cari di bawah air sana.



Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com