Pantai Sidem, Pesona Tercantik di Jawa Timur

wendy s - d'Traveler - Selasa, 11/12/2012 14:50:00 WIB
detikTravel Community -  

Hamparan pasir, batu karang, serta deretan pohon kelapa, menghiasi tiap sudut Pantai Sidem di Tulungagung, Jawa Timur. Keindahan panoramanya yang cantik ini pun jadi daya tarik untuk para wisatawan.

Hawa sejuk mulai saya rasakan begitu memasuki kawasan wisata Pantai Sidem. Pohon kelapa yang menghiasi bibir pantai, menambah keasrian pantai yang terletak di selatan Tulungagung tersebut.

Seperti pantai-pantai lain di wilayah Tulungagung, Jawa Timur, Pantai Sidem berada di balik bukit. Destinasi ini merupakan salah satu teluk di deretan Samudera Hindia.

Perjalanan menuju lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Akan lebih mengasyikkan lagi bila Anda mau berjalan kaki. Pemandangan hutan jati di sepanjang jalan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Dari atas bukit terlihat birunya air laut serta perahu-perahu nelayan yang mencari ikan. Udara siang hari yang terik tetap terasa sejuk bila Anda berada di Pantai Sidem. Hal ini dikarenakan masih banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai selain pohon kelapa yang menjadi cirinya.

Mendekat ke bibir pantai, kita dapat menikmati hamparan pasir berwarna putih kecokelatan. Namun sayang, masih banyak orang yang belum sadar akan kebersihan di pantai ini. Masih banyak sampah rumah tangga berserakan di mana-mana.

Di sekeliling pantai yang berpasir ini, kita juga menikmati batu karang. Lagi-lagi tempat ini sangat cocok untuk para fotografer yang ingin mengambil foto melalui jepretan kemera.

Tidak jauh dari lokasi, juga terdapat bendungan. Bendungan ini merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Niama. Di sinilah pertemuan antara air tawar yang berasal dari Sungai Niama dengan air laut.

Keberadaan bendungan tersebut tidak lepas dari penyelamatan Kota Tulungagung dari banjir di era 80-an. Dengan dibangunnya Bendungan Niama, air yang dulunya menggenangi Tulungagung bagian selatan sekarang dapat mengalir langsung ke laut.

Untuk masuk ke kawasan wisata Pantai Sidem, Anda cukup dikenakan tiket seharga Rp 3.000 per orang. Apabila menggunakan sepeda motor tiketnya ditambah Rp 1.000, sedangkan mobil Rp 2.000 dan kendaraan besar seperti bus Rp 2.500.

Oh iya, di lokasi pantai ini Anda dapat menikmati makanan khas Tulungagung berupa rujak. Dengan bumbu sambal kacang ditambah kerupuk yang renyah, rasanya pun nikmat.

Harga satu porsi makanan ini hanya sekitar Rp 3.500. Akan lebih nikmat lagi bila Anda memesan minuman es kelapa muda yang dipetik dari pohon sekitar pantai dengan harga Rp 5.000 per buah. Oleh karena itu, tidak rugi jika memilih Pantai Sidem ini sebagai destinasi liburan Anda.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com