DetikTravel









Ini Nih 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Kemping

Desi Puspasari - detikTravel - Senin, 10/12/2012 09:05 WIB
Jakarta - Berkemah dengan orang-orang yang Anda sayangi adalah kesempatan untuk saling berkomunikasi. Kebersamaan seperti ini menjadi kenangan indah. Namun semua ini bisa rusak karena kurangnya persiapan. Inilah 9 kesalahan yang bisa merusak kemping Anda.

Berkemah dengan keluarga dan orang-orang yang Anda sayangi bisa menciptakan pengalaman asyik dan seru. Namun ada saja kesalahan yang bisa menyebabkan kegiatan ini rusak dan berantakan. 9 Kesalahan inilah yang harus traveler hindari saat berkemah, dikutip dari situs Reader's Digest, Senin (10/12/2012):

1. Tidak menguji peralatan baru

Peralatan kemah yang baru bisa membantu atau justru menyusahkan acara berkemah Anda. Misalnya, Anda baru membeli gas potabel untuk memasak. Ternyata gas tersebut tidak berfungsi. Ini bisa jadi masalah karena Anda harus mencari bahan bakar lain untuk memasak.

Menurut Direktur Humas Parks Canada, Ed Jager, "Apapun yang Anda bawa untuk berkemah, seharusnya Anda mengetahui bagaimana cara menggunakannya dan memriksa semuanya berfungsi dengan baik. Mendirikan tenda baru, belajar bagaimana menggunakan panggangan dan menggunakan kantong tidur baru di belakang rumah sebelum memakainya di alam bebas. Ini hanya untuk memastikan semuanya tidak masalah dan tidak mengganggu acara berkemah Anda."

2. Menyimpan peralatan mandi dalam tenda

Menjaga dan membawa makanan ke dalam tenda bisa mengundang amarah teman satu tenda. Tidak hanya itu, ada produk lain yang bisa menarik perhatian hewan.

"Orang sering lupa membawa benda seperti pasata gigi dan sabun yang bisa menarik kedatangan serangga seperti nyamuk," kata Jager. Jauhkan semua produk dan perawatan ini aman terkunci di dalam mobil atau di dalam tas yang kering.

3. Sampai di lokasi kemping malam hari

Tiba di lokasi saat malam hari bisa-bisa menimbulkan kesulitan untuk Anda, terlebih tempat itu masih sangat asing. Cobalah untuk sampai saat siang hari dan mempunyai kesempatan utuk mencari kakus dan lahan untuk mendirikan tenda. Bila terjebak dalam masalah seperti ini, Jager menyarankan agar Anda membawa head lamp untuk menerangi jalan sehingga Anda bisa menyiapkan tenda dan peralatan lainnya.

4. Meremehkan cuaca

Banyak traveler yang tidak menggubris perkiraan cuaca harian. "Anda bisa melihat perkiraan cuaca, melihat kalau itu perlu atau tidak meninggalkan jas hujan di rumah. Atau membiarkan diri Anda terjebak dalam hujan," ungkap Jager.

Selalu persiapkan barang-barang yang bisa membantu Anda melewati badai, seperti hujan. Tetap perhatikan perkiraan cuaca.

5. Tidak membawa alat-alat ekstra

Tenda bocor atau kerusakan lain yang tak diduga bisa mengancam Anda saat berkemah. Tidak adanya perlengkapan ekstra bisa semakin mempersulit keadaan. Jadi, sebaiknya Anda mengemas perlengkapan ekstra yang bisa membantu membuat perbaikan saat kemping. Alat-alat tersebut, yaitu tali ekstra, tiang tenda ekstra, perlengkapan menjahit, lakban, ekstra tali sepatu, dan lain-lain.

6. Tidak menghemat makanan

Tidak menghemat makanan selama perjalanan dan berkemah adalah sebuah kesalahan besar. Misalnya, Anda terjebak dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk cepat pulang dan harus tinggal beberapa hati lagi di lokasi. Penghematan makanan sangat penting. Anda juga haus punya rencana B untuk mendapat makanan.

7. Lupa membawa perlengkapan P3K

P3K yang lengkap bisa menyelamatkan Anda dari kecelakaan dan hal-hal yang tidak diinginkan. Periksa kembali isi dan perlengkapan Anda, untuk mengganti obat yang sudah kedaluarsa dan memastikan semua yang Anda butuhkan. Gunakan daftar dari palang merah setempat sebagai panduan.

8. Tidak reservasi perkemahan terlebih dahulu

Seperti di hotel, Anda tidak akan mendapatkan kamar yang diinginkan tanpa reservasi terlebih dahulu. Hal ini juga berlaku untuk perkemahan, terutama di bulan-buklan musim liburan. Jika tidak membuat reservasi terlebih dahulu, bisa-bisa Anda tidak mendapatkan lahan untuk mendirikan tenda.

9. Terlalu mencari tantangan

Berkemah memang direncanakan untuk melatih beberapa tantangan. Tapi, terlalu pterperangkap dalam beberapa pekerjaan juga tidak baik. Anda bisa kehilangan beberapa kesenangan. Jalani semua pekerjaan yang mudah-mudah saat berkemah dan ini bisa membuat acara berkemah Anda bersama keluarga lebih menyanangkan.


(ptr/ptr)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com