DetikTravel









Travel Highlight Maskapai

Seperti Apa Bandara Terbaik di Dunia?

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Kamis, 13/12/2012 11:18 WIB
Seoul - Skytrax, sebuah perusahaan riset maskapai penerbangan, mendaulat Bandara Incheon sebagai yang terbaik di dunia. Kira-kira seperti apa fasilitas dan keunggulan bandara di Seoul, Korea Selatan ini ya?

Setelah menyandang peringkat yang sama pada 2009, Bandara Incheon kembali menduduki posisi bandara terbaik tahun 2012.
Penghargaan ini dilakukan oleh Skytrax, perusahaan riset maskapai penerbangan yang berbasis di Britania Raya. Total ada 10 kategori yang menentukan peringkat ini, termasuk aksesibilitas, kenyamanan, kecepatan transit pesawat, keramahan para staf, serta fasilitas seperti toko perbelanjaan.

Memangnya apa saja keunggulan bandara ini?

Dari situs resmi Bandara Incheon yang dikunjungi detikTravel, Kamis (30/12/2012), rupanya fasilitas dan servis penumpang di bandara ini memang melimpah. Mulai dari restoran kelas atas dan mudahnya aksesibilitas, sampai beragam fasilitas penunjang seperti lapangan golf, spa, ice skating, kasino, taman dalam ruangan, dan sebuah museum budaya Korea!

Bandara Incheon berlokasi di Incheon-si Jung-fu Unseo-dong 2850, sekitar 48 km dari Kota Seoul. Tapi, tak perlu khawatir soal transportasi dari dan menuju ibukota Korea Selatan itu. Ada 3 alat transportasi yang bisa digunakan: bus, Airport Railroad, dan taksi yang tanpa biaya tambahan.

Bus dari Bandara Incheon ke Seoul atau Bandara Gimpo datang 10-15 menit sekali. Paling nyaman naik Limousine Bus. Bisa pilih, tiket Deluxe harganya 12.000-13.000 Won (Rp 107.000-116.000) atau tiket Standard 7.500-8.000 Won (Rp 67.000-71.000).

Kalau mau terhubung langsung dengan Seoul Subway System, wisatawan bisa langsung naik AREX Airport Rail Service. Ada 2 tipe yakni Express Train dan Commuter Train. Untuk Express Train, dari Bandara Incheon Anda akan langsung menuju Seoul Station dalam waktu 43 menit. Untuk Commuter Train, Anda akan berhenti di 9 stasiun dan tiba di Seoul Station dalam 53 menit.

Aksesibilitas, sudah dibahas, sekarang giliran fasilitas untuk memanjakan penumpang. Bagi wisatawan yang ingin belanja, tersedia 2 toko duty-free yakni Lotte Duty Free dan The Shilla Duty Free. Toko yang terakhir itu punya 2 lokasi di Bandara Incheon.

Di Lotte Duty Free, Anda bisa belanja beragam parfum dan kosmetik. Di dalamnya juga terdapat AK Lounge, tempat wisatawan menikmati secangkir kopi dan mencoba beragam produk kosmetik. Oh ya, di toko ini juga ada Shopping Manager yang senantiasa memberikan beragam informasi soal produk.

Toko pertama The Shilla Duty Free menjual parfum, kosmetik, barang-barang berbahan kulit, aksesori, kacamata, dan perhiasan dari batu Amethyst. Sementara toko kedua menjual kosmetik, parfum, suvenir, kado, sampai barang elektronik.

Lapar? Jangan kuatir. Bandara Incheon punya deretan tempat makan dari Food Court sampai restoran kelas atas. Di Food Court para turis bisa menemukan McDonalds, Lotteria, KFC, juga Dunkin Donuts yang buka 24 jam. Soal restoran, ada beberapa yang menyajikan menu khas Korea seperti restoran JaYeon, Haneul, Punggyeongmaru, Kayageum, dan Mong Jun Heon.

Selain itu ada pula Air Cafe yang menjual sandwich, pizza, pasta, dan kopi. Untuk masakan multirasa, Food On Air Studio 1 menjual masakan Korea, Jepang, Vietnam, Thailand, dan Italia. Nyam!

Soal hiburan untuk penumpang, Bandara Incheon rupanya tak main-main. Di Passenger Terminal terdapat Traditional Culture Experience Zone dan Traditional Craft Gallery yang punya banyak koleksi dan alat musik khas Korea. Selain itu, ada pula Arrival Hall Culture Street yang berlokasi di 4 titik sepanjang koridor lantai 2. Di sini, dipanjang foto-foto keindahan alam Korea serta benda-benda seni peninggalan 5.000 tahun lalu.

Di Transfer Lounge 4F, terdapat Korean Culture Museum yang memuat banyak peninggalan Korea di masa lampau. Proyek ini merupakan hasil kerjasama dengan National Museum of Korea, yang ditujukan untuk memperkenalkan sejarah dan budaya Korea kepada wisatawan. Mungkin, Incheon adalah satu-satunya bandara yang punya museum!

Walaupun dipenuhi fasilitas dan hiburan, Bandara Incheon tidak lupa satu hal: taman. Di Welcoming Hall 1F, terdapat banyak taman yang pasti langsung menyegarkan pandangan. Ada Pine Tree Garden lengkap dengan kolam ikan, The Flowering Tree, Rock Garden, Flower Garden, Cactus Garden, dan Water Garden.

Nah, sambil menunggu penerbangan, bayangkan Anda menyeruput secangkir teh atau kopi ditemani sepiring sandwich. Panorama di jendela samping Anda tak lain adalah pesawat yang hilir mudik di landasan. Inilah Observation Deck, yang berlokasi di Passenger Terminal 4F.

Wisatawan yang ingin menukar mata uang bisa langsung menuju counter Shinhan Bank, Korea Exchange Bank, Hana Bank dan Kookmin Bank. Counter-counter ini akan melayani penumpang sampai larut malam.

Lalu, bagaimana kalau Anda tiba atau transit tengah malam di Bandara Incheon? Jangan kuatir, ada beberapa counter yang buka 24 jam. Dunkin Donuts untuk mengisi perut, Lotte Duty Free untuk belanja singkat, juga Family Mart untuk belanja makanan ringan.

Ssst, di Bandara Incheon bahkan Anda bisa spa dan sauna tengah malam di Spa on Air. Yang paling penting, Internet Lounge tersedia nonstop di Passenger Terminal bandara ini.

(sst/sst)
Taman bunga di dalam bandara (dailymail.co.uk)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com