Inilah Bekas Hantaman Meteor Raksasa di Bumi

- detikTravel - Jumat, 14/12/2012 19:05 WIB
Arizona - Masih ingat film Armageddon? Film ini menceritakan tentang sebuah meteor raksasa yang akan menghaantam bumi. Nyatanya, peristiwa itu pernah terjadi di Arizona, AS. Lubang besr bekas meteor itu kini menjadi objek wisata.

50 Ribu tahun silam, sebuah meteor menghantam kawasan di Arizona, AS. Hantamannya seperti 20 juta ton lebih TNT dan meninggalkan kawah besar dengan kedalaman lebih dari 500 meter. Di bagian utara Arizona, dekat winslow, AS, Anda akan merasakan betapa dahsyatnya bumi diguncang saat itu.

Sebelumnya, para ilmuwan menyebut destinasi ini sebagai Barringer Crater. Nama ini diambil dari nama belakang seorang insinyur pertambangan, Daniel Barringer. Pria ini menjadi orang pertama yang menemukan lubang raksasa yang terbentuk karena hantaman meteor.

Kawah meteor ini memiliki keliling 2,4 km dan kedalaman sekitar 550 meter. Dalam situs resmi Meteor Crater yang ditengok detikTravel, Jumat (14/12/2012), ini adalah destinasi wisata internasional yang berada di luar ruangan yang dilengkapi dengan teater, Interactive Discovery Center atau pusat interaktif yang menyediakan penjelasan tentang tempat tersebut, hadiah unik, toko batu, dan Astronaut Memorial Park yang berada di tepi kawah.

Di sini pelancong bisa menyaksikan film tentang meteor, berjudul "IMPACT the Mystery of Meteor Crater". Pemutaran film ini ditampilkan dengan animasi 3D. Jadi, traveler benar-benar bisa mendengar suara gemuruh, merasakan panas, dan ledakan saat meteor melewati atmosfer bumi.

Jatuhnya meteor ini menyebabkan guncangan hebat yang terasa di barat daya Amerika. Guncangan tersebut terasa seperti ledakan akibat 20 juta ton lebih TNT. Ini bisa dirasakan persis di luar Visitor Center, Meteor Crater Arizona.

Setap tanggal 15 September, menjadi hari peringatan peristiwa jatuhnya meteor. Pada tanggal tersebut, Meteor Crater dibuka mulai pukul 07.00-19.00 waktu setempat. Untuk hari libur, wisatawan bisa datang mulai pukul 08.00-13.00 dan jangan datang saat hari Natal karena tempat ini tutup.

Penasaran melihat kawah meteor ini? Traveler yang ingin berkunjung ke tempat ini harus mengeluarkan kocek seharga US$ 16 (Rp 155 ribu) untuk dewasa, US$ 15 (Rp 145 ribu) pengunjung berusia 60 tahun ke atas, US$ 8 (Rp 77.300) untuk anak berumur 6-17 tahun, dan gratis untuk anak-anak di bawah umur 5 tahun.

Semua harga ini sudah termasuk tur di tepi kawah, Interactive Discovery Center, dan pemutaran film "Collisions and Impacts". Tapi ingat, traveler yang berlibur ke Meteor Crater tidak dperkenankan membawa hewan.


Promo tiket ke Urumqi mulai dari Rp. 1.453.120

Traveler yang mengikuti tur di pinggir kawah (apod.nasa.gov)

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Perth Rp. 2.572.356 PILIH
Jakarta Auckland Rp. 7.463.424 PILIH

Powered by
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com