DetikTravel









Travel Highlight Kereta

Jalur Kereta di Jawa dengan Pemandangan Paling Indah

Dicky Ardian - detikTravel - Kamis, 20/12/2012 11:08 WIB
Dari ujung barat sampai ujung timur, Pulau Jawa dihubungkan dengan jalur kereta. Di sepanjang jalur itulah pemandangan indah kerap hadir menemani perjalanan para traveler, seperti 5 jalur ini.

Tidur saat traveling menggunakan kereta di Pulau Jawa, berarti Anda harus siap merasa rugi. Sebaiknya tetaplah terjaga sambil arahkan pandangan Anda jauh ke luar jendela. Sebab Anda pasti akan menyaksikan pemandangan yang paling indah.

Saat melakukan perjalanan di siang hari dengan menggunakan kereta, pemandangan di luar akan terlihat dengan jelas. Jalur kereta di Pulau Jawa kebanyakan akan melintasi persawahan dengan latar beberapa gunung yang menjulang di kejauhan. Apa lagi jika langit sedang cerah. Gumpalan awan putih akan menutupi beberapa bagian birunya langit.

Seperti dihimpun detikTravel, Kamis (20/12/2012) ada beberapa kota dan kabupaten yang memiliki jalur kereta dengan pemandangan paling indah di Pulau Jawa. Daerah itu adalah Bandung, Brebes, Tegal, Purwokerto, dan Malang.

Di beberapa titik tersebut, Anda sebaiknya segera untuk mencari posisi terbaik guna mendapatkan pemandangan yang indah. Kalau bisa, duduklah di samping kaca dan siapkan kamera Anda. Sebab panorama terbaik akan Anda lihat dari dalam kereta.

Jalur Jakarta-Bandung, Jawa Barat adalah titik pertama Anda akan melihat indahnya pemandangan di luar kereta. Banyak traveler yang mengungkapkan, bahwa jalur menuju Bandung dari Jakarta adalah yang paling indah. Di jalur ini, mata Anda akan dimanjakan dengan hijaunya pematang sawah.

Tepat di sebelah Tol Cipularang, jalur ini akan melintasi jembatan yang cukup panjang. Siapkan kamera Anda, karena pemandangan ini tidak akan berlangsung lama.

Pemandangan juga tak jauh berbeda saat Anda melintasi jalur kereta Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah. Di tengah perjalanan, kereta akan melintasi jembatan sejauh 700 meter. Di bawahnya mengalir sungai kecil yang mengairi sawah-sawah yang hijau segar. Kereta terus melaju menuju Kota Tegal. Di jalur ini, pemandangan hijau dari pematang sawah semakin kaya dengan pemandangan Gunung Slamet di kejauhan.

Jalur kereta dengan pemandangan yang indah lainnya adalah di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Di Jalur ini, kereta akan menyeberang Sungai Serayu. Berbeda dengan sungai lainnya yang keruh, Sungai Serayu terbilang masih sangat bersih. Dari kereta, birunya air terlihat sangat cantik berkolaborasi dengan hijaunya sawah di sekitarnya. Di sini, Gunung Slamet makin terlihat jelas.

Jawa Barat punya Bandung, Jawa Tengah ada Brebes, Tegal, dan Purwokerto, maka Jawa Timur memiliki Malang sebagai jalur terindahnya. Di Kota Apel ini, Anda akan menikmati panorama alam yang indah serta suhu udara yang sejuk. Belum lagi sawah yang bertingkat di sisi kanan dan kiri jalur kereta.

Sebenarnya masih banyak lagi jalur kereta yang juga memiliki pemandangan indah. Tapi 5 jalur tadi adalah yang paling indah. Yang jelas, pemandangan-pemandangan tersebut cuma bisa disaksikan saat Anda naik kereta saja. Yuk, traveling dengan kereta!

(aff/fay)
KA Argo Dwipangga melintasi persawahan di Prupuk, Kabupaten Tegal (Markus Sugeng Budhi Prasetyo/d'Traveler)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com