DetikTravel









Travel Highlight Kereta

10 Kota dengan MRT Paling Keren di Dunia

Faela Shafa - detikTravel - Kamis, 20/12/2012 12:31 WIB
Jakarta - MRT (Mass Rapid Transport) atau metro jadi salah satu transportasi pilihan traveler saat liburan di beberapa negara. Jika Anda penasaran dengan sistem MRT paling keren, berikut 10 kota yang memiliki metro terbaik di dunia.

Bersih, mordern dan waktu perjalanan yang lebih singkat membuat MRT atau yang sering disebut sebagai metro ini jadi pilihan banyak traveler. Ditengok dari CNN Travel, Kamis (20/12/2012) inilah 10 kota dengan metro terbaik di dunia:

1. Guangzhou

Kisah perkembangan metro di Guangzhou, China tidak semulus kelihatannya sekarang. Selama lebih dari 30 tahun, proyek pembangunan kereta cepat bawah tanah ini akhirnya rampung. Metro di Guangzhou dibuka pertama kali pada tahun 1997. Guangzhou mendandani sistem kereta bawah tanahnya saat menjadi tuan rumah Sea Games tahun 2010.

Kini, kota tersebut telah memiliki 8 jalur, 144 stasiun, dan panjang jalur 236 km. Rencana paling baru dari metro di sini adalah perjalanan kereta ekspress dari Guangzhou ke Hong Kong hanya dalam 48 menit.

2. Tokyo

Metro di Tokyo adalah sesuatu yang legendaris. Di sini terdapat kereta paling cepat dan paling tepat waktu di dunia. Tak sampai di sana, kereta di sini juga memiliki sistem yang sangat tertata sehingga menjadikannya yang terkeren.

Setidaknya ada sekitar 14 juta pengguna kereta ini per tahun. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat naik kereta di sini. Salah satunya adalah tidak boleh menggunakan ponsel saat kereta sedang berjalan. Karena jadi pilihan banyak orang, kereta ini juga bisa jadi sangat penuh di jam-jam tertentu. Jadi, siap-siap berhimpit-himpitan saat jam sibuk ya!

3. New York

Yang keren dari sistem MRT di New York, AS adalah waktu operasional kereta ini yang selama 24 jam. Tak perlu kuatir jika pulang terlalu malam atau ingin pergi terlalu pagi karena selalu ada metro yang siap mengantar Anda.

Selain sistem yang tak pernah tidur, kereta bawah tanah di New York juga menyajikan pemandangan berbeda. Ada banyak musisi jalanan yang tersebar di stasiun-stasiun bawah tanah. Juga, banyak dari mereka yang memiliki talenta luar biasa. Jadi, para musisi ini bisa jadi pemandangan unik selagi menunggu datangnya kereta.

4. Madrid

Madrid di Spanyol menjadi kota ke 6 yang memiliki jalur kereta terpanjang di dunia. Rute terpanjangnya mencapai 386 km. Setiap tahunnya, metro di Madrid mengangkut lebih dari 1,5 juta penumpang, di mana, setengahnya adalah turis. Karena, jumlah penduduk di Madrid hanyalah 6,5 juta jiwa.

Stasiun bawah tanah di Madrid sangat besar yang bahkan bisa digunakan untuk mengadakan acara seperti festival dan konser. Tak heran, ada banyak acara di dalam stasiun tersebut. Malah, salah satu stasiun di sana memiliki museum arkeologi seluas 200 m2.

5. Montreal

Inilah kota pemilik jalur metro terluas di Kanada. Sebagai kota yang pernah menjadi tuan rumah World's Fair dan Olimpiade, tidak aneh jika Montreal memiliki sistem jalur kereta paling besar dibanding kota lain di Kanada.

Kota ini memiliki metro yang merupakan kereta dengan polusi cukup kecil. Kereta bawah tanah yang biasa disebut dengan STM ini bersahabat bagi alam juga bagi para penggunanya. Siap-siap, akan hadir 468 kereta baru yang akan datang pada tahun 2014 untuk menggantikan setengah kereta lama yang telah beroperasi di sana.

6. Paris

Paris di Prancis menjadi kota yang cukup padat dengan jalur kereta. Di kota seluas 87 km2, setidaknya ada 245 stasiun dan 14 jalur kereta. Agaknya, penduduk di kota ini tidak terlalu suka berjalan kaki.

Ini terlihat dari banyaknya penumpang per tahun yang berjumlah sekitar 1,5 juta. Kereta bawah tanah di Paris termasuk sebagai satu dari lima metro tersibuk di dunia. Meski memiliki kualitas nomor wahid, kereta di sini tidak terlalu modern karena pintu keretanya masih harus dibuka dengan memencet tombol.

7. Sao Paulo

Wisatawan yang berkunjung ke Sao Paulo di Brazil belum lengkap jika belum coba menaiki metronya. Sistem metro di sini telah dianugerahi sebagai yang terbaik di benua Amerika. Anda tentu bisa bayangkan bagaimana pelayanan dan sistem yang pasti berlangsung dengan teratur.

Metro ini terkenal memiliki keamanan, kenyamanan, kecepatan, kebersihan dan akses yang sangat memadai. Kereta bawah tanah di kota ini juga menjadi salah satu metro tersibuk di dunia. Setidaknya ada 3,3 juta penumpang yang naik kereta setiap harinya. Untuk keamanan, tidak main-main, pemerintah kota menempatkan polisi untuk mengatur keamanan di stasiun-stasiun.

8. London

Metro pertama di dunia lahir di London. Kereta yang bernama London Tube ini hadir pada tahun 1863. Setelah itu, hadirlah kereta-kereta lainnya yang dibarengi dengan pembangunan stasiun-stasiun bawah tanah.

Saat menjadi tuan rumah di Olimpiade, sistem kereta bawah tanah di sini mulai ada perbaikan. Setidaknya ada penambahan stasiun untuk mempermudah para traveler yang ingin bepergian dengan kereta. Meski tetap padat dan sibuk, rasanya tidak sah jika sudah liburan ke London tapi tak mencoba naik kereta bawah tanahnya.

9. Singapura

Negeri merlion memiliki MRT yang mendapat penghargaan sebagai kereta dengan tenaga yang paling efisien pada tahun 2010. Kereta yang disebut dengan MRT ini juga mendapat beberapa penghargaan lainnya antara lain, kereta dengan teknologi paling inovatif dan metro terbaik di Asia-Pasifik.

Sejauh ini, MRT telah mengangkut 600 juta penumpang per tahun. Namun sayangnya, MRT tidak lagi jadi yang terbaik setelah pindah tangan kepengurusan. Meski begitu, ia tetap menjadi salah satu metro yang memiliki pelayanan cukup memuaskan.

10. Copenhagen

Ibukota Denmark ini memiliki metro yang modern. Keretanya tidak memiliki masinis melainkan menggunakan sistem komputerisasi. Selain itu, kereta ini juga aktif selama 24 jam.

Karena kotanya yang kecil, Copenhagen hanya memiliki 22 stasiun dan dua jalur. Ini pun tidak terlalu sibuk, sehingga cocok bagi Anda yang ingin liburan santai dengan menggunakan angkutan umum.


(shf/fay)
MRT di Singapura (trendsupdates.com)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com