DetikTravel









Travel Highlight Oleh-oleh

Nyam! 7 Kota Ini Punya Oleh-oleh Lezat

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Kamis, 27/12/2012 08:47 WIB
Jakarta - Indonesia diberkati kekayaan kuliner yang tak ada habisnya. Oleh karena itu saat traveling ke 7 kota ini, jangan lupa bawa oleh-oleh makanan khasnya yang nikmat!

Dihimpun detikTravel, Kamis (27/12/2012), berikut 7 kota di Indonesia yang punya oleh-oleh lezat:

1. Padang

Kuliner asal Sumatera Barat menjadi salah satu yang paling berpengaruh di Indonesia. Siapa pula yang tak kenal nasi padang? Kenikmatannya mendunia, terutama Rendang yang pernah menempati posisi pertama makanan terenak versi CNN. Oleh karena itu, traveling ke Ranah Minang belum lengkap tanpa membeli oleh-oleh makanan khas setempat.

Pertama, keripik balado. Keripik berbahan singkong atau kentang ini dijual hampir di tiap pasar terutama di Kota Padang dan Bukittinggi. Keripik balado bercitarasa renyah, pedas dan manis. Di beberapa toko oleh-oleh, dijual pula Keripik Balado Christine Hakim yang diminati banyak pelancong.

Selain keripik balado, ada pula keripik kulit. Keripik ini sudah jadi camilan wajib warga Minang, dijual pula di pasar-pasar tradisional. Ada yang berukuran besar, kecil, juga keripik yang sudah dimasak dan siap makan. Sama seperti keripik balado, keripik kulit sapi harganya berkisar Rp 50.000/ kg.

Beberapa keripik lain yakni 'dakak-dakak' (camilan berbahan singkong, berwarna kuning dan bercitarasa gurih) dan 'karakaliang' (keripik berbentuk angka 8) juga bisa dijadikan oleh-oleh yang tahan lama. Mau yang lebih spesial? Coba saja rendang William Wongso Series yang dijual beraneka jenis.

Ada Rendang Padang, Rendang Bukittinggi, Rendang Minang, dan lain-lain. Produk ini dikemas dalam keadaan beku, dengan ketahanan minimal 6 bulan dalam freezer. Harga ukuran reguler yakni Rp 150.000, dan ukuran besar Rp 250.000. Lamak bana!

2. Malang

Ada 2 makanan khas Malang yang bisa dijadikan oleh-oleh, yakni aneka keripik dan pia. Malang memang terkenal dengan aneka olahan keripik mulai dari keripik singkong, tempe, hingga keripik buah seperti nangka dan apel.

Traveler bisa menyambangi sentra penjualan keripik aneka rasa di daerah Sanan. Salah satunya adalah Keripik Tempe Alnier, yang juga menjual keripik buah dan singkong. Untuk varian buah, terdapat keripik apel, belimbing, mangga, nangka, salak dan rambutan. Rasanya, renyah dan nikmat!

Harga keripik buah ini juga terkangkau, sekitar Rp 6.000/200 gram. Sedangkan keripik singkong atau tempe rasa manis/ asin harganya Rp 13.000/500 gram.

Pia tak hanya identik dengan Yogya atau Bali. Buktinya, Malang punya pia khas dengan banyak rasa dan bertekstur kering. Salah satu tempat untuk membelinya adalah Toko Kue Pia Cap Mangkok di Jl Semeru Malang No 25, Malang. Di sini, pia tersedia dalam berbagai rasa seperti kacang hijau, keju, cokelat, kopi dan durian.

Harganya berbeda tergantung rasa. Untuk pia kacang hijau, 1 boks dibandrol Rp 8.000. Pia rasa keju harganya Rp 9.000/ boks.

3. Medan

Medan jadi salah satu kota yang pas untuk wisata kuliner. Tak hanya di tempat, beragam makanan khas ibukota Sumatera Utara ini juga bisa dijadikan oleh-oleh. Beberapa di antaranya adalah durian kupas, bolu meranti, bika ambon, dan pancake duren.

Saat membeli durian kupas, buah durian yang Anda pilih akan dikupas dan dipaket dengan rapi dan rapat. Aroma menyengat durian pun tidak akan tercium. Anda pun bebas membawanya pulang, atau langsung dipaket ke alamat rumah. Ringkas, mudah dan tidak perlu repot-repot mengupas.

Bolu Meranti adalah kegemaran tiap traveler. Ini adalah bolu gulung dengan citarasa manis dan bertekstur lembut. Bolu Meranti tersedia dalam berbagai rasa seperti keju, moka dan blueberry. Untuk mendapatkannya, tinggal bertolak ke outlet Bolu Meranti di Jalan Kruing. Harganya sekitar Rp 60.000 per bungkus.

Bika ambon adalah 'all time favorite'. Sudah lama kue legit satu ini jadi buah tangan favorit pelancong dari Medan. Kue berongga ini bisa didapatkan di toko-toko kue seantero Medan. Rasanya pun beragam, ada yang original, pandan, sampai durian. Satu dus bika ambon dibandrol sekitar Rp 60.000.

Saat berwisata di Kota Medan, sempatkanlah datang ke Merdeka Walk untuk kuliner malam. Cicipilah pancake duren yang bercitarasa sangat nikmat! Selain menikmatinya langsung, Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh. Tapi hati-hati, harus dibungkus rapat agar wanginya tidak tercium sepanjang perjalanan. Ketahui juga tanggal kadaluarsanya karena pancake duren tidak menggunakan bahan pengawet.

4. Lombok

Bicara Lombok tak sebatas pantai atau keindahan bawah airnya saja. Saat pulang dari Lombok, cobalah bawa oleh-oleh camilan khasnya yakni dodol rumput laut.

Manisan dengan bahan rumput laut mungkin bisa ditemukan di berbagai tempat. Tapi manisan yang ada di Lombok berbeda dari yang lain, karena dibuat mirip permen. Rasanya pun beragam mulai dari nanas, stoberi, melon, leci, dan lain-lain.

Semua rasa digabung dalam satu kemasan. Biasanya manisan ini dijual per kilogram atau satu bungkus besar. Harganya Rp 80.000 untuk satu bungkus besar manisan rumput laut.

5. Garut

Selain dodol, ada lagi makanan khas Garut yang bisa dijadikan oleh-oleh. Ini adalah inovasi baru dari dodol, yakni Chocodot.

Chocodot muncul dari hasil pemikiran ahli kuliner asal Garut dengan membuat jenis makanan baru tanpa meninggalkan tradisi makanan lama. Jadilah Chocodot, yang merupakan gabungan cokelat dan dodol. Bahan yang digunakan terdiri dari 2 jenis cokelat yakni dark chocolate dan white milk chocolate. Kedua jenis cokelat ini kemudian dikombinasikan dengan dodol asli Garut.

Untuk membelinya, datang saja ke Saung Cokelat di Jl Babakan Salawi No 25, Cipanas, Tarogong. Selain itu wisatawan juga bisa menyambangi Waroeng Cokelat Intan di Jl Otista No 72A, Tarogong, Garut.

6. Bandung

Bandung tersohor sebagai surga kuliner. Betapa tidak, makanannya berlimpah, enak, dan murah! Beberapa makanan khas yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah Brownies Kukus Amanda, juga siomay dan batagor.

Seperti Bolu Meranti di Medan, Brownies Kukus adalah kue yang paling banyak digemari traveler di Bandung. Outlet dan mobil Brownies Amanda tersebar di banyak tempat, sehingga Anda bisa langsung membelinya. Brownies Kukus tersedia dalam beragam varian rasa mulai dari original, blueberry, cheese cream, choco marble, tiramisu marble, sampai brownies bakar. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 26.000-52.000 per kotak.

Makanan lain yang jadi primadona Kota Kembang adalah siomay dan batagor. Wisatawan bisa mendatangi Jalan Burangrang untuk membelinya di Batagor Riri, atau ke Jalan Veteran untuk membelinya di Batagor Kingsley.

Batagor merupakan akronim dari Baso Tahu Goreng. Anda bisa mencicipinya dengan dua cara, kuah atau kering. Batagor kuah disajikan dengan kuah bening ala bakso, sementara yang kering dengan bumbu kacang dan kecap. Maknyus!

Di kedua tempat ini, Anda bisa membeli siomay atau batagor yang belum digoreng. Para penjualnya akan membungkus makanan sedemikian rupa agar mudah dibawa untuk oleh-oleh. Harganya memang cukup mahal, sekitar Rp 5.000-8.000 per buah. Tapi rasanya dijamin nikmat!

7. Yogya

Ini dia surganya kuliner di tengah Jawa. Bakpia Pathuk khas Yogya, gudeg dan geplak masih jadi oleh-oleh kesukaan para wisatawan. Tak perlu jauh-jauh, datangi saja Jalan Malioboro dan berjalanlah menuju pabrik-pabrik penjual bakpia.

Kue khas ini tersedia dalam berbagai rasa seperti kacang hijau, cokelat, keju, sampai durian. Bakpia Pathok 25 Jaya misalnya, dijual dengan harga Rp 15.000-20.000 per bungkus isi 20. Rasanya, belum afdol ke Yogya tanpa bawa oleh-oleh bakpia!

(shf/shf)
Bolu meranti (detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com