detiktravel

Travel Highlight Oleh-oleh

Suvenir Ini Cuma Ada di Indonesia

Faela Shafa - detikTravel - Kamis, 27/12/2012 09:53 WIB
Jakarta - Selain memiliki beragam destinasi yang unik dan indah, Indonesia juga punya buah tangan yang tidak dimiliki tempat lain. Inilah suvenir yang hanya berada di Indonesia.

Setelah puas menikmati pemandangan alam, seni budaya dan sejarah yang luar biasa, para traveler biasanya mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ada yang membawanya untuk teman dan keluarga, ada juga yang untuk diri sendiri, sebagai kenang-kenangan traveling. Disusun detikTravel, Kamis (27/12/2012) berikut suvenir yang cuma ada di Indonesia:

1. Sertifikat Tugu Nol Kilometer

Sebagai pulau terbarat di Indonesia, Pulau Weh memiliki Tugu Nol Kilometer yang tepatnya berada di Kota Sabang. Di sana, terdapat sebuah bangunan menara menjulang tinggi berwarna putih dan merah. Bagi penjelajah yang ingin berkeliling Indonesia, sudah jadi hal yang wajib untuk berkunjung ke sana.

Banyak wisatawan yang datang ke sana karena ingin merasakan berada di titik nol kilometer Indonesia. Selain itu, ternyata ada pula yang menarik saat melancong ke tugu ini. Setiap wisatawan yang datang dan sudah mendaftarkan diri ke Dinas Pariwisata Kota Sabang akan mendapat sertifikat. Sertifikat yang berisi nama traveler bersangkutan ini menjadi bukti bahwa Anda sudah berkunjung ke titik paling barat di Indonesia. Inilah oleh-oleh yang tidak bisa ditemui di tempat lain kecuali di sini.

2. Koteka

Banyaknya suku yang ada di Indonesia memungkinkan keberagaman budaya. Salah satu budaya unik dimiliki suku di Papua. Sebagian pria di sana mengenakan koteka, untuk menutup alat kelamin laki-laki. Koteka terbuat dari labu yang sudah dikeringkan dengan cara dibakar.Next


Patung badak yang dilukis batik, oleh-oleh khas Ujung Kulon (Putri/detikTravel)
Halaman 123
Baca Juga
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com