detiktravel

Wah! Tuban Punya Masjid Dalam Perut Bumi yang Menawan

Fatkhul Muin - d'Traveler - Jum'at, 28/12/2012 12:55:00 WIB
detikTravel Community -  

Mau liburan sambil mendekatkan diri kepada Sang Pencipta? Di daerah Tuban, Jawa Timur, ada satu buah masjid yang berada di perut bumi dengan keindahan nan menawan.

Berada di Kecamatan Semanding, tepatnya di pinggiran Kota Tuban, Jawa Timur, ada objek wisata ziarah yang cukup unik. Jika dilihat sepintas, bangunan itu seperti rumah biasa yang dijadikan pondok pesantren. Namun setelah kita masuk, ternyata di dalamnya merupakan gua alami yang cukup indah dilihat.

Selain lorongnya yang cukup panjang dan berkamar-kamar, sehingga bentuknya seperti rumah di perut bumi. Melihat panjangnya tempa tersebut, oleh pengelola gua itu dibuat masjid yang bisa digunakan untuk salat. Kini, objek wisata itu dikenal dengan nama Masjid Perut Bumi atau "Masjid Ashkabul Kahfi".

Pengunjung bisa memasuki masjid gua dengan melewati jalan biasa di pinggir Jalan Gedongombo. Setelah masuk melalui pintu kecil, kemudian jalan mulai menurun melewati tangga-tangga batu.

Beberapa puluh meter kemudian, kita telah masuk ke dalam masjid perut bumi dengan puluhan kamar-kamar kecil. Setiap kamar dihiasi dengan lampu warna-warni dan juga batu-batu alam yang indah dipandang.

Menurut penjaga, lokasi masjid perut bumi ini dulunya adalah tempat pembuangan sampah. Namun karena hasil riyadoh, akhirnya tempat ini dapat diwujudkan menjadi masjid. Saat ini, masjid tersebut ramai dikunjungi wisatawan.

Untuk mencapai lokasi Masjid perut bumi Tuban ini tidak sulit. Masuk ke Kota Tuban terus saja menuju ke Arah Babat. Sampai pertigaan ada tanda arah yang menunjukkan ke masjid tersebut.

Anda bisa naik kendaraan pribadi atau rombongan naik bus. Tempat parkirnya pun berada tidak jauh dari tepat parkirpun tidak jauh dari Masjid Ashkabul Kahfi.

 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com