DetikTravel









Travel Highlight Pasar

Wajib Coba! Pasar Malam dengan Makanan Paling Enak Khas Asia

Putri Rizqi Hernasari - d'traveler - Kamis, 03/01/2013 16:23 WIB
Jakarta - Pasar malam di beberapa negara bukan cuma ramai karena menjual aneka barang khas, tetapi juga makanan lezat khas negara itu. Berikut 8 pasar malam di Asia dengan makanan paling enak.

Di beberapa negara, seperti Taiwan, Thailand dan Singapura, pasar malam menjadi tempat menarik dan ramai dikunjungi turis. Di sana, Anda bisa melihat berbagai jenis barang khas negara dan berinteraksi langsung dengan warga lokal. Bukan cuma itu, pasar malam juga salah satu tempat yang tepat untuk turis yang hobi berburu kuliner khas.

Dikumpulkan detikTravel, Kamis (3/1/2013), inilah 8 pasar malam yang menjual makanan paling enak khas Asia:

1. Galabo, Solo, Indonesia

Berada di posisi pertama, ada Gladag Langan Bogan atau yang biasa disebut Galabo. Ini adalah kawasan tempat makan di sebelah timur Bundaran Gladag, atau tepatnya di Jl Mayor Sunaryo, yang hanya buka pada malam hari. Pada siang hari, jalanan ini berfungsi sebagai jalan raya. Sedangkan pada malam hari, kawasan ini ditutup dan diubah menjadi pasar jajan malam khas Solo.

Datang ke sana, turis bisa melihat ada banyak kios yang menjajakan berbagai macam menu makanan. Di antara makanan yang paling diburu adalah sate kere dan cabuk rambak. Sate kere adalah sate sapi atau tempe gembus yang dimasak bacem dan dibakar. Biasanya disajikan bersama sambal kacang.

Selain sate kere, Anda juga bisa menemukan cabuk rambak. Ini adalah lontong yang dipotong tipis dan disajikan di atas daun pisang. Sekilas, cabuk rambak memang mirip seperti lontong bumbu, tapi yang membedakan adalah sambal. Sambal cabuk rambak terbuat dari wijen.

Menikmati sate kere dan cabuk rambak sambil menikmati suasana malam Solo tentu terasa nikmat. Apalagi kalau Anda datang pada akhir pekan. Saat itu, Galabo akan menyajikan live music sebagai hiburan, dan tak lupa hotspot. Seru!

2. Pasar Malam Pulau Tikus, Penang, Malaysia

Bukan cuma Indonesia, negara tetangga yaitu Malaysia juga punya pasar malam tempat berburu makanan lezat. Adalah Pasar Malam Pulau Tikus, nama pasar yang ramai dikunjungi turis terutama pecinta wisata kuliner.

Meski memiliki nama 'pulau', sesungguhnya pasar malam tidak berada di dalam pulau. Ini hanya sebutan sebuah kawasan yang berada di Jl Pasar, Penang. Setiap malam, kawasan ini ramai diduduki kios-kios yang menjajakkan aneka makanan lezat.

Salah satu yang paling digemari atau dianggap paling lezat adalah char kway teow. Sebenarnya, makanan ini sama seperti kwetiau yang biasa Anda nikmati. Hanya saja, makanan ini disajikan dengan bumbu kacang, udang segar, kerang, toge, dan daun bawang. Biasanya, char kway teow dihidang di atas daun pisang, dan menjadi makanan paling populer di sana.

3. Pasar Malam Khao San, Bangkok

Thailand juga punya pasar malam yang terkenal karena kuliner khasnya. Adalah Pasar Malam Khao San salah satu pasar malam yang selalu ramai dikunjungi turis saat ke Bangkok, Thailand. Pasar ini punya banyak kuliner lezat yang siap mengisi perut Anda. Beberapa di antaranya adalah Pad Thai, sosis bakar, jagung bakar, dan gerobak barbekyu.

Tapi mau tahu kuliner apa yang paling diburu? Serangga goreng tentunya. Ya, pasar malam yang berada di Jl Khao San ini terkenal dengar kuliner ekstremnya berupa serangga goreng, seperti jangkrik, belalang, ulat yang gemuk dan kecoak. Hii!!

Saat detikTravel berkunjung, aneka makanan ekstrem ini dijajakan di atas lapak gerobak dengan lampu bohlam yang menyinari. Turis pun berjejer melihat makanan yang menarik perhatian ini. Ada yang membeli, ada pula yang sekadar mengambil foto. Cukup mengeluarkan 35 Baht (Rp 11.000) seporsi, Anda bisa merasakan renyahnya mengunyah beberapa jenis serangga tersebut. Bukan cuma itu, turis yang ingin mengabadikan lewat lensa kamera juga diminta membayar, yaitu 10 Baht (Rp 3.200).

4. Pasar Malam Shilin, Taiwan

Ini dia pasar malam yang paling sering disebut-sebut turis, dan jadi salah satu destinasi wajib saat ke Taipei, Taiwan, Pasar Malam Shilin namanya. Pasar yang berada di Jl Wenlin-Dadong, Taipei ini sudah lama terkenal sebagai tempat menjual aneka makanan lezat khas Taiwan. Salah satu yang terkenal adalah oa misua. Ini adalah mie tipis khas China yang diberi kaldu, bawang putih dan tiram.

Selain oa misua, masih ada lagi jajanan lain yang tak kalah lezat, yaitu douhua. Ini adalah minuman yang berisi bola-bola kenyal dari tepung tapioka dan sirup. Saat musim dingin, douhua akan disajikan dalam keadaan hangat, sebaliknya saat musim panas douhua akan disajikan dalam keadaan dingin dengan es serut.

Selain oa misua, masih ada satu lagi jajanan khas Pasar Malam Shilin yang tak boleh dilewatkan, yaitu Stinky Tofu atau Chou Tou Fu. detikTravel pun sempat mencicipi makanan ini beberapa waktu lalu.

Sepintas, Stinky Tofu mirip dengan tahu Sumedang yang digoreng. Hanya saja, tahu ini disajikan lebih bervariasi, yaitu dikukus dan dipanggang, kemudian diberi bumbu pedas, irisan sayur dan saos soya. Pembeli yang ingin mencicipi tahu bau harus antre dan hanya merogoh kocek 50 NT atau sekitar Rp 15 ribu yang per bungkusnya dapat 6 potong tahu.

Datang ke Pasar Malam Shilin, Anda tidak hanya menemukan makanan lezat, tapi juga aneka barang khas Sambil menikmati jajanan lezatnya, jangan lewatkan untuk membeli pernak-pernik lucu yang ada di pasar malam ini, seperti kaos, helm funky, dan payung bentuk botol yang sedang marak digunakan banyak orang.

5. Pasar Malam Huaxi, Taiwan

Taiwan memang bertabur pasar malam, setelah Shilin, masih ada satu pasar malam lagi, yaitu Pasar Malam Huaxi. Pasar ini sering disebut dengan pasar malam Gang Ular. Disebut demikian karena pasar ini diisi oleh banyak rumah makan yang menjual olahan daging ular, kadal, dan hewan lainnya, seperti yang detikTravel lihat ketika datang ke pasar malam ini beberapa waktu lalu.

Anda bisa melihat rumah makan dengan makanan ekstrem ini sejak pertama kali memasuki gapura besar pasar malam. Berbagai hewan seperti ular piton hingga kadal dipajang di etalase. Mungkin bagi sebagian turis, makanan ini sangat ekstrem atau bahkan mengerikan, tapi tidak bagi warga Taiwan. Menurut mereka, ular dan kadal membawa manfaat untuk kesehatan, karena itulah hewan-hewan ini dikonsumsi.

Pasar yang berada di Jl Huaxi, sebelah Klenteng Longshan bukan cuma dipenuhi aneka kuliner ekstrem, tapi juga jajanan khas Taiwan. Sebut saja gulali khas China, kacang, jagung rebus dan bakar, serta aneka es krim. Puas berkeliling, kini saat memanjakan diri dengan bersantai di sejumlah tempat pijat refleksi. Nyamaaan!

6. Pasar Malam Temple Street, Hong Kong

Tak cuma Taiwan, Hong Kong juga punya pasar malam yang meriah. Adalah Pasar Malam Temple Street di Distrik Jordan, Kowloon, Hong Kong salah satu pasar malam yang ramai dikunjungi turis.

Ketika detikTravel berkunjung beberapa waktu lalu, terlihat banyak turis wara-wiri di pasar ini untuk mencari oleh-oleh khas Hongkong. Ada banyak jenis cinderamata yang bisa diburu, sebut saja gantungan kunci dan sumpit lucu. Kedua oleh-oleh ini bisa dibeli turis dengan harga murah, yaitu berkisar HKD 10-20 (Rp 11-25 ribu).

Tidak cuma terkenal sebagai tempat belanja oleh-oleh, Pasar Malam Temple Street juga dikenal sebagai rumahnya segala macam hidangan khas China. Anda pun wajib masuk dan mencoba salah satu menu yang ditawarkan, mungkin aneka hidangan seafood bisa dipilih.

Tertarik datang? Turis bisa mencapainya dengan menggunakan MTR atau bus. Jika naik MTR, Anda bisa turun di Stasiun Jordan pintu B1. Namun, bila naik bus, traveler bisa turun di Halte Temple Street Jordan atau Shanghai Street.

7. Chinatown, Singapura

Jika mencari aneka hidangan lezat di Singapura, Anda bisa datang ke pasar malam yang ada di Chinatown. Chinatown pada awalnya adalah pusat para imigran asal China hidup dan menetap di Singapura. Namun sekarang tempat ini telah berkembang menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi traveler.

Ada banyak alasan mengapa turis datang ke Chinatown, ada yang ingin berbelanja oleh-oleh, ada pula yang ingin berwisata kuliner. Ya, Chinatown adalah salah satu lokasi untuk berburu aneka makanan lezat di Singapura. Salah satu tempat yang dipenuhi restoran adalah Smith Street.

Smith Street memiliki area khusus untuk penjual makanan, Chinatown Food Street namanya. Di sana, Anda bisa menemukan beragam makanan dari berbagai penjuru dunia seperti aneka makanan China dan juga makanan halal. Untuk makanan khas China, wisatawan bisa masuk ke Restoran Tak Po dengan menu utama dim sum dan bubur.

Untuk Anda yang mencari makanan halal, Anda bisa datang ke Taj Authentic Indian Cuisine di South Bridge Road, yang berada di pinggir jalan. Taj menyajikan semua jenis masakan khas India yang kaya rempah dan tentunya halal. Jadi mana yang akan Anda pilih?

8. Pasar Malam Phnom Penh, Kamboja

Pasar malam terakhir yang juga diisi kios dengan aneka makanan lezat adalah Pasar Malam Phnom Penh. Sesuai namanya, pasar malam ini berada di Kota Phonm Penh, ibukota Kamboja. Tepatnya berada di Preah Mohaksat Treiyani Kossamak, depan pasar tua Phnom Penh, yaitu Phsar Chas.

Pasar ini buka mulai pukul 17.00 waktu setempat hingga larut malam. Berbeda dengan pasar malam lain yang biasanya rutin buka setiap hari, Pasar Malam Phnom Penh hanya buka pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Meski begitu, pasar malam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama mancanegara. Mereka berburu aneka suvenir khas Kamboja, dan tentu saja berwisata kuliner.

Ada banyak kios makanan yang berdiri di Pasar Malam Phnom Penh. Rata-rata mereka menjajakkan aneka bakso yang dibuat sate, ayam, daging, dan olahan sayur lain. Mau tahu apa yang paling digemari turis? Tentu saja aneka manisan buah dan sayur.

(sst/sst)
Sate kere di galabo (dok. nu/ dtraveler)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com