DetikTravel









Perang Tomat dan 9 Festival Paling Meriah di Dunia

Afif Farhan - detikTravel - Jumat, 04/01/2013 19:06 WIB
Jakarta - Beberapa negara di dunia punya festival yang terkenal. Asyiknya, traveler dapat turut serta dan ikut memeriahkan pagelaran tersebut. Dari lempar tomat sampai festival bubuk warna-warni, inilah 10 festival paling meriah di dunia.

Festival adalah daya tarik tersendiri bagi traveler. Lewat festival, traveler dapat lebih kenal dengan masyarakat atau kebudayaan setempat. Apalagi, jika festival tersebut diramaikan oleh banyak warga. Pastinya seru!

Dari Matador Network, Jumat (4/1/2013), berikut 10 festival paling meriah di dunia. Ssst, festival-festival ini tidak biasa!

1. La Tomatina

Dari namanya, festival ini erat kaitannya dengan tomat. Ya, La Tomatina adalah festival lempar tomat di Kota Bunol, Provinsi Valencia, Spanyol. Tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 1945 dan menjadi daya tarik wisatawan.

Festival ini berlangsung pada hari Rabu terakhir di bulan Agustus. Sekitar 30.000 akan turun ke jalan dan saling melempar tomat. Wisatawan pun ikut serta di dalamnya. Siapkan kacamata, karena warna merah seperti darah akan menciprati badan Anda!

2. Full Moon Party

Bagi para penggemar pesta, datanglah ke Pulau Ko Pha Ngan di Thailand. Di sana terdapat Full Moon party, yaitu pesta di saat bulan purnama. Dimulai sejak tahun 1980-an, pesta ini selalu didatangi banyak turis. Diperkirakan. 10.000-20.000 turis selalu datang ke pesta ini.

Full Moon Party diadakan tiap bulan saat bulan purnama terlihat. Sepanjang malam, akan ada pertunjukan musik dan DJ. Ups! Tidak perlu mempermasalahkan soal pakaian saat datang ke sini. Banyak wisatawan yang datang dengan pakaian minim ala pantai.

3. Burning Man

Burning Man bukanlah festival biasa. Burning Man adalah festival seni yang digelar di Black Rock Desert, wilayah tandus di utara Nevada, AS. Di akhir bulan Agustus, selama 8 hari, para peserta festival menggelar acara seni tahunan seperti tari-tarian, layang-layang hias, hingga fashion show.

Uniknya, para peserta mendirikan tenda di sini untuk bermalam. Ingat, uang tidak berlaku di sini. Sehingga Anda bisa barter sesama pengunjung lainnya untuk mendapatkan air. Jangan lupa untuk membawa pakaian yang nyaman,juga kacamata dan sunblock karena Anda berada di gurun pasir. Puncak acara ini adalah pembakaran patung raksasa berbentuk orang. Seru!

4. Songkran

Mau tau rasanya basah-basahan menggunakan pistol air? Datanglah ke Bangkok atau Chang Mai di Thailand pada pertengahan April. Saat itu, ada festival Songkran yang merupakan perayaan Tahun Baru Thailand. Nah, setelah berdoa semua masyarakat dan turis di sini akan basah-basahan. Inilah perang air terbesar di dunia!

Anda bisa membawa pistol air atau semacamnya untuk memeriahkan festival ini. Festival ini dipercaya untuk membasuh dosa-dosa di tahun lalu. Ingat, Anda tetap harus bersikap baik dan tidak macam-macam saat festival berlangsung.

5. Glastonbury Music Festival

Bagi traveler penggemar musik, Glastonbury Music Festival di Pilton, Inggris tidak boleh dilewatkan. Festival ini berlangsung akhir pekan pada bulan Juni dan dimeriahkan oleh ratusan ribu orang dari berbagai belahan dunia.

Festival ini berlangsung selama tiga hari. Festival ini dirancang untuk memberikan apresiasi kepada seni, musik, danjuga bumi. Selain ratusan ribu orang, Glastonbury Music Festival juga dimeriahkan oleh ratusan pertunjukan musik. Yang perlu Anda bawa saat datang ke festival musik ini, yaitu tiket, tenda, sleeping bag, makanan, dan segala kebutuhan untuk bersenang-senang!

6. Holi

India punya Festival Holi yang unik di bulan Maret. Festival ini selalu ditunggu-tunggu turis. Di festival ini, orang-orang akan saling melempar bubuk warna dan menyiram air. Festival ini juga sebagai momen berdoa besar-besaran kepada para dewa untuk memohon kelancaran hidup selama setahun ke depan.

Holi merupakan perayaan untuk menyambut musim semi di India. Festival ini berlangsung selama dua hari. Hari pertama , dibuat api unggun besar yang bertujuan untuk mengenang peristiwa matinya iblis jahat bernama Holika. Acara api unggun ini bernama Holika Dahan. Esoknya, ratusan orang akan saling melempar bubuk berwarna-warni seperti warna merah, orange, kuning, ungu, dan hijau. Heboh!

7. Bay Breakers

Bay Breakers adalah lomba lari tahunan di San Fransisco, California, pada minggu ketiga di bulan Mei. Panjang lintasan lari ini adalah 7 mil atau sekitar 11 km. Perlombaan ini dimulai sejak tahun 1906. Pada saat itu, ajang ini dijadikan sebagai dorongan semangat kepada penduduk sekitar yang masih hidup setelah dihantam gempa bumi.

Bay Breakers diramaiakan hampir sekitar 70 ribu orang setiap tahunnya. Uniknya, Anda bebas menggenakan kostum apa saja di perlombaan lari ini. Hal inilah yang menjadi minat wisatawan. Ada peserta yang memakai kostum Star Wars, pakaian kerajaan Inggris, badut, hingga ada yang telanjang!

8. Australia Day

Australia tak bisa lepas dari dua hal, yaitu bir dan barbeque. Anda bisa menemukan keduanya di manapun di Australia saat perayaan Australia Day, tanggal 26 Januari tiap tahunnya. Australia Day adalah untuk merayakan kedatangan orang Eropa di Benua Australia.

Saat perayaan ini, masyarakat di seluruh Australia akan berpesta. Jangan malu untuk ikut berpesta. Jika tidak punya teman Australia, datang saja ke pantai sambil bawa bir. Orang Australia suka berteman dengan orang baru!

9. Queen's Day

Di Belanda, ada Queen's Day yang merupakan festival terbesar di sana. Festival ini adalah perayaan hari lahirnya ratu mereka. Awalnya untuk merayakan kelahiran Ratu Juliana, tapi kini menjadi perayaan Ratu Beatrix. Perayaan ini jatuh tanggal 30 April. Perayaan yang terbesar ada di Amsterdam.

Seluruh masyarakat Belanda pun berpesta. Mereka berpesta di jalan-jalan, di atas kapal pesiar, dan juga di kanal-kanal. Dengan musik dan bir, semua orang larut dalam suka cita. Anda pun bisa ikut berpesta, asal memakai baju atau apa pun yang berwarna oranye ya!

10. Calgary Stampede

Anda tahu tentang koboi yang bergaya di atas kuda yang berjingkrakan? Nah, Anda bisa melihat rodeo koboi selama 10 hari di Calgary, Provinsi Alberta, Kanada. Tak hanya koboi, tapi Anda juga bisa berpesta di festival tersebut.

Festival ini juga menjadi yang terbesar di Kanada. Festival ini berlangsung di minggu kedua bulan Juni. Di sinilah masyarakat berpesta, mulai dari orang tua sampai anak kecil. Anda pun bisa bergabung dengan mereka. Siap-siap berpakai ala koboi sambil mendengarkan musik country di sana.

Catat 10 festival tersebut untuk agenda traveling Anda selanjutnya. Tinggal pilih, mau lempar tomat, perang air, lari dengan kostum unik, atau bergaya ala koboi?

(aff/sst)
Bubuk warna-warni yang berhamburan di India (Matador Network)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com