DetikTravel









Travel Highlight Bogor

Bogor Punya 3 Pemandian Air Panas yang Segar

Desi Puspasari - detikTravel - Kamis, 10/01/2013 14:32 WIB
Bogor - Penat dengan rutinitas Ibukota, berendam di kolam air panas bisa membuat pikiran lebih tenang. Tidak perlu pergi jauh, Bogor, Jabar punya 3 pemandian air panas super segar. Byurrr!

Berada tidak jauh dari Jakarta, Bogor pun jadi sasaran warga Ibukota untuk liburan. Salah satu pelepas lelah yang wajib Anda datangi adalah pemandian air panas. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (10/1/2013), nikmati sensasi hangat dan menyegarkan di 3 pemandian air panas yang tersebar di Bogor. Dijamin segar!

1. Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Terletak di daerah Babakan Madang, terdapat pemandian air panas alami Gunung Pancar. Dari Sirkuit Sentul, tempat ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 45 menit.

Memasuki kawasan hutan lindung pinus Gunung Pancar, turis domestik akan dikenakan biaya Rp 2.000 per orang, turis asing Rp 5.000, serta motor dan mobil Rp 1.000. Ketika memasuki pintu gerbang pemandian, satu orang pelancong kembali dikenai biaya Rp 10.000 per orang, kendaraan roda dua Rp 2.000 dan mobil Rp 4.000.

Di sini ada 3 jenis pemandian, yaitu kolam umum, kolam keluarga, dan kolam 3 rasa. Untuk pemandian umum terbagi menjadi kolam khusus pria dan wanita. Bila Anda ingin suasana yang lebih pribadi, bisa berendam di kolam keluarga. Akan tetapi, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp 25.000 per orang per jam atau Rp 100.000 per keluarga per jam.

"Setiap orang kan tidak bisa disamakan. Jadi, kita menyediakan yang umum dan pribadi. Tetntu fasilitasnya berbeda," ucap pengelola Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Elis, kepada detikTravel, 6 Januari 2013 lalu.

Kolam pemandian umum, berada di area terbuka. Di sana Anda harus berbagi dengan pengunjung lainnya. Sedangkan di kolam keluarga, setiap kolam dikelilingi tembok batu. Jadi, antara pengunjung kolam satu dengan yang lainnya punya ruangan berbeda.

Tak hanya sekadar pemandian, air panas yang berasal dari Gunung Pancar ini bisa menyembuhkan beberbagai macam penyakit. Ya, pemandian yang buka 24 jam ini, tidak mengandung belerang, murni mineral. Untuk Anda yang ingin melakukan pengobatan bisa melakukan terapi dan rawat inap di sini.

2. Tirta Sanita Hot Spring, Ciseeng

Tirta Sanita Hot Springs & Outbound, berlokasi di Desa Ciseeng, Parung. Destinasi ini, juga dikenal dengan nama Gunung Kapur Ciseeng. Selain kolam pemandian air panas, Tirta Sanita juga dilengkapi dengan outbound, wahana permainan anak, water park mini, tempat makan, dan penginapan.

Tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup Rp 8.000 untuk dewasa dan Rp 6.000 untuk anak, Anda sudah bisa masuk dalam lokasi wisata ini. Itu hanya tiket masuknya saja. Bila Anda ingin naik wahana dan berendam air panas, harus membeli tiket mulai Rp 5.000-Rp 50.000.

"Jam buka Tirta Sanita ini pukul 07.00-20.00 WIB," kata Bambang, petugas sekuriti Tirta Sanita kepada detikTravel saat berkunjung Minggu, 6 Januari 2013 lalu.

Sumber mata air air panas Tirta Sanita berasal dari bukit kapur yang berada di tengah area wisata. Air panas bukit kapur mengandung tiga unsur, yakni garam, belerang, dan kapur. Air panas ini dipercaya memiliki khasiat untuk kesehatan, seperti masalah kulit, pegal-pegal, rematik, dan lain-lain.

Adapun pemandian air panas Tirta Sanita terbagi menjadi kamar air panas dan kolam rendam. Kolam rendam ini tiketnya Rp 5.000 per orang. Karena berada di area terbuka, air di kolam rendam sudah tidak begitu panas dan murni lagi. Akan tetapi, khasiatnya masih tetap terjaga.

Jadi kalau mau yang panas, Anda bisa memilih kamar mandi air panas dengan tarif Rp 10.000 per 15-20 menit. Selain itu ada water park mini yang airnya tidak panas dengan tiket Rp 20.000 per orang.

Ternyata di belakang parkiran resmi Tirta Sanita, ada lagi pemandian air panas Gunung Hitam namanya. Fasilitas pemandian ini masih sangat alami dan terlihat seadanya. Saat ini pemandian tersebut masih dikelola oleh penduduk setempat dengan tarif Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Jadi mana yang Anda pilih?

3. Wisata Air Panas Ciparay

Ini dia salah satu pemandian air panas yang masih alami. Destinasi ini berlokasi di Desa Ciparay, Kecamatan Pamijahan, Gunung Salak Endah. Letaknya sekitar 5 km dari gerbang utama Gunung Bunder. Wisatawan masih harus berjalan kaki dan menuruni sekitar 400 anak tangga.

Tenang, tenaga Anda tidak akan terbuang sia-sia, karena panorama di sini sangat indah. Air Panas Ciparay berada di sebelah kiri Sungai Cikuluwung. Di kolam air panas Ciparay terdapat beberapa pancuran. Kepulan asap terlihat dari kolam an pancuran.

Kaki yang pegal selama perjalanan, serta tubuh yang lelah akan langsung 'dipijat' oleh hangatnya air pemandian ini. Deru aliran SUngai Cikuluwung pun menambah suasana semakin nyaman dan tenang.

Cukup merogoh kocek Rp 4.000 per orang, wisatawan sudah bisa menikmati ketenangan alam Ciparay. Parkir dan saung untuk bersantai melengkapi destinasi ini. Selain itu, juga ada warung-warung penjual mie rebus, teh manis dan kopi di sini. Selesai berendam, semangkuk mie rebus dan teh manis bisa menjadi santapan asyik. Makin mantap!

(aff/fay)
Kolam umum pemandian air panas Taman Wisata Gunung Pancar (Desi/detikTravel)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com