detiktravel

Penerbangan Terpendek di Dunia, 47 Detik Saja!

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Jumat, 11/01/2013 13:09 WIB
Westray - Bayangkan Anda naik pesawat, lepas landas, tak sampai 1 menit kemudian sudah mendarat lagi di bandara tujuan. Inilah penerbangan dengan rute terpendek di dunia milik Longanair, maskapai asal Skotlandia.

Kalau mencoba rute penerbangan ini, tampaknya traveler lebih banyak menghabiskan waktu booking tiket daripada perjalanan pesawat itu sendiri. Dilansir dari News Australia, Jumat (11/1/2013), rute penerbangan terpendek di dunia ini adalah milik Longanair.

Maskapai Skotlandia itu terbang dari dan ke Westray dan Papa Westray di Provinsi Orkney. Kedua bandara tersebut berjarak hanya 2,8 km, namun terpisahkan oleh lautan. Sehingga, butuh pesawat untuk menghubungkan kedua tempat ini.

Durasi penerbangannya kurang dari 2 menit, bahkan bisa lebih cepat yakni 47 detik, tergantung kecepatan dan arah angin. Kontrak untuk rute penerbangan ini senilai US$ 6 miliar.

Layanan penerbangan di Provinsi Orkey sudah beroperasi sejak 1967. Namun, penerbangan rute pendek baru ada sejak 2011 karena banyaknya wisatawan yang tertarik untuk mengeksplorasi Provinsi Orkney. Penulis travel terkenal, Bill Bryson menjadikan Papa Westray sebagai tempat favoritnya di seantero Britania Raya.

Promo tiket ke Bandung mulai dari Rp. 3.968.668

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Kuala Lumpur Rp. 385.888 PILIH
Jakarta Beijing Rp. 1.890.147 PILIH

Powered by
Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com