DetikTravel










Percaya Tak Percaya, Ada 'Surga' di Perut Gunung Berapi Jepang

Dicky Ardian - detikTravel - Senin, 14/01/2013 07:21 WIB
Aogashima - Destinasi cantik memang tidak pernah mengenal tempat. Buktinya, Jepang punya tempat yang sangat cantik, tapi mungkin tak ada traveler yang mengiranya. Adanya di perut gunung berapi!

Adalah Aogashima, pulau kecil yang seluruhnya dipenuhi dengan gunung berapi. Walaupun berada 358 km dari pusat kota, tapi pulau ini adalah bagian dari Tokyo, Jepang, seperti yang detikTravel lihat dari Amusing Planet, Senin (14/1/2013).

Uniknya, walaupun semua bagian pulau adalah gunung berapi, tapi di dalamnya ada pemandangan indah bak surga. Tidak sembarangan orang bisa menyaksikannya, kecuali mereka yang terbang dengan helikopter atau yang memang niat mendaki gunung ini. Aksesnya juga sangat sulit, tak ada dermaga untuk menyandarkan kapal di sini.

Setelah jangkar sudah turun dan kapal telah ditambatkan, Anda harus segera mendaki gunung. Tidak tinggi memang, hanya sekitar 200-420 meter. Yang membuatnya sulit adalah kemiringannya yang bisa mencapai 90 derajat. Hal tersebutlah yang membuat pulau ini seakan terisolasi dari dunia luar.

Hingga sekarang, gunung ini masih berstatus aktif. Sewaktu-waktu, bisa saja meletus lagi. Aogashima terakhir meletus pada tahun 1780. Saat itu, letusannya menewaskan hampir setengah penduduk di pulau ini.

Ya, pulau ini memang berpenduduk. Mereka bermukim di kaldera yang ada di tengah gunung. Jika Anda sudah berhasil mendaki gunung sampai puncak, pasti bisa langsung melihat puluhan rumah yang menjadi tempat tinggal sekitar 200 warganya. Ini adalah desa terkecil yang ada di Jepang.

Dulu, mereka hidup serba kesulitan. Tak ada pasokan makanan yang masuk ke pulau ini. Biasanya, beberapa orang akan menyeberang ke pusat Kota Tokyo dengan perahu untuk membeli bahan makanan. Itu pun jika mereka selamat tidak terhempas badai di tengah lautan.

Tapi kemudian, kehidupan masyarakat di desan ini mulai membaik, setelah ada helikopter yang selalu mengantarkan bahan makanan sejak tahun 1993. Helikopter tersebut juga menjadi tranportasi wisatawan yang ingin datang ke sini. Walaupun begitu, pengunjungnya juga dibatasi. Heli hanya bisa mengangkut maksimal 9 penumpang. Itu pun jika kabut tebal tidak membatalkan perjalanan.

Tapi tentu bukan desa kecil itu yang menjadi tujuan wisata traveler. Kaldera yang melingkar di tengah Gunung Aogashima inilah yang punya pemandangan bak surga. Jika biasanya kaldera yang berbentuk cekungan ke dalam seperti mangkuk raksasa, tapi di pulau ini bagai diukir oleh pemahat profesional. Kalderanya benar-benar cantik.

Hampir semua bagian kaldera diselimuti tumbuhan hijau. Ada perbukitan, danau kecil, dan pemandangan lainnya yang sangat indah di sini. Asyiknya lagi, Aoghasima sudah punya fasilitas untuk wisatawan.

Tempat boleh terisolasi puncak gunung, aksesnya bisa saja terbilang sulit, tapi soal memanjakan traveler, Aoghasima jagonya. Di sini ada pemandian air panas dan tempat sauna yang menggunakan tenaga panas bumi. Traveler yang datang bisa memanjakan dirinya dengan berendam sambil memandangi indahnya kaldera di Aogashima. Tempat saunya sudah berdinding tembok rapi, seperti yang ada di kota besar.

Uniknya lagi, tenaga panas bumi ini juga dijadikan sebagai alat untuk membuat sajian yang nikmat ala Aogashima. Masyarakat aslinya terbiasa memasak tanpa menggunakan kompor. Mereka merebus sayuran, kentang, atau telur di sini. Rasanya, sudah pasti sangat nikmat.

(ptr/fay)
Kalderanya cantik, penuh dengan tumbuhan hijau (tokyo.digi-joho.com)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com