detiktravel

Tarif Masuk Borobudur Naik, Biro Perjalanan Wisata Protes

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Rabu, 16/01/2013 07:53 WIB
Magelang - Tiket masuk kawasan Candi Borobudur di Magelang semakin lama semakin naik. Untuk wisman, harganya sekarang mencapai Rp 190.000/orang. Hal ini dikhawatirkan akan menurunkan daya saing pariwisata di Jawa Tengah.

Borobudur adalah candi Buddha terbesar sedunia, sekaligus jadi salah satu destinasi wajib wisatawan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Namun, tarif masuk ke kawasan candi ini semakin lama semakin mahal. Bayangkan saja, untuk wisman, harga per orangnya mencapai US$ 20 (sekitar Rp 190.000).

"Kenaikan tarif ini sudah yang kesekian kalinya, ini berbahaya bagi daya saing pariwisata," tutur Ketua Asosisasi Biro Perjalanan Wisata (ASITA) Chapter DI Yogyakarta, Edwin Ismedi Himna, dalam rilis yang diterima detikTravel, Rabu (16/1/2013).

Pihak industri wisata pun kuatir jumlah wisatawan yang berkunjung akan tergerus perlahan karena daya saing wisata. Kenaikan tarif terhadap wisman ditetapkan sebesar Rp 7.500 per orang, sehingga harga yang tertera pada agen-agen wisata mencapai Rp 142.000 dari sebelumnya Rp 135.000.

"Padahal, selama ini biro perjalanan wisata telah menyepakati kontrak kerjasama hingga harga tiket masuk yang diberikan berbeda dengan harga konsumen langsung," tuturnya.

Di pihak lain, pengelola Candi Borobudur menyebut kenaikan harga ini selaras dengan kenaikan nilai mata uang asing. Edwin menilai, tarif masuk objek wisata ini adalah yang tertinggi di Indonesia. Bali yang jadi destinasi utama di Indonesia hanya mematok tarif paling tinggi Rp 30 ribu per orang untuk masuk objek wisata.

Sebelumnya, per 1 Juli 2012, semua tarif tiket masuk objek wisata yang dikelola Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) mengalami kenaikan. Saat itu tiket masuk Candi Borobudur khusus wisman naik dari US$ 13 menjadi US$ 18, Candi Prambanan dari US$ 10 menjadi US$ 15, dan Candi Ratu Boko naik dari US$ 10 menjadi US$ 13. Sedangkan untuk wisnus tak ada kenaikan tarif, dipatok tetap pada harga Rp 30 ribu per orang.

"Dengan kenaikan lagi di awal tahun ini, tiket masuk Candi Prambanan sudah US$ 20. Ini harga yang tidak realistis," tambah Edwin. Promo tiket ke Bandung mulai dari Rp. 2.813.939

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Bali Rp. 1.033.617 PILIH
Jakarta Pekanbaru Rp. 827.696 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com