DetikTravel









Travel Highlight Tren Wisata 2013

Kota-kota Terbaik Dunia untuk Dikunjungi Tahun 2013

Faela Shafa - detikTravel - Kamis, 17/01/2013 09:44 WIB
Jakarta - Melancong ke destinasi baru memang menjadi beberapa alasan traveling. Di tahun 2013, ada 10 kota yang diprediksi menjadi destinasi hits untuk dijadikan tempat berlibur. Di mana saja?

Dari Belanda hingga Brooklyn, berikut 10 kota terbaik untuk dikunjungi tahun 2013 yang dihimpun dari berbagai sumber oleh detikTravel, Kamis (17/1/2013).

1. Amsterdam, Belanda

2013 jadi tahun yang sibuk bagi Amsterdam, demikian menurut Lonely Planet. Ibukota Belanda ini memiliki sederetan acara di sepanjang tahunnya. Tahun ini, akan ada perayaan peringatan ulang tahun seniman dunia asal Belanda, Vincent van Gogh yang ke-160.

Setelah itu, Rijk Museum pun akhirnya kembali dibuka setelah 10 tahun renovasi. Masih banyak lagi deretan konser dan festival lain di kota kanal ini. Jika ingin sesuatu yang lebih tenang, Anda pun bisa berwisata ke sekeliling kanalnya. Tahun ini, lingkaran kanal di Amsterdam akan merayakan umur yang ke-400.

2. Beijing, China

Inilah kota yang menampilkan sisi artistik dari China. Beijing dipenuhi oleh para penggiat seni. Bukanlah hal sulit jika ingin mencari lukisan dan beragam kerajinan tangan khas China. Sebagai negara yang tidak menggunakan huruf latin, Beijing termasuk negara yang cukup bersahabat.

Dari Lonely Planet, sisa-sisa Olimpiade musim panas yang berlangsung 2008 lalu masih menyisakan sisi baik. Ini terlihat dari tanda-tanda di jalan yang sudah dilengkapi dengan bahasa Inggris. Selain itu, kereta peluru Shanghai-Beijing pun memudahkan liburan para traveler.

3. Montreal, Kanada

Tahun 2010, Montreal di Quebec, Kanada menjadi kota paling bahagia menurut Lonely Planet. Tahun 2011, kota ini menjadi kota paling keren menurut New York Times. Tahun ini, Montreal membekali diri dengan beragam kegiatan seru sepanjang tahun.

Ada pembukaan Planetarium Rio Tinto Alcan yang baru. Planetarium keren ini berisi Space of Life yang sarat dengan pengetahuan bagi seluruh pengunjungnya. Akan ada Museum lilin Grevin, acara seni tahunan, serta hotel baru yang dikelola oleh sebuah label fashion. Terbayang bagaimana serunya kan?

4. Rabat, Maroko

Dari CNN Travel, ada yang eksotis dari ibukota Maroko. Setelah menjadi Situs Warisan Dunia dari UNESCO tahun 2012, tak heran Rabat akan jadi sesuatu yang akan dilirik banyak wisatawan. Di kota ini telihat percampuran antara budaya Islam kuno dan kemajuan dari Barat.

Yang tak boleh terlewat saat melancong ke sini adalah Masjid Hassan yang sudah dibangun sejak abad ke-12. Juga, kota yang bergaya Prancis, lengkap dengan boulevard dan kafe-cafe yang nyaman.

5. Wellington, Selandia Baru

Film The Hobbit baru saja selesai meramaikan perfilman dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itulah, Selandia Baru wajib jadi salah satu destinasi liburan di tahun 2013, demikian menurut International Business Times.

Banyak orang mengatakan bahwa Wellington di Selandia Baru adalah Middle Earth. Suasana ala Hobbit jelas bisa Anda cari di sana. Pemandangan hijau dengan pegunungan membiru di kejauhan serta udara yang sangat segar jadi magnet utama datangnya para turis. Apalagi, film The Hobbit Part 2 akan kembali diputar tahun 2013. Semakin ada alasan kuat untuk berlibur ke sana, bukan?

6. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab

Memang Abu Dhabi belum bisa se-glamour tetangganya, Dubai. Meski begitu, ibukota Uni Emirat Arab ini tetap tidak kehilangan kesan modern dan jet set. Kelebihan kota ini adalah, sentuhan tradisional yang membalut segala modernitas yang ada di sana.

2013 Akan menjadi tahunnya Abu Dhabi. Akan banyak hotel baru yang hadir di sana antara lain Ritz-Carlton, W Hotel, Four Season dan lain-lain. Tak ketinggalan, akan banyak acara internasional yang akan berlangsung di sini seperti festival seni dan olahraga.

7. Rio de Janeiro, Brazil

Tak ada yang bisa menolak pesona Rio de Janeiro di Brazil. Suasana, penduduk, kultur dan panoramanya yang khas membuat Rio jadi salah satu kota yang wajib dikunjungi tahun ini.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh MasterCard, Rio de Janeiro menjadi kota yang paling banyak dicari oleh wisatawan asing. Terlebih akan diadakannya Piala Dunia di Brazil 2014 mendatang. Wisata ke sana pada tahun ini akan jadi pemanasan yang sangat menyenangkan!

8. Bagan, Myanmar

Myanmar sedang membuka diri untuk wisatawan dari berbagai belahan bumi. Seperti destinasi perawan, banyak turis yang penasaran ingin menjelajah bumi Myanmar.

Mari mulai di Bagan. Kota tenang yang sangat menghipnosis ini memiliki banyak destinasi yang memanjakan. Ragam kuil Buddha, Pagoda, Stupa, reruntuhan dan segalanya takkan habis dijelajah. Cobalah nikmati Bagan dari atas balon udara, sempurna!

9. Luang Prabang, Laos

Selama 3 tahun terakhir, Luang Prabang selalu masuk sebagai destinasi paling pas untuk bertualang. Namun sayangnya, belum terlalu banyak traveler yang benar-benar sadar akan keindahan di dalam kota ini. Meski tergolong kota yang tenang, Luang Prabang memiliki pesona seperti mutiara yang menunggu untuk disingkap.

Cobalah menjelajahi kompleks kerajaan kuno Lane Xang dan nikmati kentalnya suasana yang Buddha. Selama ini, kawasan yang dijuluki Negeri dengan Jutaan Gajah ini menjadi surganya para backpacker. Namun perlahan, hadir hotel-hotel mewah, restoran tepi sungai yang indah dan kafe-kafe nyaman lainnya. Tentu hal tersebut akan membuat traveler gaya koper ikut bisa menjelajahi kawasan ini.

10. New York, AS

Sebagai salah satu kota teramai di dunia, New York, AS, masih pantas jadi destinasi wajib kunjung di tahun 2013. Tenang, Anda takkan berdesakan di pusat kota melainkan ke kawasan yang lain. Brooklyn tepatnya.

Di sanalah para turis muda berkumpul. Menikmati pertumbuhan seni yang baru dan segar. Hotel-hotel baru berdiri meramaikan kawasan ini, dilengkapi dengan restoran indah yang memiliki makanan lezat. Nikmati liburan gaya terkini di Brooklyn!


(ptr/fay)
Sunset memesona di atas Sungai Mekong, Luang Prabang, Laos (Endah TriUtami/d'Traveler)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com