detiktravel

Busyet! Kakek Lawan Ikan Hiu di Australia

Fitraya Ramadhanny - detikTravel - Selasa, 22/01/2013 12:02 WIB
Sunshine Coast - Seorang turis berusia 62 tahun dari Inggris melakukan tindakan heroik. Dengan berani dia bergelut dengan hiu sepanjang 2 meter yang mengincar sekelompok balita yang sedang bermain air di sebuah pantai di Queensland, Australia.

Kakek ini bernama Paul Marshallsea dari South Wales, Inggris. Penjaga pantai memuji aksi penyelamatan yang dilakukan Marshallsea saat liburan di Bulcock Beach, di Sunshine Coast, Queensland, Australia.

Saat itu, Marshallsea sedang berlibur mengunjungi teman dan famili di Australia bersama istrinya Wendy (56) dan anak perempuannya Rachel (21). Di pinggir Bulcock Beach mereka asyik membuat barbekyu, sampai Marshallsea melihat ikan hiu mendekati anak-anak yang bermain di air dangkal. Dia tiba-tiba lari masuk ke air untuk menyelamatkan anak-anak.

"Saya melihat hiu sudah dekat sekali di laut dangkal. Paling tinggal 5-6 meter lagi dan banyak balita sedang main air di sana. Saya pakai insting saja, saya tarik buntutnya," kata Marshallsea seperti dilansir News Australia, Selasa (22/1/2013).

Ya, Anda tidak salah baca! Marshallsea dengan berani bergelut dengan hiu itu dengan cara menarik buntut hiu itu. Si hiu tentu marah.

"Ikan hiunya berbalik, mengincar kaki saya. Cepat sekali. Hampir saja ikan hiu itu menggigit kaki saya, tapi tidak kena," ujarnya.

Marshallsea menyeret si ikan hiu ke tempat yang agak dalam dan mengusir sang ikan buas itu. Menurut si kakek pemberani itu, dia tidak hanya ingin menyelamatkan anak-anak, tapi juga dia ingin menyelamatkan hiu yang menurutnya tersasar itu.

Aksi kakek Marshallsea menyelamatkan anak-anak dan bergelut dengan hiu, direkam kameramen Channel 9 yang sedang syuting program wisata. Penjaga pantai menegaskan aksi Marshallsea jangan ditiru, namun dia telah melakukan tindakan yang berani.

Penjaga pantai lantas memakai helikopter untuk menggiring si hiu pergi ke laut lepas. Hiu yang dibetot Marshallsea adalah jenis bronze whaler. Hiu ini biasa berenang di dekat pantai. Meski bukan yang paling berbahaya, hiu ini dikenal pernah menyerang orang. Satu orang pernah tewas.

Hiu bronze whaler bisa tumbuh sampai 4,2 meter dengan berat 340 kg. Hiu ini diincar nelayan karena siripnya bisa dijual dengan sangat mahal untuk dibuat sup. Sekitar 750.000 ikan hiu bronze whaler Australia ditangkap setiap tahunnya. Promo tiket ke Brisbane mulai dari Rp. 6.653.855

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Frankfurt Rp. 5.327.475 PILIH
Jakarta Hanoi Rp. 1.452.276 PILIH

Powered by
Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com