DetikTravel









Go Green! 4 Hotel Paling Ramah Lingkungan di Dunia

Dicky Ardian - detikTravel - Selasa, 22/01/2013 16:56 WIB
Siapa sangka, saat berlibur ternyata traveler juga bisa ikut melestarikan lingkungan. Caranya, Anda bisa menginap di 4 hotel yang paling ramah lingkungan berikut ini. Yuk, go green!

Munculnya bangunan baru untuk hotel di beberapa negara dikhawatirkan bakal merusak alam. Tapi, pernyataan tersebut tidak selamanya benar. Sebab ternyata ada 4 hotel yang paling ramah lingkungan di dunia, seperti yang dilihat detikTravel dari Tourism Review, Selasa (22/1/2013), berikut ini:

1. Hotel Eaton, Kowloon, Hong Kong

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana segar di tengah Kowloon, Hong Kong, maka Hotel Eaton bisa menjadi salah satu pilihan. Bermalam di hotel berbintang 4 ini, Anda seperti akan merasakan suasana tenang dan segar layaknya berlibur di pedesaan.

Hotel Eaton berdiri dengan arsitekur modern minimalis. Di sekitar bangunan terdapat banyak tumbuhan hijau yang membuat suasana liburan para tamunya menjadi sangat nyaman. Udara segar bisa dengan mudah Anda rasakan di sini, walaupun berada di tengah kota yang penduduknya super sibuk. Per malamnya, kamar di Hotel Eaton dibanderol seharga HKD 935 (Rp 1.160.000).

Jika ada beberapa hotel berbintang yang selalu mengganti handuk baru untuk tamunya, Hotel Eaton hanya mencucinya saja. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menghemat pengeluaran. Nantinya, dana yang seharusnya digunakan untuk membeli handuk baru disumbangkan untuk LSM pelestarian alam.

2. Philea Resort & Spa, Melaka, Malaysia

Ternyata tak perlu jauh-jauh ke Hong Kong untuk bisa menginap di hotel yang ramah lingkungan. Sebab Malaysia juga punya Philea Resort & Spa di Melaka. Hotel ini berada di tengah hutan pinus yang menyuguhkan ketenangan.

Memasuki kawasan hotel, ratusan pohon pinus setinggi rata-rata 9 meter akan menyambut Anda. Suasana tenang dan udara yang segar juga seakan menjadi teman baru di sini. Tapi Philea Resort & Spa tidak hanya punya suasana asyik saja.

Ternyata, hampir semua furniture di dalam hotel ini terbuat dari hasil daur ulang barang bekas, seperti botol air minum, besi rongsok, dan masih banyak lagi. Maka tak heran jika Philea Resort & Spa mendapat gelar Best Green Hotel tahun 2010/2011. Untuk menginap di sini, Anda harus membayar RM 500 (Rp 1,5 juta) per malamnya.

3. Orchard Garden Hotel, San Francisco, AS

Dari luar, Orchard Garden Hotel terlihat biasa saja, sama dengan hotel-hotel lainnya di dunia. Tapi tunggu setelah Anda masuk ke dalamnya. Suasana serba hijau ada di tiap sudut ruangan. Suasana tenang dan nyaman juga begitu terasa saat Anda menginjakkan kaki di lobi hotel.

Tidak hanya itu, sebagai salah satu hotel yang ramah lingkungan, Orchard Garden Hotel juga menggunakan peralatan dan furniture ramah lingkungan yang standar nasional. Cara ini dimaksudkan sebagai salah satu dukungan terhadap gerakan hijau.

Karena menggunakan peralatan dan furniture yang ramah lingkungan, Orchard Garden Hotel terasa begitu nyaman. Di tengah Kota San Francisco yang ramai, hotel ini hadir bagai oase yang memberikan kesejukkan. Jika Anda berencana menginap di hotel ini, kamarnya dihargai USD 188 (Rp 1,8 juta) per malamnya.

4. One Aldwych Hotel, London, Inggris

Ternyata, hotel yang ramah lingkungan juga ada di London, Inggris, namanya One Aldwych Hotel. Hotel bintang 5 yang cukup terkenal di Inggris ini mengadopsi tema gaya hidup ramah lingkungan. Drainase air, lampu LED hemat energi, kolam renang yang bebas klorin, dan barang-barang daur ulang digunakan hotel ini sebagai fasilitas tamunya.

Selain dikenal sebagai hotel yang ramah lingkungan, One Aldwych Hotel juga identik dengan aneka barang-barang keseniannya. Hampir seluruh ruangan di hotel ini dipenuhi dengan barang-barang bernilai seni tinggi. Uniknya, barang-barang tersebut semuanya dibuat hasil dari daur ulang barang bekas.

Letaknya di tengah Kota London dan merupakan hotel berbintang 5, membuat One Aldwych Hotel punya sewa kamar yang cukup mahal. Per malamnya, kamar di One Aldwych Hotel dihargai paling murah 342 Poundsterling (Rp 5,2 juta) dan paling mahal 1.290 Poundsterling (Rp 19,6 juta).


(ptr/fay)
Orchard Garden Hotel, San Francisco, AS (tourism-review.com)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com