detiktravel

Lembata, 'Sang Perawan' dari Nusa Tenggara

Sri Anindiati Nursastri - detikTravel - Rabu, 23/01/2013 07:45 WIB
Lembata - Nama Lembata mungkin tak sefamiliar Flores, atau Pulau Komodo yang sama-sama terletak di Nusa Tenggara Timur. Padahal, Kabupaten Pulau Lembata punya sejuta destinasi wisata yang lebih dari sekadar 'perawan'.

Kabupaten Pulau Lembata terletak di gugusan Kepulauan Solor, ujung timur Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Bisa dibilang, Lembata adalah pulau yang hampir tak terjamah. Selama 5 hari detikTravel berkunjung ke pulau ini, yaitu mulai 18-22 Januari 2013, hanya segelintir turis yang terlihat. Atau mungkin belum 'musimnya', mengingat beberapa destinasi di Pulau Lembata punya ritual adat di waktu-waktu tertentu.

Warga setempat tampak asyik dengan aktivitas rutin mereka: berkebun, melaut, atau bekerja di instansi pemerintahan. Mereka terdiri dari 2 etnis besar: Lamaholot dan Kedang. Masing-masing etnis punya adat dan tradisi berbeda, termasuk soal bahasa.

Tapi ada satu kesamaan dari mereka: ramah tamah. Jarang-jarang saya mendapat sambutan hangat warga lokal dengan senyum sumringah seperti ini. Setiap kali mobil rombongan kami lewat, warga melambaikan tangan dan mengucapkan, "Selamat!" artinya selamat jalan.

Jangan harap Anda akan melewati jalanan mulus beraspal. Karena dari 1,2 juta km2 luas pulau ini, hanya segelintir saja jalanan yang tergolong rapi. Namun, jalanan baik yang aspal maupun yang tanah sudah menghubungkan tiap desa di Pulau Lembata. Dari ibukotanya yakni Lewoleba, wisatawan bisa mengakses seluruh destinasi di berbagai penjuru mata angin.

Di pesisir selatan ada Desa Pasir Putih dan Desa Lamalera. Sesuai namanya, desa yang pertama itu punya bentangan pantai berpasir putih sepanjang 11 km. Pantai yang paling cantik, menurut detikTravel, adalah Pantai Mingar.

Selanjutnya ada Lamalera, desa yang tersohor karena tradisi berburu pausnya. Ritual berburu paus merupakan atraksi budaya rutin tiap 2 Mei-31 Agustus. Namun di waktu-waktu lainnya, wisatawan bisa menyelami kehidupan lokal dengan belajar menenun dan melihat-lihat peninggalan sejarah yang disimpan baik-baik di rumah warga.Next

Promo tiket ke East Midlands mulai dari Rp. 15.325.163

Mingar, salah satu pantai cantik dan 'perawan' di Lembata (Sastri/ detikTravel)
Halaman 123

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Kuala Lumpur Rp. 371.401 PILIH
Jakarta Frankfurt Rp. 5.750.556 PILIH

Powered by
Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com