detiktravel

Gelombang Bono di Riau akan Masuk Guinness World Records

Afif Farhan - detikTravel - Rabu, 23/01/2013 13:47 WIB
Riau - Gelombang Bono adalah fenomena alam di Sungai Kampar, Riau. Sungai Kampar memiliki gelombang besar seperti di lautan dan menjadi tempat surfing wisatawan. Gelombang Bono akan masuk dalam Guinness World Records. Keren!

Gelombang Bono akan menjadi bagian dari pemecahan rekor berselancar terlama dan terpanjang oleh Steve King, peselancar dunia asal Inggris. Hal ini seperti yang diterima dari rilis Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), Rabu (23/1/2013).

Steve King akan menjajal dahsyatnya Gelombang Bono pada tanggal 9-14 Februari 2013 mendatang. Dia akan ditemani oleh dua orang temannya yang juga berasal dari Inggris, yaitu Steve Holmes dan Nathan Maurice, dan dua orang surfer Perancis yaitu, Fabrice Colas dan Dominique
Avrilleau. Mereka akan datang ke lokasi lebih awal untuk mempersiapkan segalanya.

Gelombang Bono dapat traveler lihat di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Riau. Ketinggian Gelombang Bono dapat mencapai 6 meter dan durasi gelombang ini menempuh hampir 30–40 Km dengan waktu tempuh berkisar antara 1,5 jam sampai 2 jam. Beberapa peselancar dunia dari Perancis, Brazil, Inggris, Jerman, AS, Australia, dan masih banyak lagi, sudah datang ke Sungai Kampar untuk mencoba menaklukan gelombang ini.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pelalawan, Zulkifli, mengatakan pemerintah daerah Pelalawan menyambut baik dan sangat bergembira dengan pemecahan rekor ini. Gelombang Bono yang ada di Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan akan lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dan juga internasional.

"Dan jika ada fasilitas pendukung yang dibutuhkan untuk pemecahan rekor tersebut yang sesuai dengan kemampuan kita dan tidak menyalahi aturan, tentunya Pemerintah Kabupaten Pelalawan akan siap untuk membantu," kata Zulkifli.

Sebelumnya, pada 2006 yang lalu, Steve King juga telah berhasil memecahkan rekor untuk berselancar di gelombang sungai di Severn Bore River, Inggris. Dia pun mencatatkan namanya di Guiness World Records dengan jarak tempuh 12,23 Km + 2,66 Km dan waktu tempuh 1 jam 6 menit.

Kita nantikan saja aksi Steven King untuk memecahkan rekor dunia di Gelombang Bono! Promo tiket ke Denpasar (Bali) mulai dari Rp. 585.884

Dari Tujuan Mulai dari  
Jakarta Amsterdam Rp. 6.549.794 PILIH
Jakarta Solo Rp. 352.301 PILIH

Powered by
Mau jalan-jalan ke Jepang gratis? Ayo ikutan program Dream Destination Japan. 3 Petualang yang beruntung akan berangkat ke Jepang dan memperebutkan Grand Prize Rp 10 juta. Ayo daftar di sini.
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com