detiktravel

Sungai Lulut, Venesia dari Kalimantan Selatan

Putri Rizqi Hernasari - detikTravel - Rabu, 06/02/2013 10:39 WIB
Saat membuka pintu, sebuah pemandangan tak biasa tersaji di hadapan. Ada banyak klotok atau perahu kayu kecil wara-wiri di sungai.

Mereka bukan penduduk sekitar yang iseng mendayung perahu sekadar untuk bermain, tapi mereka adalah pedagang. Ya, ternyata setiap pagi aliran Sungai Lulut dilalui banyak pedagang yang menjajakan sarapan.

"Enak kan di sini? Kalau di Jakarta biasanya tukang sarapan datang pakai gerobak di depan rumah, kalau di sini semuanya pakai perahu," kata Nana, salah satu anak pemilik rumah yang saya inapi.

Benar, suasana yang disuguhkan Sungai Lulut memang berbeda sekali dengan yang ada di Jakarta. Sesaat saya pun berpikir, mungkin Sungai Lulut bagaikan Venesia Kecil di Indonesia. Ada banyak klotok yang wara-wiri di atas sungai sebagai sarana transportasi. Penduduk yang akan berangkat ke pasar atau tempat kerja pun banyak yang menggunakan klotok. Ramai!

Tapi tak hanya klotok yang menarik perhatian, masih ada berbagai aktivitas warga lain juga memukau. Pagi itu saya juga dihadapkan dengan tawa riang anak kecil yang asyik berenang di sungai yang bersih. Bersama teman-teman, mereka lompat dari teras rumah yang langsung menghadap sungai, layaknya melompat ke kolam renang.

Tak mau membuang begitu saja pengalaman ini, saya langsung duduk di teras rumah, sambil mencelupkan kaki ke sungai. Dingin! Tak mengapa, saya pun lanjut menikmati pemandangan langka yang tersaji di depan, dan menikmati udara sejuk yang tersaji di Sungai Lulut.


Salah satu ibu yang sudah sibuk beraktivitas di pagi hari (Putri/detikTravel)
Halaman 12
Punya cerita dan foto pengalaman traveling yang menarik? Share disini yuk!
10 artikel paling menarik setiap bulan, akan mendapatkan hadiah uang tunai dan merchandise keren dari detikTravel!


Foto Terkait
 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
Most
Popular
 
Must Read close

Follow us on @detiktravel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com